Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah

Bisnis

Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah

Bisnis Industri Kecil Menengah (IKM) di Ibu Kota kini terbilang semakin maju. Berbagai jenis usaha mulai dari pakaian hingga kuliner digeluti para pebisnis IKM. Tak terkecuali pebisnis IKM binaan yang memproduksi minuman khas Betawi bir pletok.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Salah satu pelaku IKM binaan yang menyediakan bir pletok sebagai usahanya adalah Ika Hartika (51). Diakui Ika, kini bisnis bir pletoknya terus menggeliat hingga mendapatkan kenaikan omzet setelah usahanya dibina IKM. Demikian sebagaimana dilansir dari beritajakarta.id (20/3/2019)

Bisnis IKM Bir Pletok Cempedak Lestari Capai Omzet Jutaan Rupiah

"Dulu omzetnya hanya Rp500.000 sampai Rp1 juta per bulan. Tapi setelah menjadi pedagang binaan omzetnya mencapai Rp.4 sampai Rp5 juta per bulan," ungkapnya.

Resep cara membuat bir pletok didapatkan Ika dari keluarganya secara turun temurun. Ika juga menjelaskan bir pletok terbuat dari air, jahe besar, jahe kecil, lada, daun jeruk, sereh, buah pala, cengkeh, kapulaga, kayu manis, gula, daun pandan dan kayu secang. Dengan resep yang terbuat dari kandungan tersebut, dia memberanikan diri mengemas dan memasarkan bir pletok untuk dijual sejak tahun 2007.

[Baca Juga: Omzet Penjualan Batik Betawi di Setu Babakan Meningkat]

Awalnya, Ika sempat bingung untuk memasarkan usaha bir pletoknya. Namun diakui Ika omzet usaha yang dirintisnya mulai membuahkan hasil sejak dibina Unit Pengelola (UP) Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Bir pletok yang dijual Ika memiliki tiga kemasan yaitu 600 mililiter dijual seharga Rp25.000, kemasan 500 mililiter Rp22.000 dan kemasan 300 mililiter dijual Rp10.000.

[Baca Juga: Dodol Nyak Mai Dibuat Selama 10 Jam]

Setiap kemasan yang dijual Ika bisa bertahan selama 40 hari untuk botol plastik dengan kondisi belum dibuka. Sedangkan bir pletok dalam botol kaca bisa bertahan tiga bulan. Jika botol bir pletok sudah dibuka, maka hanya bisa tahan semalam satu minggu sebagaimana diutarakan Ika.

Bagi Anda yang menemukan Bir Pletok Cempedak Lestari di pasaran, itulah produk bir pletok yang dihasilkan Ika. Kegunaan minuman khas Betawi ini berkhasiat mengatasi masuk angin, mual, dan perut kembung.

Read More

Artikel Lainnya

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.