Bila Depresi, Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater

Kesehatan

Bila Depresi, Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater?

Antara psikolog dengan psikiater memiliki perbedaan tugas dalam menangani pasien yang mengalami gangguan kesehatan mental atau jiwa. Bila Anda ingin berkonsultasi tentang masalah mental yang Anda rasakan, baiknya Anda telusuri dulu sebaiknya Anda ke psikolog atau psikiater?

Seorang psikiater sebagai dokter medis memiliki pengetahuan dan pelatihan untuk mengevaluasi masalah medis yang dapat memberikan resep obat kepada pasiennya. Psikiater pada umumnya memiliki lebih banyak pelatihan medis. Pasien yang memiliki masalah kesehatan mental serius, seperti depresi berat, gangguan bipolar, atau skizofrenia, di mana gejala fisiknya mungkin parah dan mungkin sulit untuk diatasi sendiri.

Bila Depresi, Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater

Sedangkan pskiolog, bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan mental yang tidak terlalu parah dan dapat dikendalikan sendiri, biasanya seorang pasien akan datang menemui psikolog lebih dulu karena seringkali mereka tidak suka dengan obat-obatan yang akan diberikan dokter untuk masalah kesehatan mentalnya mereka. Mereka akan khawatir kecanduan dan kimia dari obat tersebut dapat mengubah tubuh mereka.

[Baca Juga: Mari Ubah Stigma Negatif Terhadap Layanan Kesehatan Jiwa]

Menurut C. Vaile Wright, PhD, direktur American Psychological Association, pilihan antara ke psikiater atau psikolog dilihat dulu dari masalah kesehatan mental yang Anda rasakan. Seseorang yang memang memiliki depresi berat dan perlu minum obat, bisa menemui psikiater, sementara bila seseorang hanya merasakan depresi ringan seperti fobia, datang menemui ke psikolog merupakan pilihan yang efektif.

Biasanya, jika seorang psikolog menangani seseorang yang kemungkinan memiliki gejala yang parah, seperti ada pikiran ingin bunuh diri. Psikolog akan menyarankan mereka untuk segera bertemu dengan psikiater. Psikiater akan membantu memperjelas diagnosanya dan meresepkan obat untuknya.

[Baca Juga: Buku Ini Ulas Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia]

Jika Anda masih bingung dengan keputusan antara datang psikologi atau psikiater, Dr. Wright merekomendasikan Anda untuk berbicara dengan dokter umum. Mereka dapat memberikan pilihan yang sesuai untuk Anda, apakah konsultasi ke psikolog atau psikiater. Nah, sekarang Anda sudah tidak bingung lagi memutuskan akan berkonsultasi ke psikolog atau psikiater kan? Tipe masalah yang Anda rasakan akan menentukan pilihan, antara konsultasi ke psikolog atau psikiater.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.