Bila Anak Demam, Begini Cara Mengatasinya

Kesehatan

Bila Anak Demam, Begini Cara Mengatasinya

Anak-anak memang paling rentan terkena penyakit demam, terlebih lagi ketika terjadi perubahan musim atau cuaca. Perubahan suhu yang tidak menentu itulah membuat daya tahan tubuh anak melemah dan tidak mampu melawan serangan virus atau bakteri penyebab penyakit. Sebagai orangtua yang memiliki anak kecil, inilah beberapa langkah pertolongan pertama untuk menurunkan demam pada di kecil yang diambil dari beberapa sumber.

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

1) Mandi Air Hangat

Penyakit demam pada anak dapat di atasi dengan memandikan anak menggunakan ari hangat atau ruam-ruam kuku yang akan membantu meredakan demam pada anak. Jangan mandikan anak menggunakan air dingin karena akan membuat anak kedinginan.

2) Mengompres

Selain mengobatinya dengan meminum obat penurun demam, kompres juga dapat membantu menurukan suhu badan anak yang naik ketika demam. Hindari mengompres dengan menggunakan air yang dingin. Sebaiknya mengompres dengan air hangat. Caranya, dengan menggunakan kain yang direndam air hangat. Lalu bisa ditaruh dan dijepit di ketiak anak selama 10-15 menit.

3) Minum Banyak Air

Ketika demam, cairan tubuh akan menurun sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Maka, perlu meminum banyak air. Bila anak susah untuk meminum banyak air, terus berusaha untuk mendorong semangat anak agar mau banyak minum air maupun susu (bagi yang masih menyusui).

Bila Anak Demam, Begini Cara Mengatasinya

4) Pijat dengan Pepermint Oil

Aroma peppermint oil sangat bermanfaat untuk meredakan demam pada anak. Aroma mentol yang ada di dalam Peppermint oil dapat melancarkan hidung yang tersumbat, sinusitis, serta gejala demam lainnya.

5) Berikan Obat Penurun Panas

Biasanya, langkah ini merupakan langkah pertama saat anak mulai mengalami demam. Obat penurun panas berguna untuk menurunkan suhu tubuh. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, parasetamol merupakan langkah pertama untuk menurunkan demam serta menghilangkan nyeri. Namun, bila si kecil masih di bawah usia 2 bulan, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter sebelum memberikan jenis obat apa pun.

6) Jangan Selimuti atau Memberikan Baju Tebal

Mengenakan pakaian tebal atau menyelimuti si kecil dapat membuat badan anak bertambah panas bahkan menyebabkan suhu badan anak bertambah naik. Untuk itu, Anda bisa mengubahnya dengan memberikan pakaian longgar atau berbahan ringan yang lembut. Bila ingin menyelimuti anak, selimutilah anak dengan bahan yang tipis.

[Baca Juga: Waspada, Pneumonia Misterius China Sudah Makan Puluhan Korban]

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam si kecil. Bila demam berlanjut hingga lebih dari 3 hari, segera bawa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.