BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Kurang dari sepekan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat telah mengguyur Jakarta. Kondisi ini diprediksi akan berlangsung hingga akhir Februari 2020.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam sepekan ke depan hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat atau petir akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Deputi Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono R. Prabowo mengatakan hal itu terjadi karena adanya badai tropis Ferdinand yang terdeteksi sejak 24 Februari lalu di Samudera Hindia selatan NTB.

Pemkot Jakarta Timur Siap Hadapi Musim Hujan.jpg

“Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia,” kata Mulyono, dalam siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (25/2/2020).

Badai tropis Ferdinand menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT. “Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku,” kata Mulyono.

[Baca Juga: Genangan di Stasiun Sudirman Mulai Surut dan KRL Kembali Beroperasi]

Akibatnya, hujan dengan intensitas lebat akan terjadi di beberapa wilayah pada periode 25-28 Februari 2020, termasuk Jakarta. Selain itu,wilayah lain yang berpotensi turut dilanda hujan lebat hingga 28 Februari nanti diantaranya yakni Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah ,DI Yogyakarta , Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

BMKG juga mengatakan bahwa labilitas udara cukup kuat yang terjadi di beberapa wilayah, menyebabkan peningkatan konvektifitas skala lokal. Kondisi tersebut terutama terjadi di Pesisir Barat Sumatera, Aceh, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, sebagian besar Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua. Hujan dengan intensitas lebat disertai petir diprediksi akan terjadi di wilayah-wilayah tersebut mulai dari 29-2 Maret 2020.

[Baca Juga: Jalur Tergenangan Air, Sejumlah Layanan Bus Transjakarta Ubah Rute]

Terkait adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG mengimbau agar masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat terjadi seperti banjir, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, jalanan licin, dan tanah longsor. Masyarakat pun juga bisa mengakses informasi terkait prakiraan cuaca melalui sarana yang telah disediakan BMKG seperti website, call center dan media sosial.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.