Bogor Akan Miliki Perpustakaan Galeri Baru yang Lebih Modern

Pendidikan

Bogor Akan Miliki Perpustakaan & Galeri Baru yang Lebih Modern

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bogor awalnya juga digunakan sebagai perpustakaan umum yang bisa digunakan masyarakat Kota Bogor. Perpustakaan umum yang berada di Gelanggang Olahraga (GOR) Padjajaran Kota Bogor ini kurang diminati oleh masyarakat.

Pasalnya, dalam sehari, perpustakaan tersebut hanya menerima pengunjung paling banyak 30 orang. Jumlah tersebut sangat sedikit, dibandingkan jumlah koleksi buku yang dimiliki. Fasilitas di perpustakaan tersebut juga terbilang kurang karena perpustakaan tidak kedap suara, sehingga membuat suara bising terdengar ke dalam.

Namun kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan akan segera membangun Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor yang berlokasi di Eks Gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat.

Bogor Akan Miliki Perpustakaan Galeri Baru yang Lebih Modern

Mengutip dari kotabogor.go.id (31/1/2020), perpustakaan baru ini sudah memasuki proses lelang, jika rencananya berjalan lancar, pembangunan fisik perpustakaan akan selesai pada Oktober 2020. Pembangunan yang memakan waktu tujuh bulan ini akan memakan anggaran sebesar Rp14,5 Miliar untuk bangunan saja.

Wali Kota Bogor Bima Arya menyebutkan, anggaran furnitur dan lainnya akan dilakukan bertahap. Sebagian anggaran furniture diusahakan pada anggaran perubahan dan sisanya dianggarkan pada APBD 2021 dengan total pembiayaan sekitar Rp2,4 Miliar.

[Baca Juga: Dinas Perpustakaan Jakarta Beri Bantuan Buku PAUD di Jakarta Selatan]

Ke depannya, di perpustakaan baru ini akan diperlihatkan segala informasi mengenai Kota Bogor, mulai dari sejarah Bogor dari zaman prasejarah, kerajaan, modern, tak terkecuali cerita wali kota Bogor dari masa ke masa, baik dari bentuk file, foto, video dan film.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bogor Agung Prihanto mengatakan, konsep perpustakaan ini bukan hanya untuk membaca. Tapi akan ada banyak kegiatan komunitas, fasilitas permainan anak-anak tradisional, studio untuk pemutaran video, galeri foto, rooftop di lantai empat perpustakaan, dan rencananya akan ada day care.

[Baca Juga: Dinas Perpustakaan Jakarta Beri Bantuan Buku PAUD di Jakarta Selatan]

"Perpustakaan empat lantai ini akan kami buat senyaman mungkin dengan menghadirkan teknologi digital untuk menarik semua elemen masyarakat berkunjung ke perpustakaan dan galeri ini," ujar Agung.

Menurut Agung, diubahnya eks gedung DPRD menjadi galeri dan perpustakaan bukan tanpa alasan. Pasalnya, kondisi perpustakaan yang berada di GOR Pajajaran sudah tidak lagi representatif. Menurutnya, ruangan membacanya kecil.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.