Demi Pelestarian Laut Jakarta Tersedia Bibit Karang dan Magrove Gratis

Berita Kawasan

Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) menyediakan bibit karang dan mangrove yang bisa diperoleh warga secara gratis.

Kepala Pusat Budidaya Konservasi Laut Dinas KPKP DKI Jakarta, Sartono mengatakan, cara mendapatkan bibit karang dan mangrove yakni dengan mengajukan permohonan melalui email pbkldki@gmail.com. Email yang dikirim tersebut perlu mencakup nama, alamat lengkap, jumlah bibit yang diinginkan dan penggunaannya.

[Baca Juga: Ekowisata Hutan Mangrove Bekasi]

"Pemohon akan dihubungi untuk pengambilan bibit, khusus untuk Pulau Tidung dan Pulau Payung bibit akan diantarkan," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (29/3/2019). Sartono menjelaskan, saat ini mangrove siap tanam yang tersedia sekitar 7.000 bibit. Sementara, untuk karang ada sekitar 500 bibit.

"Boleh siapa saja, terutama komunitas pecinta lingkungan. Untuk tahap ini kami menerima pengajuan permohonan bibit mangrove dan karang hingga akhir April 2019," terangnya.

[Baca Juga: Kepulauan Seribu Angkut Bebas dari 115,8 Meter Kubik Sampah]

Ia berharap, melalui banyaknya bibit karang dan mangrove yang ditanam akan bisa melestarikan lingkungan dan menjaga ekositem di pesisir pantai dan laut. "Kami ingin masyarakat ikut terlibat. Sebab, pelestarian lingkungan itu menjadi tanggung jawab dan butuh kepedulian kita bersama," tandasnya.

Demi Pelestarian Laut Jakarta Tersedia Bibit Karang dan Magrove Gratis

Tanam 14.000 Bibit Karang

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menanam 14.000 bibit karang di 3.500 substrat atau tempat tumbuhnya karang. Transplantasi karang tersebut akan dilakukan di sejumlah wilayah perairan di Kepulauan Seribu dengan luas mencapai 0,7 hektare.

Kepala Bidang Kelautan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Wahyuni dalam kesempatan berbeda menjelaskan, satu unit substrat akan ditanam empat bibit karang. Proses penanaman dilakukan di dasar laut perairan dangkal atau berkedalaman sekitar lima meter.

[Baca Juga: Dinas KPKP Akan Tanam 14.000 Bibit Karang]

"Karang yang kami tanam berjenis acropora yang tumbuhnya dua sampai tiga sentimeter dalam setahun," ujarnya masih dari sumber yang sama.

Transplantasi karang akan dilakukan di sekitar Pulau Gosong, Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Panggang, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Kelapa. Ia menambahkan, pelaksanaan transplantasi karang dilakukan dengan luasan bervariasi di setiap wilayah perairan kepulauan karena disesuaikan dengan kebutuhan dan alokasi anggaran.

Read More

Artikel Lainnya

UMAKU 3.jpg

Kuliner

Intip! Umaku Sushi Restoran Ala Kedai Veteran Jepang di Kota Wisata Cibubur

07 March 2021, 16:20

Umaku menyajikan beragam menu makanan Jepang, andalannya adalah sushi. Mengapa tidak, pemilik Umaku merupakan Itamae handal.

Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penunjang Faskes di Kota Bogor Memasuki Vaksinasi Tahap 3 Dosis ke 2.jpg

Kesehatan

Tenaga Kesehatan di Kota Bogor Vaksinasi Dosis ke 2

07 March 2021, 15:05

Pelaksanaan vaksinasi massal bagi tenaga kesehatan memasuki tahap pemberian dosis ke 2 ini dilaksanakan di halaman Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Italian Blue Garnet Ristorante, Kuliner Asli Italia di Solo

Kuliner

Italian Blue Garnet Ristorante, Kuliner Asli Italia di Solo

07 March 2021, 13:04

Pizza dan pasta, siapa tak kenal dengan makanan yang berasal dari negara Italia ini? Selain rasa yang khas, beragam topping yang pastinya sedap juga kerap ditambahkan.

hari-peduli-sampah-pemko-medan.jpg

Berita Kawasan

Hari Peduli Sampah, Wali Kota Medan Arungkan Cairan Eco Enzyme ke Sungai Deli

07 March 2021, 13:04

Cairan eco enzyme yang merupakan hasil fermentasi sampah organik ini berfungsi mengurai limbah yang berdampak buruk bagi kelestarian hidup di sungai.


Comments


Please Login to leave a comment.