Bima Arya Hadirkan Gerbang UMKM di Lokasi Wisata BTS.jpg

Bisnis

Bima Arya Hadirkan Gerbang UMKM di Lokasi Wisata BTS

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tampaknya terus berupaya mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang di mana baru-baru ini direalisasikan melalui bazar yang dikombinasikan dengan wisata. Hal ini terlihat dengan peresmian bazar Gerakan Bangga dan Bangkit UMKM yang digelar di lokasi wisata Bubulak Tepi Sawah atau BTS yang berlokasi di Balumbang Jaya. Disinyalir pengunjung yang datang ke sini bukan hanya bisa menikmati suasana pemandangan di sini tapi juga sekaligus mengenai produk para pelaku usaha asli Kota Hujan.

Bazar Gerbang UMKM sendiri digelar selama tiga pekan, khusus setiap hari Jumat-Minggu dan diresmikan pada 20 November 2021 oleh Wali Kota Bogor Bima Arya yang turut hadir dengan istrinya sekaligus Ketua Dekranasda Kota Bogor Yane Ardian. Menurut orang nomor satu di Kota Hujan itu saat meresmikan kegiatan ini, pengembangan UMKM di Kota Bogor membutuhkan 3K yang terdiri dari Konsisten, Kolaborasi, dan Kreasi.

Bima Arya Hadirkan Gerbang UMKM di Lokasi Wisata BTSt.jpg

Dari sisi konsisten, ia menitipkan pesan kepada jajaran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bogor agar selalu konsisten dalam upaya pembinaan serta pengembangan pelaku usaha UMKM. Dengan K yang pertama ini menurutnya terdapat potensi pengenalan produk UMKM secara lebih luas bahkan bisa saja turut menjangkau pejabat yang tengah berkunjung ke Pemkot Bogor.

“Kalau kita bangga, kita harus konsisten. Tadi saya mencicipi keripik ikan salmon, rasanya enak. Kalau produk itu dihidangkan di Balai Kota menjamu menteri atau tamu, kan lumayan. Kita bantu yang butuh kita besarkan,” tutur Bima Arya, sebagaimana dikutip Kotabogor.go.id (20/11/2021).

[Baca Juga: UKM Kabupaten Bogor Ekspor Olahan Kelapa Organik ke Amerika Serikat]

Kemudian untuk K yang kedua alias kolaborasi, ini bisa direalisasikan dengan menggelar event seperti Gerbang UMKM di BTS ini tapi di wilayah lainnya seperti di titik yang berlokasi di puluhan kelurahan yang tersebar di enam kecamatan Kota Bogor. Bahkan untuk agenda Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia atau JKPI yang digelar Desember 2021 nanti, Wali Kota Bogor itu ingin produk UMKM menjadi dominasi dalam kegiatan tersebut. Sedangkan untuk Kreasi, ia meminta para pelaku UMKM dan dinas terkait di Pemkot Bogor dapat berpikir bersama untuk menampilkan apa ke depannya dalam rangka mencegah berhenti di salah satu rutinitas saja.

Terkait bazar Gerbang UMKM, kegiatan ini diikuti 120 pengusaha sehingga pengunjung yang datang ke sini tak hanya untuk berwisata dan menikmati suasana sawah-sawahnya tapi juga menjadi momen pengenalan produk UMKM asli Kota Bogor. Menariknya setiap pekan, bazar UMKM ini akan memiliki pameran produk yang berbeda. Dari mulai camilan, kuliner, hingga nanti terakhir ada fashion.


Read More

BTS

Bubulak Tepi Sawah

None
None

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.