BINGUNG MENENTUKAN HARGA JUAL UNTUK GARAGE SALE SIMAK 5 TIPS BERIKUT

Garage Sale

Bingung Tentukan Harga Jual untuk Garage Sale? Simak 5 Tips Berikut

Ketika Anda memutuskan untuk menjual barang-barang Anda di garage sale, memberikan harga pada barang-barang yang Anda jual merupakan langkah yang paling penting. Jika Anda memberikan harga yang terlalu tinggi, tentunya barang Anda tidak terjual. Namun jika Anda menetapkan harga yang terlalu rendah, Anda bisa saja kehilangan uang yang seharusnya Anda miliki.

Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk menentukan harga barang di garage sale? Agar Anda tak salah memberi harga pada barang-barang Anda, simak lima jurus dari thespruce.com berikut ini:

  • Riset Harga Pasar

Sebelum Anda memberi tag harga satu persatu, cari tahu harga pasaran barang bekas yang mirip dengan barang yang ingin Anda jual. Misalnya Anda menjual pakaian, elektronik, dan koleksi, Anda bisa memerika situs jual beli online jika tidak ingin repot. Namun jika Anda menjual barang – barang lain seperti buku, perabotan makan dan memasak, serta furnitur Anda bisa menentukan harga sendiri. Tentunya harga yang Anda jual harus lebih rendah dari harga baru di pasaran. Terlebih lagi, barang yang Anda jual sudah terlalu lama dan usang. Tentunya harga jualnya juga sangat jauh dengan harga belinya.

Namun jika Anda ingin tahu harga pasaran barang di garage sale lainnya, sebaiknya Anda survei dengan mendatangi beberapa garage sale dan mengecek berapa kisaran harga yang dijual di sana. Anda bisa mencatat kisaran harga dan mengambil harga rata-rata. Jika di garage sale lain mereka menjual buku bekas seharga Rp5.000 hingga Rp15.000, Anda tidak boleh menjual lebih dari Rp20.000.

  • Gunakan Stiker Dari pada Kertas

Untuk tag harga pada produk, lebih baik Anda gunakan stiker dengan warna neon dibandingkan kertas biasa yang Anda rekatkan dengan lem. Bahan kertas yang dipakaikan lem bisa lebih mudah rusak dan sobek dibandingkan stiker. Gunakan spidol untuk menulis harga karena garisannya lebih tebal sehingga lebih mudah terbaca. Hindari menggunakan pulpen atau pensil karena tulisannya tipis sehingga sulit terbaca.

  • Siapkan Tag Harga Sehari Sebelumnya

Jangan sampai Anda terlihat terburu-buru saat harinya tiba. Karena barang yang akan dijual jumlahnya lumayan banyak, ada baiknya Anda mempersiapkan tag harga sehari sebelumnya. Jika Anda membuatnya dadakan justru akan berantakan dan ada yang terlupakan atau tertinggal. Susun barang berdasarkan kelompok harga, walaupun Anda menyusunnya berdasarkan harga, tetap pasangkan tag harga di setiap barangnya. Jika barang-barang kecil seperti, buku, aksesoris, dan mainan letakkan pada satu kotak dan beri papan harga di tempat tersebut agar Anda tak repot memberikan tag harga di setiap barang.

  • Beri Tanda Pada Barang dengan Ketentuan Tertentu

Jika Anda menjual barang dengan harga pas dan tidak menerima proses tawar menawar, sebaiknya beri tanda pada barang tersebut. Sebaliknya, jika Anda menjual barang yang bisa ditawar, berikan keterangan agar pengunjung berani menawar harga. Untuk barang-barang besar seperti elektronik dan furnitur, tentukan batasan tawar menawar, kecuali jika Anda sedang membutuhkan uang.

  • Gunakan Stiker Warna atau Inisial

Jika garage sale yang Anda gunakan merupakan garage sale gabungan dengan teman komunitas, tetangga atau keluarga, untuk menandakan kepemilikan barang tandai barang dengan stiker berwarna atau inisial. Jika ada pembeli yang membeli barang tersebut, copot stiker dan tempelkan di buku. Setelah acara selesai baru Anda merekap berapa jumlah barang yang terjual. Dari jumlah stiker yang sudah terlepas itulah Anda bisa melihat, barang milik siapa yang terjual dan berapa uang yang harus mereka dapatkan.

Itulah lima jurus untuk menentukan harga barang di garage sale. Bukan hanya tips untuk menentukan harga, lima tips tersebut bisa Anda gunakan untuk pricing technic yang kerap kali digunakan saat garage sale.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  10 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  13 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.