Demi Pelestarian Laut Jakarta Tersedia Bibit Karang dan Magrove Gratis

Berita Kawasan

Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) menyediakan bibit karang dan mangrove yang bisa diperoleh warga secara gratis.

Kepala Pusat Budidaya Konservasi Laut Dinas KPKP DKI Jakarta, Sartono mengatakan, cara mendapatkan bibit karang dan mangrove yakni dengan mengajukan permohonan melalui email pbkldki@gmail.com. Email yang dikirim tersebut perlu mencakup nama, alamat lengkap, jumlah bibit yang diinginkan dan penggunaannya.

[Baca Juga: Ekowisata Hutan Mangrove Bekasi]

"Pemohon akan dihubungi untuk pengambilan bibit, khusus untuk Pulau Tidung dan Pulau Payung bibit akan diantarkan," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (29/3/2019). Sartono menjelaskan, saat ini mangrove siap tanam yang tersedia sekitar 7.000 bibit. Sementara, untuk karang ada sekitar 500 bibit.

"Boleh siapa saja, terutama komunitas pecinta lingkungan. Untuk tahap ini kami menerima pengajuan permohonan bibit mangrove dan karang hingga akhir April 2019," terangnya.

[Baca Juga: Kepulauan Seribu Angkut Bebas dari 115,8 Meter Kubik Sampah]

Ia berharap, melalui banyaknya bibit karang dan mangrove yang ditanam akan bisa melestarikan lingkungan dan menjaga ekositem di pesisir pantai dan laut. "Kami ingin masyarakat ikut terlibat. Sebab, pelestarian lingkungan itu menjadi tanggung jawab dan butuh kepedulian kita bersama," tandasnya.

Demi Pelestarian Laut Jakarta Tersedia Bibit Karang dan Magrove Gratis

Tanam 14.000 Bibit Karang

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menanam 14.000 bibit karang di 3.500 substrat atau tempat tumbuhnya karang. Transplantasi karang tersebut akan dilakukan di sejumlah wilayah perairan di Kepulauan Seribu dengan luas mencapai 0,7 hektare.

Kepala Bidang Kelautan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Wahyuni dalam kesempatan berbeda menjelaskan, satu unit substrat akan ditanam empat bibit karang. Proses penanaman dilakukan di dasar laut perairan dangkal atau berkedalaman sekitar lima meter.

[Baca Juga: Dinas KPKP Akan Tanam 14.000 Bibit Karang]

"Karang yang kami tanam berjenis acropora yang tumbuhnya dua sampai tiga sentimeter dalam setahun," ujarnya masih dari sumber yang sama.

Transplantasi karang akan dilakukan di sekitar Pulau Gosong, Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Panggang, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Kelapa. Ia menambahkan, pelaksanaan transplantasi karang dilakukan dengan luasan bervariasi di setiap wilayah perairan kepulauan karena disesuaikan dengan kebutuhan dan alokasi anggaran.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  3 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.