ads
3.jpg

Bisnis

Blok III, Wajah ‘Baru’ Pasar Senen

Pasar Senen yang merupakan pasar tertua di Jakarta, sudah beberapa kali mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Namun, perubahan utama yang akhirnya menjadi wajah ‘baru’ dari Pasar Senen adalah bangunan Blok III. Pasar Senen Blok III berlokasi di RW 3, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, sebenarnya pernah beberapa kali mengalami musibah yang melibatkan si Jago Merah.

Pada 2014, api melalap bangunan tersebut dan menyebabkan perlunya pembangunan ulang oleh PD Pasar Jaya. Proyek renovasi Pasar Senen Blok III dimulai Agustus 2014 yang membutuhkan dana sebesar Rp 300 miliar dengan jangka waktu 2 tahun.

Lahan Pasar Senen Blok III berdiri di tanah seluas 17.086 meter persegi dan luas bangunan 13.582 meter persegi dibangun kembali dengan memiliki tujuh lantai. Sayangnya, lokasi itu pun kembali terbakar pada awal 2017 sehingga pihak pengelola kembali mengadakan revitalisasi hingga resmi dibuka pada akhir Desember 2017.

Jakarta Bisnis mewartakan, Pasar Senen Blok III tercatat memiliki 385 unit tempat usaha di lantai semi-basement los, 553 unit kios di lantai semi-basement kios, 777 unit kios di lantai dasar, 806 kios di lantai satu, 807 unit kios di lantai dua dan 203 kios di lantai tiga.

Harga sewa untuk kios di Pasar Senen Blok III pun beragam. Mulai dari Rp 55.000 hingga Rp 80.000 per meter perseginya yang biaya sewanya dibayar setiap bulannya. Rata- rata, ukuran kios standar yang ditawarkan memiliki ukuran 1 x 2 meter.

Dua kali mengalami kebakaran, pihak pengelola mengambil langkah preventif di Pasar Senen Blok III. Dengan standar bangunan yang diklaim sesuai Standar Nasional Indonesia, bangunan tersebut sudah dilengkapi dengan alat penyiram api atau fire sprinklers, kamera CCTV, hingga hidran.

Walau sudah terlihat modern dan menjadi bagian dari wajah baru Pasar Senen, bangunan Blok III tidak berarti menghadapi jalan yang mulus. Sebab hanya beberapa bulan usai peresmian Pasar Senen Blok III oleh Gubernur Anies Baswedan, sejumlah media Tanah Air mewartakan di sana sempat masih terlihat kios-kios yang masih terlihat kosong. Selain kios yang kosong, Pasar Senen Blok III acap kali mengalami kekurangan jumlah pengunjung bahkan hingga jelang lebaran lalu.

Tidak hanya Blok III, di Blok V dan Blok IV Pasar Senen juga mengalami fenomena yang serupa. Hal ini diungkap oleh Kumparan.com pada Juni 2018. Salah satu pedagang di Pasar Senen menduga bahwa menurunnya omzet di sana dikarenakan maraknya situs jual-beli online dan para pedagang yang memilih untuk berdagang di pinggiran jalan dekat kawasan Pasar Senen.

Namun modernisasi Pasar Senen Blok III sebenarnya sudah selaras dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang membutuhkan “wajah baru” pasar. Pasalnya, image pasar yang sebelumnya banyak diasosiasikan dengan tempat jual-beli yang kotor membuat banyak orang yang cenderung menghindarinya.

Sayur, bumbu masakan, daging hingga keperluan rumah tangga, berjejer dengan teratur di area lantai semi-basement los. Berpindah ke lantai-lantai berikutnya, toko-toko yang ada di Pasar Senen Blok III menawarkan beragam produk fashion, kebutuhan rumah tangga hingga jam tangan yang Anda bisa beli secara grosir.

Dengan kios-kios yang sudah rapih dan penyejuk ruangan, Pasar Senen Blok III dapat menjadi acuan pasar modern. Walau sudah berada di lokasi yang baik dan tertata, sistem tawar-menawar antara penjual dan pembeli yang menjadi khas pasar tradional tetap berlaku di Pasar Senen Blok III.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  11 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads