BOGOR-KAWASAN-BERSOSIAL DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ASING DI KOMUNITAS INI-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Bersosial dengan Kemampuan Bahasa Asing di Komunitas ini

Bahasa merupakan jembatan komunikasi ke dunia yang lebih luas. Di masa kini, menguasai bahasa selain Bahasa Indonesia sangat penting. Menyadari pentingnya bahasa, banyak orang yang menyediakan jasa pembelajaran belajar bahasa asing. Namun, bagi orang yang tak mampu, mengambil kelas bahasa asing rasanya tak mungkin. Melihat hal ini, Erlangga Greschinov pada tahun 2013 membentuk Komunitas Faktabahasa, yang menjadi wadah pembelajaran bahasa serta budaya. Komunitas ini merupakan komunitas nasional yang tersebar di beberapa daerah, salah satunya di Bogor, Jawa Barat.

Di komunitas ini Anda bisa mengikuti kegiatan belajar bahasa asing yang terdiri dari Bahasa Inggris, Prancis, Jepang, Korea, Jerman, dan lain sebagainya. Dikutip dari laman resminya, faktabahasa.org (9/11/2018), dalam kegiatan yang dilaksanakan nanti siapapun dapat mengekspresikan kemampuannya berbahasa dan berbudaya, mencari pergaulan baru, dan melatih kemampuan berorganisasi. Untuk mengikuti kegiatan ini, terdapat pemungutan biaya anggota, berkisar dari Rp20.000-Rp40.000 per 3-4 bulan atau Rp2.000-Rp5.000 per pertemuan. Biaya tersebut bisa berbeda tergantung regional.

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Komunitas Faktabahasa

Kegiatan di Bogor

Faktabahasa Bogor sendiri berdiri sejak Juli 2013. Kelas pertama yang dibuka Faktabahasa Bogor adalah klub Inggris, Prancis, Spanyol dan Jerman. Kegiatan Faktabahasa Bogor sebenarnya berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Awalnya, kegiatan dilakukan di daerah Cibinong, kegiatan juga pernah dilakukan di Kafe Houpers. Namun Faktabahasa, kini lebih sering mengadakan kegiatan di Taman Koleksi IPB Pascasarjana Baranangsiang dan juga Gazibu IPB Pascasarjana Baranangsiang. Kegiatan Faktabahasa Bogor kini fokus melaksanakan kegiatan di IPB Pascasarjana Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat.

Di kampus tersebut, Faktabahasa Bogor juga memiliki program, seperti BATAGOR (Bagi Takjil Faktabahasa Bogor), Mengajar Sosial, Open Class, dan juga Internalisasi. BATAGOR merupakan acara rutin komunitas yang diselenggarakan setiap bulan Ramadhan, untuk membagikan makanan ringan untuk berbuka puasa di sekitar kawasan Tugu Kujang.

Sementara itu, program Mengajar Sosial merupakan kegiatan yang tujuannya membantu pendidikan di sekolah dasar yang lokasinya jauh dari pusat kota. Bukan hanya mengajarkan bahasa, para anggota juga turut mengajarkan mata pelajaran lain seperti IPA, IPS, dan juga musik. Pada program ini Faktabahasa Bogor bekerja sama dengan komunitas lain, yaitu Pesan_ID dan Komunitas Terminal Hujan.

Untuk program Open Class beda lagi. Ini merupakan kelas uji coba di Faktabahasa untuk umum tanpa perlu menjadi anggota. Satu lagi, Progam Internalisasi merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan semua regional Faktabahasa. Semua kota melakukan program ini.

[Baca Juga: Pilihan Eduwisata di 4 Museum Sekitar Bogor Botanical Garden]

Komunitas ini sangat terbuka untuk Anda yang ingin mengajar atau belajar bahasa asing bersama. Bila Anda tertarik bergabung, untuk regional Bogor, Jawa Barat bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu di media sosial Faktabahasa Bogor. Dengan mengasah kemampuan berbahasa asing, Anda pun akan lebih siap menjadi warga negara dunia atau citizen of the world.

Read More

Artikel Lainnya

3 Masterpiece Sutradara Mouly Surya Bisa Ditonton di Netflix

Hobi dan Hiburan

3 Masterpiece Sutradara Mouly Surya Bisa Ditonton di Netflix

01 December 2020, 18:49

Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, fiksi., Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta, ketiganya bisa Anda tonton mulai Desember 2020 ini di Netflix.

Aplikasi Si Poltak Permudah Warga Medan yang Alami Kecelakaan

Berita Kawasan

Aplikasi Si Poltak Permudah Warga Medan yang Alami Kecelakaan

01 December 2020, 17:28

Angka kecelakaan di Kota Medan cukup tinggi sehingga perlunya penanganan yang cepat bagi korban kecelakaan agar korban dapat segera ditangani dan diselamatkan.

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19.jpg

Kesehatan

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19

01 December 2020, 16:42

Wali Kota Risma khawatir dengan masyarakat Kota Surabaya yang semakin menurun tingkat kesadaran protokol kesehatannya padahal terdapat potensi gelombang kedua COVID-19.

Bandara Abdulrachman Saleh Tidak Terpengaruh Aktivitas Gunung Semeru

Berita Kawasan

Bandara Abdulrachman Saleh Tidak Terpengaruh Aktivitas Gunung Semeru

01 December 2020, 15:57

Aktivitas di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, masih berlangsung normal dan belum terpengaruh oleh aktivitas vulkanik Semeru.


Comments


Please Login to leave a comment.