Bisnis Waralaba Indonesia Diharap Bisa Berkembang ke Pasar Global

Bisnis

Bisnis Waralaba Indonesia Diharapa Bisa Berkembang ke Pasar Global

Para pelaku bisnis waralaba Indonesia diharapkan dapat mengembangkan usaha mereka ke pasar global. Hal itu yang menjadi salah satu target gelaran International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC). Target tersebut juga sesuai dengan paparan talk show Chief Executive Officer Asia Wide Franchise Consultant PTE, LTD Albert Kong yang membahas Going International-Important Knowledge dalam gelaran IFRA 2019 pada hari kedua.

Menurut Albert, pelaku waralaba yang ingin mengembangkan usaha ke pasar di luar Indonesia perlu memperhatikan beberapa faktor, antaranya pastikan bahwa usaha tersebut sudah berjalan dengan cukup baik di Indonesia (sound and solid).

Lalu, siapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan fokus mengurusi bisnis di luar negeri tersebut (resources). Terkahir, cari calon franchise yang tepat (partner). Menurut Albert pula, membuka cabang di luar negeri akan mendorong pertumbuhanbisnis dengan cepat.

[Baca Juga: IFRA 2019 Hadirkan Kompetisi IFBCC Untuk Kalangan Mahasiswa]

“Selain itu, franchisor dituntut untuk meningkatkan semua aspek bisnis untuk memenuhi standar di negara tujuan. Rekam jejak bisnis franchisor di Indonesia ikut menentukan berhasil atau tidaknya ekspansi bisnis waralaba di pasar global,” katanya dalam keterangan resminya yang diterima PingPoint.co.id (7/7/2019).

Tidak hanya itu, menurut Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Andrew Nugroho, pebisnis waralaba harus memiliki manajemen yang baik. Ada beberapa indikator yang bisa digunakan calon franchisee untuk mementukan walaraba pilihan.

Dari sisi kualitas, pastikan bahwa franchisor memiliki tim quality control yang membantu franchisee memberikan layanan dan produk yang sesuai dengan standar franchisor. Di sisi keuangan, pastikan franchisor memiliki tim akutansi yang baik. “Sementara dari sisi legalitas, pastikan bahwa franchisor memiliki badan usaha resmi semisal PT atau CV,” katanya Andrew.

[Baca Juga: Pameran Waralaba IFRA 2019 Diikuti 180 Perusahaan]

Aspek legalitas ini juga penting terkait lisensi karena sebuah waralaba sudah pasti mencakup lisensi tetapi lesensi belum tentu waralaba. Lisensi adalah persoalan Hal Kekayaan Intelektual (HKI) yang dimiliki lisensor. Lisensi tidak hanya menyangkut merek atau brand tetapi juga lisensi taknologi, hak paten, perangkat lunak, dan lain-lain.

Oleh sebab itu, hadirnya Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dalam IFRA 2019 ini lisensi di Indonesia dapat diberdayakan dan dikembangkan karena Indonesia kaya dengan inovasi dan kreativitas. “Semoga kehadiran ASENSI sebagai wadah organisasi pertama di Indonesia akan memberdayakan lisensi, khususnya di sektor produk dan jasa di Indonesia,” kata Ketua ASENSI Susanti Widjaya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.