BINGUNG MEMILIH WALLPAPER ATAU CAT JANGAN KHAWATIRI

Properti dan Solusi

Bingung Memilih Wallpaper atau Cat? Ini Perbandingannya

Anda sedang merenovasi rumah dan masih bingung ingin menggunakan wallpaper dinding atau cat? Di antara kedua hal ini tentu banyak manfaat dan kelemahannya. Untuk mendekorasi rumah, memang membutuhkan waktu berpikir, karena Anda akan menikmatinya dalam jangka panjang. Keindahan dinding rumah Anda tentu akan memberikan kesan nyaman ketika berada di rumah. Agar mendapatkan hasil yang Anda inginkan, Anda harus tahu kelebihan dan kelemahan wallpaper dan cat dinding. Lalu Anda bisa memutuskan mana yang harus Anda gunakan.

Dikutip sejasa.com, berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menggunakan wallpaper atau cat untuk dinding:

Desain

Wallpaper dinding memiliki berbagai jenis desain yang datang dari berbagai macam tema. Desain, finishing, kualitas dan bentuk wallpapernya bermacam-macam. Untuk Anda yang ingin mengaplikasikan tema berbeda di setiap ruangan pakailah wallpaper dengan sangat efisien. Untuk Anda yang menyukai ruangan yang ramai dengan motif, mungkin sangat cocok jika menggunakan wallpaper. Ditambah lagi, kini muncul wallpaper yang sudah berbentuk 3D, sehingga dekorasi rumah Anda tidak terlihat biasa.

Cat dinding memiliki berbagai pilihan jenis warna dengan hasil akhir yang beragam pula, ada yang mengkilap maupun dove atau matte. Kualitasnya juga bervariasi. jika teknik pengecatan biasa saja atau melakukan metode umum seperti atas-bawah, hasilnya akan biasa saja dan cenderung membosankan. Namun jika Anda meminta seorang professional untuk melakukan beberapa teknik khusus maka Anda akan mendapatkan hasil yang unik dah indah seperti lukisan tangan. Namun tentunya, untuk mendapatkan hasil ini Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam.

Daya Tahan

Jika wallpaper dipasangkan dengan benar dan berkualitas baik, wallpaper dapat bertahan lama bahkan hingga 10 tahun. Benefit lain, wallpaper dapat dibersihkan secara berkala. Namun jika ruangan Anda terlalu lembab maka membuat wallpaper lebih cepat mengelupas. Area yang biasanya mengalami pengelupasan lebih cepat adalah dapur dan kamar mandi. Hal ini tentu harus Anda perhatikan mengingat harga wallpaper dinding lebih tinggi jika dibandingkan dengan cat.

Sedangkan cat dinding daya tahannya dapat dibedakan dari penggunaannya, yaitu cat interior dan cat eksterior. Jika dibandingkan dengan wallpaper, memang cat kalah telak. Pasalnya, cat dapat memudar dalam kurun waktu 2 tahun saja. Namun jika Anda menggunakan cat tentunya akan lebih mudah untuk mengecat ulang dan biayanya murah. Jika Anda tipe orang yang mudah bosan dan berencana untuk mengganti warna ruangan berkali-kali dalam waktu dekat, lebih baik Anda gunakan cat agar lebih efisien dan hemat biaya.

Proses Pengaplikasian

Untuk proses pemasangan wallpaper dinding, peralatan yang digunakan tentu tidak sebanyak proses cat. Menggunakan wallpaper juga akan menimbulkan masalah seperti proses pengecatan, misalnya kotor, warna tidak rata, bekas kuas, dan lain-lain. Namun proses pemasangan wallpaper harus menggunakan ketelitian yang tinggi, karena miring sedikit tentunya akan berantakan dan menggelembung, sehingga risiko mengelupas lebih besar. Tentu Anda tidak ingin jika harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memasang wallpaper bukan? Sehingga lebih baik Anda menyerahkan pekerjaan ini kepada jasa pasang wallpaper agar lebih rapi.

Sedangkan jika Anda lebih memilih cat, memang prosesnya lebih mudah karena siapa saja bisa melakukannya. Anda tidak memerlukan teknik khusus jika hanya mengecat dinding. Namun jika Anda tidak telaten, hasil cat Anda juga akan terlihat berantakan dan mudah menggelembung.

Biasanya akan terjadi beberapa kesalahan yang sebenarnya umum terjadi pada Anda yang bukan professional. Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan proses cat dinding ini juga lebih banyak dibandingkan wallpaper. Jika Anda ingin hasil yang pasti berkualitas, lebih baik serahkan kepada ahlinya.

Itulah perbandingan wallpaper dinding dan cat dinding yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca ini, sudahkah Anda memutuskan apa yang ingin Anda terapkan untuk rumah Anda? Sesuaikan penggunaan cat dan wallpaper berdasarkan konsep dan karakteristik Anda. Jika Anda lebih memilih menggunakan cat, sebaiknya biarkan saja kontraktor yang sedang merenovasi rumah Anda yang menanganinya. Namun jika Anda tertarik menggunakan wallpaper, gunakan jasa pemasangan wallpaper yang disediakan para penjual wallpaper. Untuk Anda yang tinggal di Bintaro, Anda bisa mengunjungi Qios Wallpaper, Jalan Mawar, Jalan Mawar 1 No.22A, RT.1/RW.13, Bintaro, Jakarta Selatan 12330.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.