Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah

Bisnis

Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah

Bisnis Industri Kecil Menengah (IKM) di Ibu Kota kini terbilang semakin maju. Berbagai jenis usaha mulai dari pakaian hingga kuliner digeluti para pebisnis IKM. Tak terkecuali pebisnis IKM binaan yang memproduksi minuman khas Betawi bir pletok.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Salah satu pelaku IKM binaan yang menyediakan bir pletok sebagai usahanya adalah Ika Hartika (51). Diakui Ika, kini bisnis bir pletoknya terus menggeliat hingga mendapatkan kenaikan omzet setelah usahanya dibina IKM. Demikian sebagaimana dilansir dari beritajakarta.id (20/3/2019)

Bisnis IKM Bir Pletok Cempedak Lestari Capai Omzet Jutaan Rupiah

"Dulu omzetnya hanya Rp500.000 sampai Rp1 juta per bulan. Tapi setelah menjadi pedagang binaan omzetnya mencapai Rp.4 sampai Rp5 juta per bulan," ungkapnya.

Resep cara membuat bir pletok didapatkan Ika dari keluarganya secara turun temurun. Ika juga menjelaskan bir pletok terbuat dari air, jahe besar, jahe kecil, lada, daun jeruk, sereh, buah pala, cengkeh, kapulaga, kayu manis, gula, daun pandan dan kayu secang. Dengan resep yang terbuat dari kandungan tersebut, dia memberanikan diri mengemas dan memasarkan bir pletok untuk dijual sejak tahun 2007.

[Baca Juga: Omzet Penjualan Batik Betawi di Setu Babakan Meningkat]

Awalnya, Ika sempat bingung untuk memasarkan usaha bir pletoknya. Namun diakui Ika omzet usaha yang dirintisnya mulai membuahkan hasil sejak dibina Unit Pengelola (UP) Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Bir pletok yang dijual Ika memiliki tiga kemasan yaitu 600 mililiter dijual seharga Rp25.000, kemasan 500 mililiter Rp22.000 dan kemasan 300 mililiter dijual Rp10.000.

[Baca Juga: Dodol Nyak Mai Dibuat Selama 10 Jam]

Setiap kemasan yang dijual Ika bisa bertahan selama 40 hari untuk botol plastik dengan kondisi belum dibuka. Sedangkan bir pletok dalam botol kaca bisa bertahan tiga bulan. Jika botol bir pletok sudah dibuka, maka hanya bisa tahan semalam satu minggu sebagaimana diutarakan Ika.

Bagi Anda yang menemukan Bir Pletok Cempedak Lestari di pasaran, itulah produk bir pletok yang dihasilkan Ika. Kegunaan minuman khas Betawi ini berkhasiat mengatasi masuk angin, mual, dan perut kembung.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.