BI Surakarta Prediksi Terjadi Perlambatan Ekonomi di Soloraya

Bisnis

BI Surakarta Prediksi Terjadi Perlambatan Ekonomi di Soloraya

Imbas pandemi COVID-19 terhadap perekonomian masih terjadi. Bank Indonesia (BI) Surakarta memperkirakan terjadi perlambatan ekonomi di Soloraya. Prediksi tersebut terjadi seiring dengan hasil survei perusahaan yang menunjukkan masih terjadinya penurunan penjualan.

"Misalnya kalau pariwisata kita kan dilarang menyelenggarakan acara. Lokasi wisata ditutup, ini menyebabkan kinerja turun," kata Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Surakarta Bimala, dilansir dari antaranews.com (16/6/2020).

Dia mengatakan bahwa kondisi serupa turut terjadi di sektor perdagangan. Banyak penundaan pengiriman barang ke luar negeri.

Sementara itu, berdasarkan data BI sejumlah industri melakukan perubahan produksi. Seperti sektor tekstil dan produk tekstil yang saat ini lebih banyak memproduksi masker.

"Itu kan bukan 'core'-nya, jadi diperkirakan tidak akan meningkatkan omzet mereka. Suatu saat juga akan turun permintaannya," katanya.

Selain pada terjadi kemerosotan pada sektor perdagangan, penurunan juga terjadi pada sektor transportasi. BI juga mencatat terjadi penutupan rute penerbangan Solo-Kunming, kereta api jarak jauh, penurunan jumlah penumpang angkutan udara dan larangan perjalanan mudik lebaran.

Bahkan, Bimala juga mengatakan tingkat okupansi hotel hanya sekitar 5-10 persen pada April 2020. Akibatnya, lebih dari 18 hotel dan restoran di Solo tutup sementara.

Meski tidak menyampaikan prediksi pertumbuhan ekonomi Soloraya pada tahun ini, dia mengatakan pihaknya tetap berupaya untuk menjaga daya beli masyarakat. Termasuk dengan aktif melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait.

"Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) sudah ada kerja sama terkait pasar 'online'. Kami juga kerja sama dengan Grab, Gojek, dan Pono karena masyarakat juga ingin menurunkan keramaian di pasar," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.