Bisakah Seseorang Terinfeksi Covid-19 Lebih dari Sekali

Kesehatan

Bisakah Seseorang Terinfeksi COVID-19 Lebih dari Sekali?

Saat ini Indonesia telah masuk ke dalam status darurat COVID-19 dengan jumlah pasien yang positif mencapai angka 172 orang per 17 Maret. Dengan mayoritas masyarakat mencoba menerapkan social distancing dan meminimalisir kegiatan di luar ruangan, rasa khawatir tak ayal membayangi mereka.

Salah satu kekhawatiran tersebut akhirnya berujung ke pertanyaan mengenai apakah ada kemungkinan seseorang kembali terinfeksi virus SARS-CoV-2 atau Novel Coronavirus yang lebih populer disebut Virus Corona ini. Apakah mungkin virus kembali menyerang meskipun Anda sudah sembuh dari penyakit COVID-19?

Bisakah Seseorang Terinfeksi Covid-19 Lebih dari Sekali

Kabar mengenai infeksi lebih dari sekali ini pertama kali muncul di luar negeri, khusurnya di negara Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Salah satunya adalah seorang pria berusia 36 tahun di Wuhan yang meninggal usai ia diizinkan pulang dari rumah sakit pasca-rawat inap akibat COVID-19.

Hal yang hampir serupa dengan di Wuhan yang sama juga terjadi di Jepang ketika seorang pemandu tur yang dites positif Virus Corona pada akhir Januari 2020 dan sembuh pada awal Februari. Namun tak lama setelah itu, ia dites kembali usai merasa sakit tenggorokan dan sesak napas, ternyata dirinya kembali terinfeksi Novel Coronavirus.

[Baca Juga: Selain Balita dan Lansia, Tunawisma Juga Kelompok Rentan Covid-19]

Kabar ini tentu saja memicu rasa khawatir, karena berarti terdapat kemungkinan bahwa SARS-CoV-2 dapat kembali menginfeksi seseorang yang sudah sembuh. Namun apakah itu benar? Para ahli menganggap ini kemungkinannya sangat kecil bahkan cenderung tak mungkin. Teori yang muncul adalah kemungkinan virus tersebut bisa saja dalam keadaan dormant atau tak aktif selama masa pengobatan.

“Setelah Anda terinfeksi, virus tersebut dapat tetap tidak aktif dengan gejala (sakit) yang minimal. Dan kemudian Anda bisa saja mengalami eksaserbasi jika virus itu berhasil menemukan jalan ke paru-paru,” jelas Profesor Mikrobiologi dan Patologi New York University Philip Tierno, sebagaimana dikutip dari thehill.com (13/3/2020).

[Baca Juga: Bagaimana Pengobatan yang Diterima oleh Pasien COVID-19?]

Para ilmuwan yang berdialog dengan media Los Angeles Times juga memandang terjadinya infeksi ulang COVID-19 terhadap pasien yang positif terkena virus ini terbilang tak mungkin. Dengan ilmuan yang memberikan asumsi terdapat kemungkinan bahwa seseorang kembali positif COVID-19 usai keluar dari rumah sakit bisa saja dipicu dari kesalahan pengetesan atau terlalu dini memperbolehkan mengizinkan pasien itu pulang dari rumah sakit.

“Jika Anda terkena infeksi, sistem kekebalan Anda bekerja keras untuk melawan virus tersebut. Untuk kembali terinfeksi dalam situasi ini akan sangat luar biasa, kecuali sistem kekebalan Anda tidak berfungsi dengan benar,” ungkap Direktur Hong Kong University’s School of Public Health Keiji Fukuda.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.