Bisakah Seseorang Terinfeksi Covid-19 Lebih dari Sekali

Kesehatan

Bisakah Seseorang Terinfeksi COVID-19 Lebih dari Sekali?

Saat ini Indonesia telah masuk ke dalam status darurat COVID-19 dengan jumlah pasien yang positif mencapai angka 172 orang per 17 Maret. Dengan mayoritas masyarakat mencoba menerapkan social distancing dan meminimalisir kegiatan di luar ruangan, rasa khawatir tak ayal membayangi mereka.

Salah satu kekhawatiran tersebut akhirnya berujung ke pertanyaan mengenai apakah ada kemungkinan seseorang kembali terinfeksi virus SARS-CoV-2 atau Novel Coronavirus yang lebih populer disebut Virus Corona ini. Apakah mungkin virus kembali menyerang meskipun Anda sudah sembuh dari penyakit COVID-19?

Bisakah Seseorang Terinfeksi Covid-19 Lebih dari Sekali

Kabar mengenai infeksi lebih dari sekali ini pertama kali muncul di luar negeri, khusurnya di negara Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Salah satunya adalah seorang pria berusia 36 tahun di Wuhan yang meninggal usai ia diizinkan pulang dari rumah sakit pasca-rawat inap akibat COVID-19.

Hal yang hampir serupa dengan di Wuhan yang sama juga terjadi di Jepang ketika seorang pemandu tur yang dites positif Virus Corona pada akhir Januari 2020 dan sembuh pada awal Februari. Namun tak lama setelah itu, ia dites kembali usai merasa sakit tenggorokan dan sesak napas, ternyata dirinya kembali terinfeksi Novel Coronavirus.

[Baca Juga: Selain Balita dan Lansia, Tunawisma Juga Kelompok Rentan Covid-19]

Kabar ini tentu saja memicu rasa khawatir, karena berarti terdapat kemungkinan bahwa SARS-CoV-2 dapat kembali menginfeksi seseorang yang sudah sembuh. Namun apakah itu benar? Para ahli menganggap ini kemungkinannya sangat kecil bahkan cenderung tak mungkin. Teori yang muncul adalah kemungkinan virus tersebut bisa saja dalam keadaan dormant atau tak aktif selama masa pengobatan.

“Setelah Anda terinfeksi, virus tersebut dapat tetap tidak aktif dengan gejala (sakit) yang minimal. Dan kemudian Anda bisa saja mengalami eksaserbasi jika virus itu berhasil menemukan jalan ke paru-paru,” jelas Profesor Mikrobiologi dan Patologi New York University Philip Tierno, sebagaimana dikutip dari thehill.com (13/3/2020).

[Baca Juga: Bagaimana Pengobatan yang Diterima oleh Pasien COVID-19?]

Para ilmuwan yang berdialog dengan media Los Angeles Times juga memandang terjadinya infeksi ulang COVID-19 terhadap pasien yang positif terkena virus ini terbilang tak mungkin. Dengan ilmuan yang memberikan asumsi terdapat kemungkinan bahwa seseorang kembali positif COVID-19 usai keluar dari rumah sakit bisa saja dipicu dari kesalahan pengetesan atau terlalu dini memperbolehkan mengizinkan pasien itu pulang dari rumah sakit.

“Jika Anda terkena infeksi, sistem kekebalan Anda bekerja keras untuk melawan virus tersebut. Untuk kembali terinfeksi dalam situasi ini akan sangat luar biasa, kecuali sistem kekebalan Anda tidak berfungsi dengan benar,” ungkap Direktur Hong Kong University’s School of Public Health Keiji Fukuda.


Read More

Artikel Lainnya

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan

Berita Kawasan

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan!

01 February 2023, 13:56

Bogor Street Festival Cap Go Meh yang akan digelar pada 5 Februari mendatang, selain memberikan keberkahan dalam hal ekonomi, juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan.

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.


Comments


Please Login to leave a comment.