Bisnis Tamanam Hias Bisa Kantongi Keuntungan Puluhan Juta

Bisnis

Bisnis Tamanam Hias Bisa Kantongi Keuntungan Puluhan Juta

Tanaman hias termasuk tanaman yang paling banyak diincar. Tanaman hias bisa diletakkan di dalam rumah maupun di luar rumah dengan beragam cara perawatannya. Dalam urusan memperindah interior rumah, tanaman hias bisa diletakkan dalam rumah bagian mana pun. Manfaat lainnya selain memperindah interior rumah, tanaman hias dalam rumah membuat rumah terasa sejuk dan segar. Tanaman hias juga bisa dijadikan peluang bisnis dengan keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Bisnis Tamanam Hias Bisa Kantongi Keuntungan Puluhan Juta

Seperti para pedagang tanaman hias yang ada di Kelurahan Karang Mulya, Kecamatan Karang Tengah ini mampu mendapatkan penghasilannya Rp12 juta. Padahal, luas lahan yang dipakai mereka tidak mencapai satu hektar. Di luas lahan yang tidak begitu luas tersebut, para pedagang memilih menanam tanaman Kamboja Jepang (Adenium). Walau ada sejumlah tanaman hias lainnya yang mereka jual ke pasaran, peminat tanaman Kamboja Jepang cukup tinggi.

[Baca Juga: 3 Tanaman Hias yang Bantu Ademkan Rumah]

Melansir laman tangerangkota.go.id (10/10/2019), seorang pedagang bernama Bambang Hariyadi mengaku mendapatkan penghasilan puluhan juta yang didapatkannya dengan keuntungan bersih. "Hasil itu sudah bersih. Sudah dipotong ongkos pemeliharaan, listrik, pupuk dan lainnya. Kalau dihitung-hitung, keuntungan dari bertani tanaman hias di sini 100 persen dari modal," jelasnya.

Lahan kosong yang berada di wilayah Kelurahan Karang Mulya ini sudah 15 tahun dijadikan tempat komoditas tanaman hias. Tempat tersebut tidak Bambang saja yang mengolahnya, ia pun ditemani 100 petani lainnya.

[Baca Juga: Minuman Jahe Merah Tangerang Tembus Pasar Hingga Ke Jepang]

Untuk diketahui, tanaman Kamboja Jepang atau lebih dikenal dengan nama adenium cukup tahan terhadap cuaca kering. Asal tanaman ini berasal dari asia barat dan afrika, dengan ukurannya yang kecil sangat cocok ditanam di dalam pot.

Menurut Bambang, permintaan pasar terhadap tanaman hias kamboja jepang cukup tinggi. Dalam satu bulan, dirinya mampu memenuhi pasar màksimal 4.000 pohon. Para pembeli datang dari berbagai daerah. "Umumnya pembeli datang ke sini untuk dijual lagi di kota-kota besar. Selain Jakarta, mereka ada yang dari Serang, Bandung bahkan Malang. Mereka membeli dalam jumlah banyak minimal 100 pohon," beber Bambang.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.