BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Rob di Wilayah Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Rob di Wilayah Jakarta Utara

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok ada pekan ini memberikan peringatannya kepada warga Jakarta Utara yang tinggal di sekitar pesisir. Pasalnya, BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi terjadinya banjir rob hingga 9 Desember 2021. Dengan setidaknya ada tiga area di Jakarta Utara yang berpotensi merasakan dampak dari banjir rob ini. Situasi ini langsung membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara bergerak.

Peringatan dini ini dikeluarkan pada 1 Desember 2021 yang mengungkapkan potensi banjir rob dapat terjadi akibat adanya aktivitas pasang air laut pada fase bulan baru, peningkatan curah hujan serta potensi angin yang cukup kencang. Akibat tiga aspek ini, BMKG memperkirakan terjadi dinamika di pesisir utara Jakarta sehingga menimbulkan potensi banjir rob. Oleh karena itulah dari 2-9 Desember 2021, masyarakat yang tinggal di sekitar Pademangan, Penjaringan, dan Pelabuhan Sunda Kelapa agar mengantisipasi pasang maksimum dari air laut.

BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Rob di Wilayah Jakarta Utar a.jpg

BMKG memaparkan bahwa puncak air pasang sendiri terjadi di pukul 08.00-12.00 WIB dan bisa berdampak terhadap berbagai kegiatan. Dari mulai transportasi di sekitar area pelabuhan serta pesisir, aktivitas perikanan, sampai bongkar muat di pelabuhan dapat ikut merasakan dampaknya.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim yang menerima peringatan itu juga langsung telah menggerakkan elemen Pemkot Jakarta Utara untuk melakukan langkah antisipasi. “Sudah kita antisipasi dengan semua jajaran termasuk masyarakat baik itu aktivasi, pengecekan pompa, saluran air, dan pintu-pintu air di lokasi yang berpotensi terjadinya banjir rob seperti halnya di wilayah Kecamatan Penjaringan mulai dari Kamal Muara sampai Muara Angke,” sebutnya, sebagaimana dikutip dari utara.jakartago.id (2/12/2021).

[Baca Juga: Rumah Pompa Air Ancol untuk Pencegahan Banjir Rob di Kawasan Wisata]

Ali melanjutkan, bila genangan yang dipicu banjir rob semakin tinggi maka pihaknya langsung mensiagakan jalur evakuasi dan lokasi pengungsian bagi warga. Namun hal ini diharapkan tidak sampai terjadi, oleh karena itulah pintu-pintu air di area yang terdampak akan difungsikan sekaligus memanfaatkan pompa yang disinyalir dapat menekan dampak banjir rob. Walau begitu, ia tetap meminta masyarakat untuk terus waspada sembari terus memperhatikan kabar baru dari BMKG.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.