ANCOL_KAWASAN_BERWISATA DI PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Berita Kawasan

Berwisata di Pulau Seribu

Warga DKI Jakarta memiliki sejumlah wisata yang kerap dipilih untuk melepas lelah dari suasana perkotaan. Salah satu yang paling populer adalah Pulau Seribu. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata laut ini memiliki sejumlah pulau yang dapat Anda kunjungi untuk berlibur. Namun karena saking banyak jumlah pulaunya mungkin, Anda bisa bingung memilihnya. Artikel ini akan memberikan rekomendasi wisata di Pulau Seribu.

Sekadar informasi, Pulau Seribu atau resminya bernama Kepulauan Seribu merupakan bagian dari Kota Administrasi Jakarta Utara. Pulau ini terdiri dari gugusan 105 pulau-pulau karang dengan 11 pulau di antaranya dihuni oleh warga yang berjumlah puluhan ribu jiwa. Nah di antara, ratusan pulau ini ada destinasi favorit para pelancong baik yang berasal dari luar dan dalam negeri. Berikut ini beberapa pulau tersebut yang jadi rekomendasi jika Anda ingin berwisata ke Pulau Seribu:

Pulau Tidung

ANCOL_KAWASAN_BERWISATA DI PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-02.jpg

Pulau yang satu ini merupakan salah satu lokasi yang digadang-gadang wajib dikunjungi saat Anda ke Pulau Seribu. Pulau ini terbagi menjadi dua yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini terhubung oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta. Berbicara mengenai Jembatan Cinta, jembatan yang memiliki panjang 800 meter ini sering menjadi tempat favorit orang-orang untuk mengambil selfie. Selain karena memiliki cat warna-warni yang khas, Jembatan Cinta juga menjadi tempat yang cocok untuk melihat momen matahari terbit dan terbenam.

Karena menjadi lokasi yang kerap dikunjungi, Pulau Tidung memiliki banyak penginapan serta warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Pulau ini juga memiliki tempat penyewaan banana boat, snorkling hingga menyelam agar Anda bisa menikmati keindahan bawah laut di Pulau Tidung. Akses ke salah satu pulau di Pulau Seribu ini pun terbilang mudah. Anda bisa naik kapal dari Muara Angke yang berangkat pada pukul 07.00 pagi atau naik speed boat dari Marina Ancol.

Pulau Perak

ANCOL_KAWASAN_BERWISATA DI PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-03.jpg

Pulau yang satu ini sangat cocok untuk Anda para pecinta backpacker dan ingin menyatu dengan alam. Pasalnya, Pulau Perak merupakan pilihan utama orang-orang yang ingin kamping karena ini salah satu pulau tak berpenghuni di Pulau Seribu. Suasana kamping Anda akan semakin menyenangkan dengan pantai di Pulau Perak yang berwarna putih dan air laut yang bersih dengan warna kebiruan. Sangat disarankan Anda membawa kayu bakar dan jagung. Karena suasana malam indah di Pulau Perak sangat cocok untuk menikmati jagung yang Anda bakar sendiri sambil memandangi bintang-bintang. Jika ingin mencapai lokasi ini, Anda bisa naik kapal dari Muara Angke menuju Pulau Harapan yang berangkat pada pukul 08.00 pagi. Kemudian dari Pulau Harapan, Anda bisa menyewa perahu atau kapal yang berada di dermaganya untuk diantar menuju Pulau Perak.

Pulau Pari

ANCOL_KAWASAN_BERWISATA DI PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-04.jpg

Pulau ini juga salah satu destinasi favorit pelancong yang datang ke Pulau Seribu. Pulau ini terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya dan air yang jernih. Pulau ini berada di gugusan beberapa pulau. Sehingga orang yang mengunjungi Pulau Pari juga suka menyempatkan diri untuk bermain ke pulau-pulau kecil di dekatnya yang tak kalah indahnya. Objek wisata favorit di pulau ini adalah Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari dan Pantai Pasir Kresek. Wisata di sini dikelola oleh masyarakan setempat secara swadaya dan mereka menyediakan penyewaan sepeda serta alat snorkeling agar Anda bisa menikmati indahnya alam di Pulau Pari. Jika ingin datang ke lokasi di Pulau Seribu ini, Anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke. Selain itu, Pulau Pari juga bisa didatangi dengan menggunakan speed boat yang berangkat dari Dermaga Marina Ancol.

Pulau Onrust

ANCOL_KAWASAN_BERWISATA DI PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-05.jpg

Walau tidak seperti destinasi wisata lainnya di Pulau Seribu, Pulau Onrust memiliki keunikannya sendiri. Pasalnya, ini merupakan pulau yang menjadi saksi sejarah perkembangan Jakarta sehingga cocok bagi Anda yang ingin melakukan wisata edukatif. Pulau ini dipenuhi oleh situs-situs peninggalan Belanda mengingat pada era Kolonialisasi Belanda, banyak kapal-kapal asing yang berlabuh di sini. Pulau ini juga memiliki museum yang menceritakan bagaimana perkembangan pulau ini dari era VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie atau Kongsi Dagang Hindia Timur Belanda) hingga pasca-kemerdekaan Indonesia.

Untuk mencapai wisata edukatif di Pulau Seribu ini, Anda bisa naik kapal nelayan dari Pelabuhan Muara Kamal menuju Pulau Bidadari. Selain itu, Anda juga bisa naik speed boat dari Marina Ancol.

Read More

Artikel Lainnya

Menakar Urgensi Omnibus Law Bagi Sektor Bisnis dan Investasi

Bisnis

Menakar Urgensi Omnibus Law Bagi Sektor Bisnis dan Investasi

21 February 2020, 21:00

Nilai investasi terus menerus turun dan dirasa kurang "nendang", Omnibus Law diyakini mampu mengundang banyak investor dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

21 February 2020, 20:00

Untuk memberikan taraf hidup yang nyaman dan sejahtera, Pemkab Bekasi entaskan warga di kawasan kumuh dengan BERSEKA.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Betawi Melalui Museum di Setu Babakan

21 February 2020, 19:00

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika menyambangi PBB Setu Babakan adalah Museum Betawi. Apa saja yang ada di dalamnya?

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

Pendidikan

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

21 February 2020, 17:00

Anda warga Bekasi yang berniat mendorong anak untuk melek teknologi? Belajar robotik bisa jadi alternatif solusi.


Comments


Please Login to leave a comment.