BINTARO SEKTOR 1 LESTARIKAN BUDAYA BETAWI MELALUI FESTIVAL ONDEL ONDEL

Berita Kawasan

Bintaro Sektor 1 Lestarikan Budaya Betawi Melalui Festival Ondel-Ondel

Budaya tradisional yang saat ini semakin tergerus oleh zaman, telah membuat banyak pihak berinisiatif untuk menggelar berbagai festival rakyat. Salah satunya diadakan di area Bintaro Sektor 1 yang dinamakan “Festival Ondel-Ondel Bintaro Jilid 2”. Festival ini diselenggarakan demi mengenalkan serta melestarikan budaya tradisional Betawi.

Festival ini diadakan pada hari Sabtu-Minggu yakni dari 25-26 Agustus 2018. Lokasi yang dipilih untuk menjadi tempat gelaran festival ini adalah di sepanjang Jalan Bintaro Taman Barat, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Selain itu, dalam rangka mengenalkan budaya tradisional asli DKI Jakarta yaitu Festival Ondel-Ondel Bintaro Jilid 2 yang juga diadakan untuk merayakan HUT RI ke-73.

Para warga yang tinggal dekat kawasan Bintaro Sektor 1 disinyalir sangat menyambut baik festival ini. Karena selain gratis, mereka tidak perlu pergi jauh-jauh untuk merasakan suasana meriahnya event festival budaya Betawi. Bahkan di festival ini juga ada berbagai kuliner khas Betawi yang terbilang sudah cukup sulit ditemukan di DKI Jakarta.

“Alhamdulillah hingga saat ini budaya nenek moyang kita masih ada yang nerusin. Saya berpikir ondel-ondel ini akan tergerus dengan budaya barat yang terus membanjiri Indonesia, ternyata tidak, makanya kami sangat bangga,” ujar salah satu pengunjung, Yati asal Bintaro, sebagaimana dikutip dari poskotanews.com.

Panitia dari festival ini merupakan para warga yang tergabung dalam Karang Taruna Kelurahan Bintaro. Lurah Bintaro, Dimas Prayudi menjelaskan bahwa Festival Ondel-Ondel Bintaro Jilid 2 merupakan realisasi dari kecintaan para warga di kelurahannya terhadap budaya Betawi.

“Acara tersebut akan banyak menampilkan beragam kebudayaan Betawi di antaranya lenong, palang pintu, lomba ondel-ondel, gambang kromong, silat dan lain-lain,” tutur Dimas Prayudi terkait festival ini, sebagaimana dikutip dari mediaindonesia.com.

Selain menjelaskan berbagai acara yang ada di Festival Ondel-Ondel Bintaro Jilid 2, Lurah Bintaro tersebut juga menyampaikan harapannya dengan digelarnya festival ini. Dimas ingin budaya Betawi dapat terus bertahan serta tidak akan pudar dari diri masyarakat DKI Jakarta.

“Perlu adanya peran serta dan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat, untuk dapat bersatu padu melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisional Betawi di Jakarta dan juga wilayah sekitarnya,” tambah Dimas.

Selain dikunjungi oleh para warga dari Bintaro Sektor 1 dan sekitarnya, Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali juga turut hadir. Dia mengapresiasi usaha para panitia dalam menyelenggarakan event ini dan menyambut gembira pagelaran budaya serta pesta rakyat ini.

“Festival ondel-ondel ini sebagai upaya melestarikan seni budaya Betawi. Salah satunya membuat replika topeng ondel-ondel terbanyak yang dipakai untuk gerak jalan untuk 5.000 peserta,” papar Marullah, sebagaimana dilansir dari indopos.co.id.

Selain untuk terus mendorong agar seni budaya Betawi tidak hilang, festival ini juga menjadi wadah untuk mengadakan beragam bazar dari mulai pakaian hingga kuliner turut hadir di sini. Karena itulah, Walikota Jakarta Selatan tersebut mengucapkan harapannya agar Festival Ondel-Ondel Bintaro Jilid 2 dapat memiliki dampak terhadap ekonomi masyarakat setempat. “Kegiatan itu juga diharapkan bisa masuk ke agenda wisata DKI Jakarta,” ucapnya.

Selain di kawasan Bintaro Sektor 1, acara serupa sebenarnya pernah diadakan di wilayah Condet Jakarta Timur pada akhir Juli 2018 dengan nama Festival Condet. Kala itu, event budaya Betawi ini diadakan di area Jalan Condet Raya Jakarta Timur sepanjang 1 kilometer dan para warga DKI Jakarta dan sekitarnya pun antusias untuk menghadiri festival ini.


Read More

Artikel Lainnya

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan 5.jpg

Kuliner

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan

20 April 2021, 17:00

Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya


Comments


Please Login to leave a comment.