Demi Pelestarian Laut Jakarta Tersedia Bibit Karang dan Magrove Gratis

Berita Kawasan

Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) menyediakan bibit karang dan mangrove yang bisa diperoleh warga secara gratis.

Kepala Pusat Budidaya Konservasi Laut Dinas KPKP DKI Jakarta, Sartono mengatakan, cara mendapatkan bibit karang dan mangrove yakni dengan mengajukan permohonan melalui email pbkldki@gmail.com. Email yang dikirim tersebut perlu mencakup nama, alamat lengkap, jumlah bibit yang diinginkan dan penggunaannya.

[Baca Juga: Ekowisata Hutan Mangrove Bekasi]

"Pemohon akan dihubungi untuk pengambilan bibit, khusus untuk Pulau Tidung dan Pulau Payung bibit akan diantarkan," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (29/3/2019). Sartono menjelaskan, saat ini mangrove siap tanam yang tersedia sekitar 7.000 bibit. Sementara, untuk karang ada sekitar 500 bibit.

"Boleh siapa saja, terutama komunitas pecinta lingkungan. Untuk tahap ini kami menerima pengajuan permohonan bibit mangrove dan karang hingga akhir April 2019," terangnya.

[Baca Juga: Kepulauan Seribu Angkut Bebas dari 115,8 Meter Kubik Sampah]

Ia berharap, melalui banyaknya bibit karang dan mangrove yang ditanam akan bisa melestarikan lingkungan dan menjaga ekositem di pesisir pantai dan laut. "Kami ingin masyarakat ikut terlibat. Sebab, pelestarian lingkungan itu menjadi tanggung jawab dan butuh kepedulian kita bersama," tandasnya.

Demi Pelestarian Laut Jakarta Tersedia Bibit Karang dan Magrove Gratis

Tanam 14.000 Bibit Karang

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menanam 14.000 bibit karang di 3.500 substrat atau tempat tumbuhnya karang. Transplantasi karang tersebut akan dilakukan di sejumlah wilayah perairan di Kepulauan Seribu dengan luas mencapai 0,7 hektare.

Kepala Bidang Kelautan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Wahyuni dalam kesempatan berbeda menjelaskan, satu unit substrat akan ditanam empat bibit karang. Proses penanaman dilakukan di dasar laut perairan dangkal atau berkedalaman sekitar lima meter.

[Baca Juga: Dinas KPKP Akan Tanam 14.000 Bibit Karang]

"Karang yang kami tanam berjenis acropora yang tumbuhnya dua sampai tiga sentimeter dalam setahun," ujarnya masih dari sumber yang sama.

Transplantasi karang akan dilakukan di sekitar Pulau Gosong, Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Panggang, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Kelapa. Ia menambahkan, pelaksanaan transplantasi karang dilakukan dengan luasan bervariasi di setiap wilayah perairan kepulauan karena disesuaikan dengan kebutuhan dan alokasi anggaran.

Read More

Artikel Lainnya

2 Sutradara Perempuan Indonesia Digandeng Netflix dalam Produksi 2 Film Original

Hobi dan Hiburan

2 Sutradara Perempuan Digandeng Netflix dalam Produksi 2 Film Original

13 August 2020, 18:00

Kerjasama Netflix dengan Starvision dan Kalyana Shira dengan menggandeng dua sutradara perempuan ini menandakan investasi jangka panjang Netflix terhadap perfilman Indonesia.

Lebih Dekat dengan Jutaan Penggemarnya, realme Fans Fest Tahun Kedua Digelar.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dekat dengan Jutaan Penggemarnya, realme Fans Fest Tahun Kedua Digelar

13 August 2020, 17:00

Dalam waktu dekat, realme akan menggelar acara realme Fan Fest untuk menunjukkan apresiasinya kepada jutaan penggemarnya sekaligus untuk meluncurkan ponsel terbarunya.

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Bisnis

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bantuan Modal, Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

13 August 2020, 16:00

Ini tak terlepas dari salah satu syarat yang mesti dipenuhi pelaku UMKM untuk bisa mengajukan bantuan, yakni memiliki rekening di bank BUMN.

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.


Comments


Please Login to leave a comment.