SmgZooOK3.jpg

Hobi dan Hiburan

Bertahan di Masa Pandemi, Semarang Zoo Tawarkan Wisata Off Road

Pandemi memang membawa dampak yang cukup besar di semua lini kehidupan. Tak terkecuali di dunia pariwisata dan hiburan. Kebijakan pemerintah untuk mengurangi interaksi dan aktivitas di tempat umum, membuat sektor ini terpuruk. Salah satu contohnya adalah Kebun Binatang Semarang atau lebih dikenal dengan nama Semarang Zoo.

Semarang Zoo terletak di Jalan Raya Semarang - Kendal Km 17 Semarang. Tempat wisata ini adalah salah satu produk BUMD yang bergantung pada penjualan tiket. Choirul Awaludin selaku Direktur Semarang Zoo mengakui bahwa selama pandemi, kebutuhan pakan hewan dan kebutuhan karyawan sangat tinggi. Namun pihaknya tak berkeinginan menutup Semarang Zoo dan memilih mempertahankan karyawannya dengan gaji yang layak namun dilakukan pengurangan dana di beberapa pos.

SmgZooOK4.jpg

Pedagang di sekitar Semarang Zoo juga mengungkapkan kesulitannya ketika tempat ini tutup di tahun lalu. Merekapun bersyukur saat lebaran tahun ini, tempat ini masih tetap buka sehingga mereka bisa mengais rejeki di tempat ini. ”Karena memang pedagang sini yang ditunggu ya momennya seperti ini , kita memang cari uangnya ketika tahun baru, lebaran , ini juga alhamdulilah tidak tutup, seperti tahun kemarin kita juga tidak bisa apa-apa lagi”, ujar salah satu pedagang di Semarang Zoo.

[Baca Juga: Bertahan Kala Pandemi, Semarang Zoo Terpaksa Merumahkan Karyawan]

Choirul mengaku harus memutar otak untuk membuat Semarang Zoo bertahan dalam situasi saat ini. Karena banyak individu yang menggantungkan hidupnya di Semarang Zoo. Niko yang berprofesi sebagai Dokter Hewan di Semarang Zoo menceritakan dirinya harus bertahan untuk merawat hewan-hewan demi kepuasan pengunjung. “Jadi mau tidak mau kita harus stand by menyiapkan satwa, biar lebih fit ketika pengunjung datang ke Semarang Zoo,” ujarnya.

Agar bisa bertahan dalam kondisi pandemi ini, Choirul mempromosikan beberapa wahana baru yang bisa menarik masyarakat untuk berkunjung ke Semarang Zoo. Salah satunya adalah wahana playplay. Pengunjung yang datang ke Semarang Zoo bisa membeli satu tiket masuk sekaligus dapat menikmati satu permainan di Playplay. Untuk mengatasi terjadinya penumpukan di satu titik, pihaknya juga telah membuka beberapa wahana baru lainnya.

SmgZooOK2.jpg

Terkini, Semarang Zoo memiliki Zoo adventure yaitu wahana off road jeep mengelilingi hutan Palir yang tiketnya dapat dibeli di Semarang Zoo. Wahana ini menjadi salah satu cara untuk memecah kerumunan yang ada di dalam. Zoo adventure dibuka setiap akhir pekan dan disarankan melakukan reservasi terlebih dahulu karena kondisi pariwisata yang masih sepi.

[Baca Juga: Anak Harimau Baru Covi dan Vivid Sambut Pengunjung di Pembukaan Kembali Semarang Zoo]

“Tentunya bisa reservasi setiap saat , tetapi setiap hari minggu kita selalu standby untuk wahana off roadnya. Jadi kalau masyarakat ingin menikmati Zoo adventure bisa datang ke Semarang Zoo setiap hari Minggu. Kalau mau hari-hari biasa silahkan untuk reservasi ke official kami di IG @semarangzoo.official,” ujar Choirul.

Selain wahana baru tersebut, anda juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan dengan cara memberi makan hewan gajah, buaya, rusa, unta dan lainnya. Wahana baru lainnya adalah wahana air atau waterboom dan juga kereta yang akan mengantarkan wisatawan menikmati semua wahana yang ada di Semarang Zoo.

SmgZooOK5.png

Siti yang bekerja di divisi Keuangan Semarang Zoo merasa senang masih bisa melayani pengunjung dimasa pandemi. ”Ya sudah tanggung jawab kita untuk melayani pengunjung , ya mereka senang kita juga senang . Dari rumah sedih, sampai ke kantor itu bahagia, asik karena ketemu teman-teman yang asik dan baik”, ujar perempuan yang berasal dari Sumatera Utara ini.

Dengan fasilitas yang mendukung protokol kesehatan , Choirul berharap masyarakat tidak takut lagi berkunjung ke Semarang Zoo. Ia dan rekannya berkomitmen untuk melayani dan memberikan yang terbaik bagi warga kota Semarang. Jika berminat mengunjungi tempat ini, Semarang Zoo berlokasi di Jl. Raya Semarang –Kendal Km 17 Semarang atau hubungi nomor 081225566303 untuk reservasi. Info lebih detail cek IG @semarangzoo.official.


Read More

Semarang Zoo

Kebun Binatang

+62243584081
None

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.