Bima Arya Tinjau Lokasi Insiden Ambruknya Atap Gedung DPRD Bogor

Berita Kawasan

Bima Arya Tinjau Lokasi Ambruknya Atap Gedung DPRD Bogor

Pada akhir pekan hujan deras dan angin kencang sempat melanda Kota Bogor dan insiden yang tidak terduga pun terjadi akibatnya. Pasalnya, terpaan hujan dan angin itu memicu dinding serta bagian atap di dalam gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor mendadak ambruk pada 26 Oktober 2019. Wali Kota Bogor Bima Arya pun meninjau lokasi insiden tersebut dan memberikan instruksi untuk dilakukan penyelidikan menyeluruh terhadap bangunan itu.

Bima Arya Tinjau Lokasi Insiden Ambruknya Atap Gedung DPRD Bogor

Pada peninjauan lokasi yang dilakukan H+1 insiden ambruknya atap gedung DPRD Kota Bogor itu, Bima Arya tidak datang sendiri. Ia juga terlihat bersama Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanton dan sejumlah anggota dewan. Berdasarkan peninjauan tersebut, ada dua lantai yang paling terkena dampak hantaman angin kencang itu. Pertama adalah Ruang Rapat Paripurna di Lantai 4 yang terlihat sejumlah material yang berceceran. Kedua adalah dinding Lantai 5 yang roboh dan menghantam atap ruang paripurna.

Insiden ini memicu kegeraman Wali Kota Bogor dan ia tidak menyalahkan faktor alam tapi kualitas dari bangunan itu sendiri. Namun ia tetap merasa lega karena kejadian ini terjadi pada akhir pekan di mana dalam kondisi libur sehingga tidak menimbulkan korban cedera.

[Baca Juga: Wali Kota Bogor Bima Arya Rayakan Hari Santri Bersama 3.000 Santri]

Alhamdulillah itu terjadi ketika tidak ada kegiatan. Jadi hanya tinggal menunggu waktu saja. Jadi, hanya tinggal menunggu waktu saja. Kami lihat sekilas saja ada dugaan kuat, ada indikasi kuat bahwa bangunan itu pada beberapa bagian tidak dikerjakan atau tidak dibangun seperti seharusnya. Strukturnya, pondasinya, tiangnya kelihatan rapuh sekali,” ungkap Bima Arya, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (27/10/2019).

Munculnya indikasi konstruksi yang tidak tepat ini langsung membuat Bima Arya mengemukakan dua instruksi dalam penanganan insiden terhadap gedung baru DPRD Kota Bogor itu. Pertama adalah digelarnya penyelidikan secara menyeluruh mulai 28 Oktober 2019 dari mulai struktur bangunan hingga berbagai dokumen mengenai perencanaannya dengan meminta pihak Dinas Permukiman untuk bekerjasama dengan para anggota dewan.

[Baca Juga: Wali Kota Bima Arya Tinjau Proyek Gedung Baru RSUD Bogor]

Instruksi kedua adalah melakukan audit terhadap anggaran proyek konstruksi gedung DPRD Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Pemuda itu. “Anggarannya tidak kecil ini, 70 miliar lebih. Kami ingin lihat ini. Saya ingin lihat dari awal perencanaanya seperti apa. Kalau tidak sesuai dengan perencanaan, berarti ada sesuatu di sini. Mengapa tidak sesuai dengan perencanaan? Tadi kan rapuh sekali. Tidak mungkin gedung sekokoh ini, temboknya setipis itu,” tegasnya.

Ketua DPRD Kota Bogor juga memiliki pandangan yang serupa, ia kecewa dengan kondisi bangunan yang baru ditempatinya selama satu bulan itu sudah mengalami kerusakan. Ia pun mendukung langkah Bima Arya untuk melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap insiden di gedung DPRD Kota Bogor itu.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.