Bila Anak Demam, Begini Cara Mengatasinya

Kesehatan

Bila Anak Demam, Begini Cara Mengatasinya

Anak-anak memang paling rentan terkena penyakit demam, terlebih lagi ketika terjadi perubahan musim atau cuaca. Perubahan suhu yang tidak menentu itulah membuat daya tahan tubuh anak melemah dan tidak mampu melawan serangan virus atau bakteri penyebab penyakit. Sebagai orangtua yang memiliki anak kecil, inilah beberapa langkah pertolongan pertama untuk menurunkan demam pada di kecil yang diambil dari beberapa sumber.

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

1) Mandi Air Hangat

Penyakit demam pada anak dapat di atasi dengan memandikan anak menggunakan ari hangat atau ruam-ruam kuku yang akan membantu meredakan demam pada anak. Jangan mandikan anak menggunakan air dingin karena akan membuat anak kedinginan.

2) Mengompres

Selain mengobatinya dengan meminum obat penurun demam, kompres juga dapat membantu menurukan suhu badan anak yang naik ketika demam. Hindari mengompres dengan menggunakan air yang dingin. Sebaiknya mengompres dengan air hangat. Caranya, dengan menggunakan kain yang direndam air hangat. Lalu bisa ditaruh dan dijepit di ketiak anak selama 10-15 menit.

3) Minum Banyak Air

Ketika demam, cairan tubuh akan menurun sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Maka, perlu meminum banyak air. Bila anak susah untuk meminum banyak air, terus berusaha untuk mendorong semangat anak agar mau banyak minum air maupun susu (bagi yang masih menyusui).

Bila Anak Demam, Begini Cara Mengatasinya

4) Pijat dengan Pepermint Oil

Aroma peppermint oil sangat bermanfaat untuk meredakan demam pada anak. Aroma mentol yang ada di dalam Peppermint oil dapat melancarkan hidung yang tersumbat, sinusitis, serta gejala demam lainnya.

5) Berikan Obat Penurun Panas

Biasanya, langkah ini merupakan langkah pertama saat anak mulai mengalami demam. Obat penurun panas berguna untuk menurunkan suhu tubuh. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, parasetamol merupakan langkah pertama untuk menurunkan demam serta menghilangkan nyeri. Namun, bila si kecil masih di bawah usia 2 bulan, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter sebelum memberikan jenis obat apa pun.

6) Jangan Selimuti atau Memberikan Baju Tebal

Mengenakan pakaian tebal atau menyelimuti si kecil dapat membuat badan anak bertambah panas bahkan menyebabkan suhu badan anak bertambah naik. Untuk itu, Anda bisa mengubahnya dengan memberikan pakaian longgar atau berbahan ringan yang lembut. Bila ingin menyelimuti anak, selimutilah anak dengan bahan yang tipis.

[Baca Juga: Waspada, Pneumonia Misterius China Sudah Makan Puluhan Korban]

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam si kecil. Bila demam berlanjut hingga lebih dari 3 hari, segera bawa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.