Bisnis Kaus Politik Mulai Bergeliat di Pasar Grosir Tanah Abang

Bisnis

Bisnis Kaus Politik Mulai Bergeliat di Pasar Grosir Tanah Abang

Tahun 2019 akan diadakan pemilihan presiden langsung dan pemilihan umum legislatif. Meskipun masih berlangsung pada April 2019 mendatang, tapi kehebohannya telah terasa di pusat-pusat grosir di Jakarta. Misalnya di pasar grosir Tanah Abang. Ramainya tagar 2019 ganti presiden (#2019GantiPresiden) beberapa waktu lalu berperan besar dalam meramaikan bisnis penjualan kaus sablonan. Pedagang yang menjual kaus dengan tulisan #2019GantiPresiden tersebut sempat ramai diserbu pembeli.

Seperti yang dikutip dari DetikFinance (10/09/2018), di Pasar Tanah Abang, sejak Juli 2018 setidaknya ada dua kios penjual pakaian yang tampak masih menjual kaus yang bertuliskan 2019 Ganti Presiden. Salah satu kios yang menjual kaus tersebut adalah Toko A&Me III Blok B Lantai 3. Ada pula toko lainnya yang berlokasi di lantai yang sama. Kaus tersebut dijual dengan berbagai ukuran dengan pilihan warna hitam dan putih. Kaus ini ramai diserbu pembeli di saat tagar 2019 ganti presiden ramai dan menjadi trending di media sosial cukup lama. Hal ini membuat peluang bisnis sendiri bagi pedagang kaus.

[Baca Juga : Berburu Pakaian dengan Harga Terjangkau di Pusat Grosir Cililitan]

Menurut salah satu pemilik kios, May (40), ia menjual kaus tersebut memang sedang ramai dan dapat meningkatkan omzet penjualan. "Saya ikutin aja karena lagi ramai seperti kios lain. Waktu ramai, omzet saya memang naik sampai ada yang membeli lima setengah lusin satu orang," katanya. Ia menambahkan bahwa kaus ini sudah ramai sekitar Februari lalu namun May baru berjualan kaus tersebut sejak sebelum Ramadan.

May mengatakan, saat itu kaus tersebut bisa laku 10 lusin dalam sehari. Harga jualnya untuk satuan lusin dipatok Rp 30 ribu/pcs. Apabila membeli satuan, dihargai Rp 35 ribu. Omzet yang dia raih untuk penjualan kaus #2019GantiPresiden saja saat itu dia bilang pernah mencapai Rp 2 juta dalam sehari. Namun seiring berjalannya waktu, hanya dalam beberapa bulan kaus dengan tagar yang sempat trending di media sosial tersebut hanya laku terjual satu atau dua baju dalam sehari.

May menjelaskan tidak pernah mengetahui siapa saja pembeli yang membeli dagangannya tersebut. Ia mengatakan fokusnya hanya dagangannya bisa laku terjual menyusul adanya peluang bisnis dari ramai perang tagar tersebut. "Yang beli nggak menentu, dan cuma satu-satu," ungkapnya saat menceritakan hasil dagangannya saat ini. Ia menyiapkan stok sekitar 50 lusin untuk kaus bertuliskan #2019GantiPresiden. Saat ini stok tersebut hanya menyisakan sekitar lima lusin saja.

Tak jauh beda dengan May, Yatim yang melayani jasa sablon juga mengatakan bahwa saat tagar tersebut trending di media sosial beberapa waktu lalu, tak hanya pedagang yang memakai jasanya untuk membuatkan tagar tersebut untuk dijual kembali, namun juga ada beberapa komunitas atau organisasi yang ikut memakai jasa Yatim. "Waktu ramai ya memang banyak pedagang ke sini buat mereka jual lagi. Tapi juga ada beberapa organisasi yang bikin di sini. Sengaja buat mereka saja," jelas Yatim.

Tidak hanya kaus bertuliskan tagar 2019 ganti presiden yang ramai, tapi juga hadir kaus bertuliskan tagar 2019 tetap Jokowi (#2019TetapJokowi). Namun May mengungkapkan bahwa penjualan tagar 2019 tetap Jokowi tak seramai penjualan tagar ganti presiden. "Dari awal ramainya #2019GantiPresiden tersebut sampai sekarang, memang yang lebih laku adalah yang ganti presiden tersebut," ungkap May. Ia mengatakan bila kaus bertuliskan tagar 2019 ganti presiden bisa terjual lusinan dalam sehati di saat viralnya, namun hanya satu atau dua saja untuk penjualan kaus dengan tulisan 2019 tetap Jokowi.

[Baca Juga : 6 Taman Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Cempaka Putih]

May dan Yatim serta pedagang kaus sablonan di pasar grosir Tanah Abang menyambut musim pemilu dengan gembira. Tidak lama lagi, para partai politik peserta pemilu akan mulai memesan kaus partai dan membanjiri padagang dengan pesanan mereka.

Read More


Artikel Lainnya

Menengok Penyu Sisik di Penangkaran Pulau Pramuka

Berita Kawasan

Menengok Penyu Sisik di Penangkaran Pulau Pramuka

22 May 2019, 09:00  |  6 Views

Dalam rangka peringatan Hari Penyu Sedunia, mari menengok penyu sisik di penangkaran Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

Kesehatan

Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

22 May 2019, 11:50  |  5 Views

Jika Anda sering mengantuk saat beraktivitas di bulan Ramadan, berikut cara ampuh mengusir rasa kantuk.

Revenue Meningkat Lamudi Buka Kantor Baru di GoWork Pasific Place

Properti dan Solusi

Lamudi Buka Kantor Baru di GoWork Pacific Place

21 May 2019, 11:00  |  9 Views

Dengan dibukanya kantor baru Lamudi.co.id di GoWork, Pacific Place ini merupakan bukti nyata perusahaan terhadap pertumbuhan yang di alami, yakni mencapai 300 persen.

Inilah 6 Bisnis Paling Laris di Bulan Ramadan

Bisnis

Inilah 6 Bisnis Paling Laris di Bulan Ramadan

21 May 2019, 13:00  |  6 Views

Banyak peluang usaha di momen-momen tertentu, seperti saat bulan Ramadan. Apa saja yang menjadi peluang usaha dan bisnis paling laris di bulan suci Ramadan?


Comments


Please Login to leave a comment.