Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Seperti yang diwartakan sebelumnya, saat ini East Ventures melalui inisiatifnya untuk membantu mereka yang terkena dampak PHK berbagai perusahaan digital tengah menggelar Indonesia Pasti Bisa Maju Terus Pantang Mundur atau IDPB MTPM. Di mana dalam inisiatif ini dibagi menjadi dua aspek, pertama adalah membantu mereka yang terdampak PHK mendapatkan lowongan pekerjaan baru dan kedua merealisasikan ideation Anda bersama tim dalam membentuk startup yang nantinya akan berkesempatan memperoleh pendanaan sekaligus bertemu dengan calon investor. Saat ini khusus untuk yang pembentukan startup disebut telah memasuki tahap hackaton dengan 120 tim yang jadi pesertanya.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Berdasarkan penjelasan pihak East Ventures, hingga pendaftaran ditutup, ada 270 tim dengan 551 talenta yang ikut dalam proses IDPB MTPM di bagian pembentukan startup. Setelah proses kurasi panjang, termasuk menurut Partner East Ventures Avina Sugiarto, guna memastikan bahwa tim yang terpilih memang terdampak PHK industri digital atau startup yang masih dalam bentuk ideation (bukan startup yang sudah terbangun), akhirnya total ada 120 tim yang berhak melaju ke tahapan selanjutnya. Di mana ratusan tim yang terpilih itu memiliki berbagai ide bisnis yang beragam tapi tak bisa dipungkiri ada beberapa sektor yang terbilang memiliki tema serupa.

“Ada beberapa tim yang memiliki kesamaan, seperti dari sisi sustainability ada beberapa tim yang melihat dari sisi waste management dan satu lagi dari sisi fintech. (Untuk fintech) jadi banyak yang dari sisi memberikan pinjaman atau lending tapi untuk yang berbeda-beda sektornya. Satu lagi yaitu travel, jadi ada beberapa tim, karena masa pandemi kemarin travelling terhambat tapi sekarang sudah banyak opening. Saya lihat ada beberapa tim yang memiliki ide-ide travel, khususnya untuk pasar domestik,” tutur Avina dalam sesi tanya jawab East Ventures Open Book 2022 di restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat (5/12/2022).

[Baca Juga: East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTip]

Dari mulai tim Agrikan Indonesia, Hapusbuku, Rainflow, Rooma, SABISA, THANK GOD I FARM, dan ratusan tim lainnya, saat ini mereka tengah mengikuti proses coaching serta hackaton dengan tim dari East Ventures, para ahli di dunia bisnis digital, serta para founder dari berbagai perusahaan startup yang berada di dalam portofolio East Ventyres seperti CEO Aruna Farid Naufal Aslam, Co-Founder Cosmart Alvin Kumarga, sampai Founder TipTip Albert Lucius. Proses ini akan berjalan hingga 12 Desember 2022 dan pada 13-14 Desember 2022, ratusan tim itu akan melakukan Demo Day untuk mempresentasikan Minimum Viable Product atau MVP-nya di depan para juri.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Kemudian pada tanggal 14 Desember 2022 akan diumumkan siapa yang terpilih menjadi 30 tim pemenang dan berhak meraih kira-kira Rp250 juta per tim untuk jadi batu loncatan memulai startup-nya. Selain itu ada juga benefit bagi tim yang terpilih itu seperti gratis sesi konsultasi kesehatan mental di Aman hingga mengakses MoEngage Starter Plan secara gratis.

Sedangkan untuk membantu mencari lowongan, IDPB MTPM disebut akan terus terbuka untuk membantu mereka yang terdampak PHK. Avina menambahkan, saat ini sudah ada lebih dari 600 posisi pekerjaan yang dibuka dan ingin akan dapat terus berkembang lagi angkanya dengan semakin banyak portofolio East Ventures yang membuka lowongan untuk turut berpartisipasi dalam inisiatif ini.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.