SERPONG-KESEHATAN-BETHASIDA HOSPITALS GELAR RUTIN DONOR DARAH-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Bethasida Hospitasl Gelar Rutin Donor Darah

Dalam rangka menyemarakan ulang tahun yang ke-6, Bethsaida Hospital bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan donor darah. Seperti dalam keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id (8/12/2018), kegiatan donor darah tersebut merupakan acara ke-20 dan akan dilakukan secara berkala selama tiga bulan sekali.

Dikatakan Public Relation Bethsaida Hospital Sasanti Wulandharie, mendonorkan darah secara teratur memiliki banyak manfaat seperti menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

[Baca Juga: Manfaat Donor Darah Rutin 2 Bulan Sekali di RS PMI Bogor]

Selain itu, bisa juga menurunkan resiko kanker, membuat lebih sehat secara psikologis, memperpanjang usia dan untuk produksi sel baru (regenerasi sel darah). Perlu diketahui pula, zat besi yang terlalu banyak pada tubuh akan memicu terjadi oksidasi kolesterol sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Manfaat Donor Darah

Untuk itu, dengan melakukan donor darah akan membuat zat besi tetap stabil. “Donor darah ridak hanya menyelamatkan hidup, namun juga membantu orang hidup lebih lama dan produktif,” katanya. Dalam kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum, staf rumah sakit, hingga anggota TNI.

Stok Darah Kabupaten Tangerang

Ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang mulai menyusut. Hingga berita ini diturunkan, stok tersisa sebanyak 153 kantong. Sementara kebutuhan darah rata-rata 75-100 kantong per hari.

Kepala Bidang Teknis Pelayanan PMI Kabupaten Tangerang Bambang Subardi menyebutkan, sebanyak 153 kantong darah yang tersedia itu terdiri dari empat golongan. Sedikitnya 71 kantong golongan darah A, 12 kantong golongan darah B, 47 kantong golongan darah O, dan 23 kantong golongan darah AB.

Anggota TNI ikut donor darah di Bethasida Hospital

“Golongan darah AB yang lebih sulit didapatkan, penggunanya juga sedikit. Dalam kondisi tertentu bisa saja yang membutuhkan golongan darah AB harus mencari keluar,” katanya engutip tangerangekspres.co.id, (22/5/2018).

Guna mengantisipasi kelangkaan darah, PMI Kabupaten Tangerang mensiasati kegiatan-kegiatan insidentil, dengan mendorong organisasi-organisasi masyarakat untuk berpartisipasi menggelar aksi donor. PMI juga tengah berupaya untuk mengadakan donor darah di beberapa pusat perbelanjaan dan komunitas toko modern.

[Baca Juga: Lebih Sehat dengan Makanan Bebas Gluten di BSD Serpong]

Bambang pun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam donor apheresis. PMI Kabupaten Tangerang telah memiliki sebanyak dua alat untuk donor dengan metode baru. Pelayanan donor apheresis tidak dapat secara mobile (keliling), hanya di Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Tangerang, Desa Kadujaya, Kecamatan Curug.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.