Biasakan Anak-anak Berkunjung Ke Museum.jpg

Pendidikan

Biasakan Anak-anak Berkunjung Ke Museum

Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) menginginkan agar kunjungan ke museum dapat dibiasakan sejak usia dini atau anak-anak. Sehingga, mereka bisa mengetahui sejarah, tidak hanya kotanya tapi juga Indonesia.

Wakil Ketua Bidang Pelestarian dan Pengembangan LKB, Yahya Andi Saputra mengatakan, banyak hal-hal edukatif di museum dan bisa menjadi tempat transformasi pewarisan nilai-nilai perjuangan maupun karakter. "Orang tua dan pihak sekolah harus bisa mengambil peran untuk menjadi bagian pembiasaan kunjungan ke museum sejak usia dini," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (25/2/2019).

[Baca Juga: Melestarikan Peninggalan Sejarah Bersama Depok Heritage Community]

Yahya menjelaskan, salah satu cara untuk memotivasi anak-anak agar mau ke museum adalah dengan menghadirkan suasana gembira. "Kalau mereka sudah suka mengunjungi museum maka dengan sendirinya mereka akan antusias mengetahui banyak hal di museum," tandasnya.

Program Pemkot Jakbar

Dengan pemahaman yang sama, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jakarta Barat, pada tahun ini akan menggelar program wajib kunjungan museum bagi 500 siswa SMP. "Program wajib kunjungan museum tahun ini untuk siswa SMP dan tahun depan digilir SMA"

Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat, Ahmad Syaropi mengatakan, program ini merupakan kegiatan rutin yang diperuntukkan bagi siswa SMP dan SMA swasta maupun negeri untuk memperkenalkan wisata museum di kawasan Kota Tua. "Program wajib kunjungan museum tahun ini untuk siswa SMP dan tahun depan digilir SMA," ujar Ahmad Syaropi dalam kesempatan terpisah.

Menurut Syaropi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Sudin Pendidikan I dan II Jakarta Barat untuk memilih sekolah mana saja yang akan diikutsertakan dalam program wajib kunjungan museum yang berlangsung selama dua hari. "Jadi sambil berwisata mendapat ilmu pengetahuan," tandasnya.

[Baca Juga: Kelurahan Cikini Akan Gelar Kelas Batik di Museum Tekstil]

Read More

Artikel Lainnya

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

Hobi dan Hiburan

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

20 September 2020, 16:00

Ada aplikasi baru menghadirkan musisi dan band langsung ke rumah Anda. The Changcuters jadi salah satu pelopor yang menggunakannya.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Kuliner

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

20 September 2020, 10:00

Tumpeng menjadi hidangan wajib dalam berbagai perayaan. Mulai dari ulang tahun hingga syukuran menyajikan tumpeng. Tumpeng mini ini menjadi jawaban sajian di tengah pandemi.

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati .jpg

Bisnis

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati

19 September 2020, 17:15

Brand bumbu penyedap Masako baru-baru ini mengumumkan Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador mereka yang baru sejalan dengan target konsumen Masako saat ini.

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

19 September 2020, 16:00

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 10 ton beras diserahkan Ketua Yayasan Aman Gautama kepada Pemerintah Kota Semarang.


Comments


Please Login to leave a comment.