SERPONG-KESEHATAN-BETHASIDA HOSPITALS GELAR RUTIN DONOR DARAH-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Bethasida Hospitasl Gelar Rutin Donor Darah

Dalam rangka menyemarakan ulang tahun yang ke-6, Bethsaida Hospital bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan donor darah. Seperti dalam keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id (8/12/2018), kegiatan donor darah tersebut merupakan acara ke-20 dan akan dilakukan secara berkala selama tiga bulan sekali.

Dikatakan Public Relation Bethsaida Hospital Sasanti Wulandharie, mendonorkan darah secara teratur memiliki banyak manfaat seperti menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

[Baca Juga: Manfaat Donor Darah Rutin 2 Bulan Sekali di RS PMI Bogor]

Selain itu, bisa juga menurunkan resiko kanker, membuat lebih sehat secara psikologis, memperpanjang usia dan untuk produksi sel baru (regenerasi sel darah). Perlu diketahui pula, zat besi yang terlalu banyak pada tubuh akan memicu terjadi oksidasi kolesterol sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Manfaat Donor Darah

Untuk itu, dengan melakukan donor darah akan membuat zat besi tetap stabil. “Donor darah ridak hanya menyelamatkan hidup, namun juga membantu orang hidup lebih lama dan produktif,” katanya. Dalam kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum, staf rumah sakit, hingga anggota TNI.

Stok Darah Kabupaten Tangerang

Ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang mulai menyusut. Hingga berita ini diturunkan, stok tersisa sebanyak 153 kantong. Sementara kebutuhan darah rata-rata 75-100 kantong per hari.

Kepala Bidang Teknis Pelayanan PMI Kabupaten Tangerang Bambang Subardi menyebutkan, sebanyak 153 kantong darah yang tersedia itu terdiri dari empat golongan. Sedikitnya 71 kantong golongan darah A, 12 kantong golongan darah B, 47 kantong golongan darah O, dan 23 kantong golongan darah AB.

Anggota TNI ikut donor darah di Bethasida Hospital

“Golongan darah AB yang lebih sulit didapatkan, penggunanya juga sedikit. Dalam kondisi tertentu bisa saja yang membutuhkan golongan darah AB harus mencari keluar,” katanya engutip tangerangekspres.co.id, (22/5/2018).

Guna mengantisipasi kelangkaan darah, PMI Kabupaten Tangerang mensiasati kegiatan-kegiatan insidentil, dengan mendorong organisasi-organisasi masyarakat untuk berpartisipasi menggelar aksi donor. PMI juga tengah berupaya untuk mengadakan donor darah di beberapa pusat perbelanjaan dan komunitas toko modern.

[Baca Juga: Lebih Sehat dengan Makanan Bebas Gluten di BSD Serpong]

Bambang pun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam donor apheresis. PMI Kabupaten Tangerang telah memiliki sebanyak dua alat untuk donor dengan metode baru. Pelayanan donor apheresis tidak dapat secara mobile (keliling), hanya di Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Tangerang, Desa Kadujaya, Kecamatan Curug.


Read More

Artikel Lainnya

Bubur India

Kuliner

Bubur India, Menu Khas Ramadan Masjid Jami Pekojan Semarang

20 April 2021, 18:06

Tradisi menyuguhkan takjil Bubur India ini sudah ada lebih dari 100 tahun lalu. Saat itu pedagang dari Gujarat, India, dan Pakistan datang dan menetap di jalan Petolongan.

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan 5.jpg

Kuliner

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan

20 April 2021, 17:00

Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.


Comments


Please Login to leave a comment.