Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda

Kesehatan

Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda?

Probiotik baik untuk percernaan Anda. Namun, ternyata ada fungsi lain yang bermanfaat untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian baru menunjukkan, suplemen probiotik dapat membantu meringankan gejala depresi pada beberapa orang.

Para peneliti menemukan bahwa di tujuh uji klinis kecil, berbagai probiotik tampaknya memperbaiki gejala pada pasien dengan depresi klinis, setidaknya dalam jangka pendek. Noonan Sanjay dan rekan-rekannya di Brighton and Sussex Medical School, Inggris melaporkan temuan pada 6 Juli dalam jurnal BMJ Nutrition, Prevention & Health.

Studi-studi ini dibangun di atas minat penelitian yang berkembang terhadap peran kesehatan usus --khususnya, keseimbangan bakteri yang tinggal di sana-- dan kesehatan otak. Namun, para ahli menekankan bahwa uji coba probiotik memiliki sejumlah keterbatasan, dan terlalu dini untuk menarik kesimpulan.

Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda

Untuk satu, "efek plasebo" tidak dapat dikesampingkan, menurut Noonan, penulis utama pada tinjauan penelitian. Selain kecil, penelitian tidak melihat jangka panjang. Semua berlangsung sekitar dua hingga tiga bulan. Menurut Noonan, "tidak ada pernyataan pasti yang dapat dibuat" tentang apakah orang dengan depresi dapat mengambil manfaat dari probiotik.

"Ini akan menjadi dugaan untuk mencoba dan menyarankan apa pun tentang kemanjuran jangka panjang terapi probiotik," ujar Noonan seperti diberitakan dari webMD.com (10/7/2020).

Probiotik adalah bakteri hidup dan ragi yang secara alami tinggal di dalam tubuh. Suplemen probiotik dipasarkan sebagai cara untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik yang lebih sehat. Sistem pencernaan, khususnya, menampung sejumlah besar bakteri dan mikroba lainnya - yang dikenal sebagai "mikrobioma usus" dan organisme itu diyakini melakukan lebih dari sekadar membantu pencernaan.

[Baca Juga: Ini Dia, Rahasia Perut Rata dan Sehat dengan Yoghurt!]

Penelitian menunjukkan bahwa mikroba terlibat dalam segala hal mulai dari pertahanan kekebalan tubuh hingga menghasilkan vitamin, senyawa anti-inflamasi, dan bahkan bahan kimia yang memengaruhi otak.

Sementara itu, sejumlah penelitian telah mengaitkan susunan mikrobioma usus dengan risiko berbagai kondisi kesehatan. Ini termasuk kondisi berbasis otak seperti Alzheimer dan penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1 dan rheumatoid arthritis.

Bakteri Usus pada Orang dengan Depresi

Dalam sebuah studi 2019, para peneliti menemukan bahwa orang dengan depresi menunjukkan perbedaan dalam bakteri usus spesifik, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi. Tingkat dua jenis bakteri. Coprococcus dan Dialister dilaporkan "habis secara konsisten" pada orang dengan depresi.

Tetapi tidak ada yang membuktikan kekurangan bakteri tersebut, atau bakteri lain, yang sebenarnya membantu menyebabkan depresi. Dan untuk saat ini, tidak ada yang tahu jika ada probiotik yang dapat membantu mengobatinya. "Sangat penting untuk menekankan bahwa bidang penelitian ini berada dalam fase yang sangat awal," kata Noonan.

Dia mengatakan bahwa inti dari tinjauan ini adalah untuk melihat bukti yang ada tentang probiotik, dan bukan untuk menawarkan jawaban.

Functional Foods, Gaya Makan Paling Kekinian di 2020 Yoghurt Probiotik

Uji coba dalam review masing-masing berisi kurang dari 100 orang. Dan mereka paling sering menguji salah satu dari tiga jenis probiotik: L. acidophilus, L. casaei dan B. bifidum. Satu percobaan menguji probiotik yang dikombinasikan dengan "prebiotik" - senyawa yang meningkatkan pertumbuhan probiotik.

Rata-rata, tinjauan tersebut menemukan, studi gejala depresi pasien membaik selama dua hingga tiga bulan. Namun, beberapa uji coba tidak menyertakan kelompok pembanding yang menggunakan suplemen tidak aktif, untuk membantu menjelaskan efek plasebo(fenomena di mana orang merasa lebih baik hanya karena mereka menerima perawatan dan percaya itu akan berhasil, red.).

Masalah lain adalah uji coba tidak memberikan petunjuk di mana strain bakteri mungkin membantu, menurut John Cryan, seorang profesor di University College Cork di Irlandia. "Ada kecenderungan di lapangan untuk 'menggumpal' semua galur yang tersedia secara komersial ke dalam kategori yang sama independen dari tingkat bukti yang ada," kata Cryan kepada Science Media Center (SCM).

[Baca Juga: 2 dari 3 Orangtua Sulit Mengetahui Apakah Anaknya Depresi]

Cryan menambahkan, "Kita tahu bahwa strain sangat penting, dan ulasan ini tidak dapat mengidentifikasi apa itu tentang strain tertentu yang membuat mereka dengan efek yang menguntungkan."

profesor di King's College London Kevin Whelan menyatakan hal yang sama. "Probiotik sering mengandung strain bakteri yang berbeda, dan kami tidak tahu apakah suplemen, saset dan susu fermentasi yang Anda temukan di rak supermarket akan berfungsi," katanya kepada SMC, masih dari sumber yang sama.

Whelan juga menekankan, sebagian besar pasien dalam uji coba menggunakan antidepresan. "Jadi sangat penting bahwa probiotik dilihat sebagai pelengkap untuk perawatan standar yang direkomendasikan oleh dokter Anda dan bukan sebagai alternatif," tegasnya.


Read More

Artikel Lainnya

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.


Comments


Please Login to leave a comment.