PURI_KULINER_BERSOSIALISASI LEWAT KOPI DI SAY SOMETHING COFFEE_OCI-01.jpg

Kuliner

Bersosialisasi Lewat Kopi di Say Something Coffee

Nama warung kopi ini terinspirasi dari judul lagu milik duo asal New York, A Great Big World. Judul lagu tersebut diambil menjadi nama coffee shop di kawasan Meruya yang mengusung filosofi community, communication dan connection. Say Something Coffee mengadopsi nilai interkoneksi dari sebuah perbincangan, ketika pengunjung berbincang, kalimat “say something about the coffee” bisa menjadi pembuka perbincangan.

Say Something Coffee berdiri sejak 21 November 2016, inspirasinya muncul saat Co-Founder Say Something Coffee, Matthew Aldo Susabda mengambil gelar master di London pada tahun 2013. Pada saat itu industri kopi di London sedang berkembang dengan sangat pesat, sedangkan di Jakarta baru mulai berkembang.

Matthew Aldo Susabda yang sudah menjadi penikmat kopi, langsung jatuh cinta dengan salah satu specialty coffee shop di London bernama Tap Coffee 193. “Saya memang peminum kopi dari jaman kuliah di Jakarta, tapi kopi yang diminum masih kopi sachet. Ketika di London mencoba filter coffee khususnya V60 dan langsung suka,” kata Matthew Aldo Susabda seperti dikutip dari ubrukopi.com.

[Baca Juga : Kafe Cantik dengan Kopi Ciamik dekat Universitas Tarumanagara]

Kecintaan Matthew Aldo Susabda akan specialty coffee membawanya pada harapan membuka coffee shop sendiri saat pulang ke Indonesia. “Ketika pulang ke Indonesia akhir 2014, sudah bercita-cita ingin buka coffee shop sendiri. Lalu ikut kelas ABCD Coffee di Pasar Santa, nah di sana baru ketemu Izman. Kita ngobrol-ngobrol, berteman dan ternyata visinya sama, lalu kita rencanakan dan dirikan Say Something di akhir 2016,” kenang Matthew Aldo Susabda.

Dekorasi interior dan eksterior Say Something, banyak terinspirasi dari beberapa kedai kopi di Inggris. Konsepnya memadukan dari banyak negara-negara di dunia seperti Scandinaviam, Jepang, atau Inggris. Namun yang pasti kedai kopi ini memegang konsep natural dan menerapkan inspirasi di beberapa spotnya dari pengalaman ngopi sang pemiliknya di Inggris.

Kopi Khas Say Something Coffee

Ciri khas kopi di Say Something Coffee ada di tiap menu kopinya. Semua menu kopi dipilih dan dihidangkan secara khusus agar berbeda dari warung kopi lain. Sedangkan untuk makanan, Say Something yang juga mempunyai cabang di Kemang ini memiliki menu tersendiri.

Say Something yang beralamat di Ruko Grand Aries Niaga Blok G1 No. 2-O Meruya, Kembangan, RT.12/RW.3, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat 11620 ini menyuguhkan makanan ringan seperti croissant dan pastries. Sedangkan di kawasan Kemang, Say Something menyediakan beragam makanan utama yang merupakan kombinasi antara menu Indonesia dengan Western Breakfast and Brunch.

Kembali ke suguhan kopinya, biji kopi di Say Something diperoleh dari berbagai sumber seperti dari petani langsung atau dari distributor. Namun mereka mengutamakan membeli dari petani, karena langsung ke sumbernya dan dengan harapan bisa ikut memajukan petani Indonesia juga.

[Baca Juga : Nongkrong Sambil Menikmati Aneka Menu Bakmi]

Dalam proses roasting, coffee shop ini memiliki mesin roaster sendiri yang dikelola oleh pakar kopi Izman sebagai Coffee Director sekaligus Head Roaster. Biasanya dia membuat kopi dengan light to medium roasting profile yang identik dengan Scandinavian Coffee Profile.

Kedai kopi yang beroperasi pada Senin hingga Sabtu pada 08.00-20.00 WIB dan Minggu pada 10.00-20.00 WIB ini cukup luas dengan detail jendela yang begitu besar di kedua lantainya membuat coffee shop ini nyaman untuk meeting dengan klien atau menyendiri saat mengerjakan tugas.

Lokasinya agak tersembunyi dari keramaian jalan. Namun, anggaplah ini sebagai keuntungan bukan kekurangan, karena dengan demikian Say Something Coffee memiliki suasana yang santai dan menenangkan.

Read More

Artikel Lainnya

Menakar Urgensi Omnibus Law Bagi Sektor Bisnis dan Investasi

Bisnis

Menakar Urgensi Omnibus Law Bagi Sektor Bisnis dan Investasi

21 February 2020, 21:00

Nilai investasi terus menerus turun dan dirasa kurang "nendang", Omnibus Law diyakini mampu mengundang banyak investor dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

21 February 2020, 20:00

Untuk memberikan taraf hidup yang nyaman dan sejahtera, Pemkab Bekasi entaskan warga di kawasan kumuh dengan BERSEKA.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Betawi Melalui Museum di Setu Babakan

21 February 2020, 19:00

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika menyambangi PBB Setu Babakan adalah Museum Betawi. Apa saja yang ada di dalamnya?

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

Pendidikan

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

21 February 2020, 17:00

Anda warga Bekasi yang berniat mendorong anak untuk melek teknologi? Belajar robotik bisa jadi alternatif solusi.


Comments


Please Login to leave a comment.