Apakah Sistem Elektronik Tilang Dapat Tingkatkan Etika Berkendara Masyarakat Jakarta

Berita Kawasan

Bisakah Sistem E-Tilang Tingkatkan Etika Berkendara Warga Jakarta?

Sistem elektronik tilang kini menjadi hal yang sedang dikembangkan teknologinya oleh kepolisian. Demi menunjang keselamatan berkendara di jalanan Jakarta, sistem E-Tilang (tilang elektronik) atau Electronic Traffic Enforcement (e-TLE) kini sedang dalam tahap pengembangan ke tingkat yang lebih canggih.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa arus kendaraan di Jakarta menjadi salah satu masalah yang belum bisa teratasi dengan maksimal hingga saat ini. Jumlah volume kendaraan yang tinggi serta infrastruktur jalanan dan marka yang belum sempurna juga menjadi salah satu faktor tingginya jumlah pelanggaran yang terjadi setiap harinya.

Apakah Sistem Elektronik Tilang Dapat Tingkatkan Etika Berkendara Masyarakat Jakarta

Karena terlalu berangsur-angsur terjadi, masalah kemacetan dan pelanggaran lalu lintas di Jakarta membuat masyarakat pengendara sudah terlalu terbiasa untuk menerobos marka. Etika berkendara pun menjadi semakin menurun karena masalah-masalah tersebut. Maka dari itu, tidak heran jika tingkat pelanggaran lalu lintas terus meningkat.

[Baca Juga: Akhir Januari Diterapkan E-TLE Kendaraan Roda Dua di Sudirman-Thamrin]

Secara kasat mata, pelanggaran lalu lintas sangat wajar terjadi dan tak jarang membahayakan pihak lainnya (masyarakat yang tidak menggunakan jalan). Contoh, fungsi trotoar di Jakarta masih belum sepenuhnya untuk pejalan kaki, melainkan sebagai jalur alternatif pengendara motor untuk menghindari kemacetan. Hal tersebut tentunya mengancam keselamatan para pejalan kaki yang seharusnya mendapatkan hak berjalan mereka di jalur yang aman dan bebas kendaraan.

Seiring perkembangan teknologi, kini pihak kepolisian sudah menghadirkan E-Tilang atau elektronik tilang di beberapa wilayah di Jakarta, salah satunya kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Sistem ini memanfaatkan teknologi kamera yang dapat memantau langsung kondisi lalu lintas. Dengan sistem ini, Polisi dapat melihat jumlah pelanggaran yang terjadi sekaligus memberikan sangsi kepada pengendara yang melanggar marka.

[Baca Juga: Siapkan 5 Kamera, Kabupaten Bekasi Makin Serius Garap E-Tilang]

Melansir dari suara.com, saat ini kepolisian masih mengembangkan teknologi E-Tilang ke tingkat yang lebih tinggi. Karena teknologi capture yang masih dalam tahap pengembangan, sistem ini sekarang masih fokus pada pelanggaran-pelanggaran konvensional saja. Dengan kata lain, pelanggaran-pelanggaran lainnya seperti merokok di jalan atau bermain ponsel saat berkendara masih belum ditindak secara tegas.

Meski masih dalam tahap pengembangan namun sistem E-Tilang ini diharapkan akan membantu menertibkan lalu lintas jalanan dan meningkatkan kesadaran pengendara agar melek akan aturan serta etika berkendara yang baik.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 7 months lalu
    Natasya88

    Tentukan Pilihanmu di group bersama kami,Bagi yang mau join tinggal ( <a href="https://jalurtikus.com/promotion" rel="nofollow noopener" title="kellymagdalena97">Click Disini</a> ) yah kak :)

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke qqharian,club dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>