Bisnis Mi Instan Indomie Berjaya di Turki

Bisnis

Bisnis Mi Instan Indomie Berjaya di Turki

Siapa yang tidak tahu produk mi instan Indonesia, Indomie? Mi instan produk Indofood tersebut memang tidak hanya dikenal masyarakat Indonesia. Sudah sejak lama, Indomie gencar untuk memasuki pasar internasional. Salah satunya adalah di negara Turki. Bahkan, Indomie sudah memiliki pabrik yang didirikan di Turki karena dianggap sudah cukup berhasil menguasai pasar. Keberhasilan Indomie tersebut, mengundang perhatian Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk berkunjung ke pabrik mi instan Indomie di Turki. Karena, kebetulan pada 13 Juli 2019 adalah hari terakhir kunjungannya di negara tersebut.

Mendag dalam kunjungannya ke pabrik Indomie Turki yang berada di zona industri Tekirdag, bertujuan untuk meninjau keberhasilan Indomie yang menguasai pasar mi instan di Turki dengan pangsa pasar 90 persen. Menurutnya, jika sudah mengetahui besarnya pasar di Turki, maka Pemerintah pun akan berupaya mengajak pelaku usaha Indonesia untuk berinvestasi menanamkan modal dan mendirikan pabrik di Turki, seperti Indofood.

Bisnis Mi Instan Indomie Berjaya di Turki

"Keuntungannya, bahan baku tetap diekspor dari Indonesia. Bahan baku Indomie sedikitnya 45 persen disuplai dari Indonesia dengan nilai sekitar USD 20 juta per tahun. Angka ini diharapkan meningkat menjadi dua kali lipat jika Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA) selesai," tuturnya sebagaimana dirilis siaran pers kemendag.go.id (14/7/2019).

Pabrik Indomie di Turki telah beroperasi sejak sembilan tahun. Hingga kini, produk mi instan Indonesia ini telah tersebar di 81 provinsi di Turki. Indomie dapat diperoleh di semua pasar ritel besar maupun kecil di seluruh Turki, serta dijual secara daring. Keberadaan produk mi instan Indomie di Turki merupakan cerita keberhasilan yang patut diapresiasi dan ditiru industri lainnya di Indonesia.

[Baca Juga: FITmee, Alternatif Mi Instan Sehat]

Meski tidak mudah, namun produk mi instan Indomie mampu melewati banyak tantangan yang dihadapi saat pertama memasuki pasar Turki. Tantangan mengenalkan produk mi instan di tengah budaya masyarakat Turki yang dulunya tidak mengenal, dan tidak pernah mengonsumsi mi instan menjadi tantangan terberat bagi perusahaan Adkoturk Gida Sanayi. Perusahaan tersebut merupakan cikal bakal keberhasilan Indomie menguasai pasar di Turki yang didirikan sejak awal tahun 2010.

Adkoturk adalah perusahaan kolaborasi antara Indonesia dan Turki. Awalnya, Adkoturk menjadi distributor produk Indofood yang mengimpor dan menjual produk Indomie. Namun, seiring berjalannya waktu, Adkoturk berhasil membangun kesadaran konsumen dengan gencar melakukan promosi dan pemasaran. Sehingga, mampu meningkatkan omzet penjualan Indomie di Turki.

[Baca Juga: Kemendag Ajak Warga Pantau Harga Barang Pangan]

Menurut General Manager (GM) Indofood Turki Adkoturk Wassim Brinjiki, penjualan Indomie di tahun 2019 naik 10 kali lipat dibandingkan lima tahun sebelumnya. Bahkan, kini Indomie bisa ditemukan di 340 jejaring toko ritel yang ada di seluruh Turki berdasarkan siaran pers dalam laman kemendag.go.id (14/7/2019).

Diharapkan, setelah adanya penyelesaian perundingan IT-CEPA yang akan dilakukan Mendag Indonesia dan Mendag Turki Ruhsan Pekca, bisa meningkatkan daya saing produk Indonesia di Turki. “Penyelesaian perundingan IT-CEPA penting artinya bagi peningkatan daya saing produk Indonesia di Turki. Setelah IT-CEPA selesai tahu ini, saya percaya perdagangan kedua negara akan segera meningkat signifikan dalam waktu dekat,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.