kuliner-menjanjikan.jpg

Bisnis

Bisnis Kuliner di Kota Medan Masih Menjanjikan Meski Pandemi

Dampak pandemi COVID-19 memang banyak memukul sektor usaha di Tanah Air. Namun, demikian masih ada ada beberapa usaha yang tidak terlalu merasakan dampat wabah mematikan tersebut. Seperti usaha kuliner, bisnis ini rupanya masih mempunyai nilai pasar yang masih tetap menjual bagi para pelakunya.

Hal tersebut dikatakan, Syarah Aprilia, salah satu pelaku usaha kuliner rumahan bernama Syarah Kitchen yang ada di Kota Medan. Dia menyebut, masa pandemi disebutnya tidak terlalu berdampak untuk usahanya. "Ya memang adalah sedikit penurunan, tapi tidak terlalu drastis. Karena usahaku kan bidang kuliner, jadi semua orang butuh makan. Apalagi aku membuka usaha di rumah via online. Jadi tidak perlu mikiri biaya sewa toko," katanya kepada PingPoint.co.id, (23/9/2021).

Syarah mengatakan, mengawali karir bisnis kulinernya sejak kuliah tahun 2014 lalu. Sebelumnya, Syarah mengaku bekerja sebagai karyawan asuransi, dan juga property. Dan saat bekerja, dia mengaku pelan-pelan membuat kue-kue untuk dijual seperti untuk acara kantor, wisuda, dll. Namun, penjualan masih via mulut ke mulut.

sarah-kitcen.jpg

"Lama-lama terpikir untuk coba usaha online. Ya udah pelan-pelan dijalani sistem Pre Order (PO). Kenapa dibuat sistem PO, karena aku gak bisa ngerjain tiap hari kan, sementara masih kerja juga dari pagi ke sore. Sorenya kuliah sampai malam. Jadi aku buat PO untuk weekend di Sabtu dan Minggu," jelas wanita berusia 30 tahun tersebut.

Melihat usahanya sudah mulai ramai, apalagi saat ada kegiatan seminar di kampus-kampus. Syarah kemudian memperbanyak item usahanya karena permintaan dari kawan-kawan kuliahnya semakin meningkat. "Apalagi saat musim kegiatan seminar-seminar, sidang di kampus kawan-kawan. Udah langsung pesan aja buat snacbox," sebutnya.

Syarah menambahkan, usai menikah pada tahun 2016, dirinya memutuskan untuk berhenti kerja dan fokus ke Syarah Kitchen. Hal ini dilakukannya agar bisa mengurus anak sambil menjalankan bisnisnya di rumah.

"Jika sebelumnya hanya jualan kue, snack. Tahun 2017 aku sudah mulai melebarkan jenis yang dijual seperti nasi tumpeng, nasi kotak, catering kantor, kue lebaran, kue Natal dan Tahun Baru. Khusus kue-kue kering juga sudah ada reseller-nya," kata Syarah.

[Baca Juga: Ini Tips Aman Agar Bisnis Kuliner Tetap Bertahan Meski Pandemi COVID-19]

Dan pada tahun 2019 hingga sekarang Syarah kembali menambah item makanan seperti dimsum, bakso, kebab dan sebagainya. Dia juga akhirnya menerima reseller untuk frozen food yang ada di luar Kota Medan. "Jadi reseller itu sangat membantu omzet penjualan. Karena mereka juga kan ada syarat minimal belanja supaya dapat harga lebih murah," tandasnya.

Untuk harga sendiri, Syarah mengaku di Syarah Kitchen masih sangat terjangkau. Misal untuk harga kue mulai dari Rp2.000 sampai Rp7.000 per pcs. Untuk tumpeng mulai dari Rp350.000-Rp700.000 per paket. Frozen Food mulai dari Rp25,000-Rp80.000 per box.

Bicara omzet pendapatan, Syarah mengaku bisa mendapatkan omset bekisar Rp3 juta - Rp 5 juta per bulan. Sedangkan, jika menjelang hari besar bisa mencapai Rp15 juta. "Untuk srategi pemasaran sejauh ini hanya online saja dari Instagram, WA. Belum ada toko, bisa dibilang masih rumahan saja. Tapi untuk pengembangan usaha ini juga pakai jasa endorse," pungkasnya.


Read More

Syarah Kitchen

bisnis kuliner

None
None

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.