Bima Arya Kunjungi Pemakaman untuk Pasien COVID-19 di Bogor

Berita Kawasan

Bima Arya Kunjungi Pemakaman untuk Pasien COVID-19 di Bogor

Pada libur peringatan Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Bogor memanfaatkannya untuk melakukan ziarah ke Tempat Pemakanan Umum (TPU) Situ Gede. Di sana dirinya melakukan peninjauan langsung terhadap komplek pemakaman yang khusus ditujukan untuk khusus pasien COVID-19. Ia pun memberikan apresiasi terhadap para petugas pemakaman yang tetap bekerja dengan amanah walau pekerjaan mereka saat ini tergolong berisiko tinggi dengan paparan virus SARS-CoV-2.

Bima Arya Kunjungi Pemakaman untuk Pasien COVID-19 di Bogor

Peninjauan pemakaman ini dilakukan orang nomor satu di Kota Hujan usai berziarah di makam drg Yuniarto Budi Santosa. Sekadar informasi, Yuniarto merupakan pejabat di Dinas Kesehatan Kota Bogor yang wafat pada akhir Mei 2020 usai berjuang melawan penyakit COVID-19. Pada kunjungan itu, Bima Arya ditemani Camar Bogor Barat Juniarti Estiningsih serta Kepala Unik Pelaksana Teknis Dinas Pemakaman Kota Bogor Toto Gunarto.

[Baca Juga: Hati-hati Angker, KRL Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penularan COVID-19]

Setelah melantunkan doa dan menaburkan bunga di atas makam almarhum Yuniarto, Bima Arta melanjutkan untuk melihat suasana serta persiapan di lapangan di pemakaman khusus COVID-19 di TPU Situ Gede. Tak lupa ia menyapa para petugas yang bekerja di sana dan menyerahkan bantuan paket sembako serta alat pelindung diri atau APD untuk mereka.

“Saya tadi melihat kondisi tempat pemakaman yang dialokasikan khusus untuk para korban COVID ini. Cek kesiapan dan lain-lain. Juga mengapresiasi dan menyemangati para petugas pemakaman yang cukup berisiko tinggi,” sebut Wali Kota Bogor tersebut, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (1/6/2020).

[Baca Juga: Positif Covid-19, Wali Kota Bogor Isolasi Diri]

Menurut Toto Gunarto, jenazah yang dimakamkan untuk di pemakaman khusus COVID-19 ini terhitung sudah ada 62. Di mana ini termasuk jenazah yang memang dikonfirmasi positif serta pasien dalam pengawasan atau PDP. Pihaknya sudah menyiapkan area sekitar 5 hektare di TPU Situ Gede yang dikhususkan untuk jenazah COVID-19.

Terkait pemakaman khusus COVID-19 sendiri sudah memiliki protokol yang harus dijalani setiap orang demi memastikan keamanan semua pihak. Di mana Kementerian Agama Republik Indonesia sudah memberikan panduan tata caranya. Dari mulai lokasi penguburan harus berjarak minimal 50 meter dari sumber air tanah dan 500 meter dari pemukiman penduduk. Kemudian liang lahat memiliki kedalaman 1,5 meter dengan tanah yang menutupi jenazah setinggi 1 meter. Kemudian untuk para petugas pemakamannya sendiri harus menggunakan APD yang dihancurkan usai sesi pemakaman selesai.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.