KEBON-JERUK_BISNIS_BISNIS-CYBER-CAFE-DI-SEKITAR-UNIVERSITAS-TRISAKTI_OCI_1000-X-600-px_REVISI.jpg

Bisnis

Bisnis Cyber Café di Sekitar Universitas Trisakti

Bisnis warung internet (warnet) pernah marak di tahun 2000-an, kini meredup seiring dengan penggunaan ponsel pintar. Jaringan internet yang dulu terbatas, dan biasanya hanya bisa diakses melalui jaringan kabel telepon, membuat orang harus ke lokasi khusus untuk mengakses internet. Mahasiswa pun menjadi pelanggan utama warnet untuk mengerjakan tugas, atau bermain game dan social media. Ternyata saat ini pun banyak mahasiswa masih mendatangi tempat semacam ini. Ini terlihat di cyber café sekitar Universitas Trisakti.

Usaha-usaha cyber café yang masih bertahan mampu berinovasi sehingga tidak tergerus kemajuan teknologi. Seperti dikutip dari kontan.co.id (28/8/2018), cyber café biasanya mengusung konsep hybrid sambungan internet dan perangkat komputer dengan kafe. Jadi, ada kafe di dalam warnet yang menjual makanan dan minuman, tetapi juga menawarkan layanan untuk pelanggan agar bisa memainkan online game terbaru.

Masih dari sumber yang sama mengatakan, Pengamat waralaba Pietra Sarosa mengatakan, pasar untuk warnet sudah tidak sebesar dulu. Namun, untuk kota-kota kecil, bisnis ini masih menjanjikan."Orang hanya sesekali datang ke warnet, mungkin untuk mencetak hasil ketikan. Makanya, pebisnis warnet bisa menyediakan jasa percetakan untuk tambahan penghasilan," katanya.

[Baca Juga : Langkah Mendekorasi Kafe dan Restoran Agar Menarik]

Lanjut Pietra, segmen pengguna internet dan game online sejatinya berbeda. Itu sebabnya, pemilik usaha harus mencari cara supaya bisa menjawab kebutuhan masing-masing segmen. “Kalau pengguna internet mau browsing butuh ketenangan, beda dengan game onliner yang lebih suka main beramai-ramai dan pasti menimbulkan kebisingan,” imbuhnya.

Gigabites Eatery

Tempat ini terletak di Jalan Makaliwe Raya No 39BC, Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, tidak jauh dari Universitas Trisakti Kampus A. Konsep Gigabites Eatery adalah adanya warnet dan kafe kekinian dalam satu tempat, suatu konsep yang cukup jarang di Jakarta. Apalagi tempat ini buka selama 24 jam.

Seperti dilansir dari foody.id, Gigabites Eatery terdiri dari empat lantai, dimana lantai satu dan dua adalah kafe, lantai tiga adalah warnet reguler dan lantai empat untuk ruang VIP. Saat saya berkunjung ke sana, suasana cukup ramai, dan ada pekerja yang sedang membuat mural di dinding kafe ini sehingga lebih cantik.

Gigabites Eatery memiliki perangkat yang mumpuni dan speed-nya pun salah satu yang tercepat di wilayah Grogol dengan ping yang rendah. Enaknya lagi, cyber café ini memakai dua koneksi berbeda untuk gaming dan browsing, jadi kalian yang mau streaming tidak terganggu koneksinya oleh yang bermain online game dan sebaliknya.

Ritter’s Cyber Cafe

Pemilik Cyber Cafe ini adalah Ritter Rusli gamer internasional yang sudah 62 kali memenangkan turnamen gaming, antara lain World Gamemaster Tournament (WGT), World Cyber Games (WCG), dan Electronic Sports World Cup (ESWC). Cyber Cafe ini ini didukung pemasok hardware PC dari ASRock, Cooler Master, Sapphire, dan Sennheiser.

Sebagai gamer, Ritter dapat melihat perkembangan gaming. Dikutip dari Jagatreview.com, dia melihat kalau para gamer di luar sana dimanjakan dengan fasilitas yang luar biasa lengkap. Hal tersebut yang membuat gamer di negara-negara tersebut dapat berkembang dengan cepat. Menyadari hal tersebut, Ritter berusaha menghadirkan sebuah cyber cafe dengan fasilitas yang lengkap, baik dari PC yang powerfull dan juga sambungan internet yang cepat.

[Baca Juga : Cafe Favorit untuk Nongkrong di Bogor Jawa Barat]

Ritter’s Cyber Cafe terletak di Jalan Tanjung Duren Utara 3F, Blok C No.92, Jakarta Barat. Terdapat tiga lantai dengan desain yang futuristik di Ritter’s Cyber Cafe. Cafe ini didukung spesifikasi yang tinggi, seperti motherboard H55 dari ASRock, VGA ATI HD4870 dari Sapphire, dan casing HAF922 dari Cooler Master. Cyber Cafe ini juga didukung oleh internet yang menggunakan koneksi fiber optic 100Mbps.

Supernova iCafe

Cyber café ini beralamat di Jalan Tanjung Duren Raya No.1, RT.10/RW.2, Tanjung Duren Utara, Grogol petamburan, Jakarta Barat 11470. Sebagai iCafe yang mengutamakan fasilitas untuk gamers, tempat ini didukung perangkat komputer dan games dari AMD, ASUS, Corsair, dan Sades. Supernova eSport iCafe ini memiliki empat lantai.

Pada lantai dua dan tiga merupakan tempat dimana kita dapat bermain dengan jumlah PC tersedia sebanyak 75 unit. Sisa 12 unit diantaranya berada di ruangan VIP “Ultimate Arena” di lantai 2. Sedangkan untuk lantai satu merupakan lobi dan lantai empat disediakan khusus sebagai boot camp untuk para tim eSport.

Seperti dikutip dari Gadgetren.com, iCafe ini tidak seperti kebanyakan di Indonesia karena sudah mempunyai peralatan berstandar internasional untuk mensimulasikan kompetisi secara nyata. Sebagian besar PC di iCafe yang tidak jauh dari kampus Universitas Trisakti menggunakan spesifikasi prosesor AMD FX 6350 dengan Wraith Cooler dan kartu grafis AMD Radeon RX 460. Jadi dipastikan seluruh PC di tempat ini mampu menjalankan bukan game MOBA saja melainkan game berat sekalipun secara lancar tanpa ada lag.

Read More

Artikel Lainnya

Cegah Covid-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

04 April 2020, 11:00

Lima kelurahan di kawasan Jakarta Timur mengurangi akses keluar-masuk wilayahnya demi mencegah penyebaran COVID-19.

Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah

Bisnis

Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah

04 April 2020, 10:00

Untuk periode April, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat dari kebijakan presiden bagi pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA.

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

Pendidikan

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

03 April 2020, 20:00

J.K Rowling, penulis kisah Harry Potter merilis situs untuk menemani para penggemar saat isolasi diri. Pengunjung dapat membaca banyak artikel, mengerjakan kuis, dan mendengar audiobook Harry Potter.

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

Kuliner

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

03 April 2020, 19:00

Sajian kreasi ayam spesial Dallas Kitchen yang patut untuk Anda cicipi selama #dirumahaja akibat pandemi COVID-19. Meskipun tengah social distancing, makan enak tetap penting.


Comments


Please Login to leave a comment.