Bogor Raya Siagakan 85 Check Piont Selama Masa PSBB

Berita Kawasan

Bogor Raya Siagakan 85 Check Piont Selama Masa PSBB

Hari ini, Rabu 15 April 2020 seluruh wilayah di Bogor, Jawa Barat baik itu di Kotamadya maupun di Kabupaten resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemberlakuan kebijakan itu dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona yang menyebabkan pandemi COVID-19.

Untuk menyukseskan kebijakan PSBB di wilayah Bogor Raya, Pemerintah setempat menggandeng institusi seperti Dinas Perhubungan, Polri dan Juga TNI untuk berjaga di beberapa check point. Ada sebanyak 85 check point atau titik pemeriksaan yang tersebar di Bogor Raya. Semuanya akan disiagakan hingga 14 hari ke depan.

Bogor Raya Siagakan 85 Check Piont Selama Masa PSBB

"Di wilayah Polresta Bogor (Kota Bogor) itu ada 10 check point. Kalau di Polres Bogor (Kabupaten Bogor) ada 75 check point. Jadi totalnya 85 check point (di Bogor Raya)," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso.

Nantinya, para petugas yang berjaga di check point akan memberi langkah preventif berupa imbauan kepada masyarakat. Salah satunya terkait physical distancing dan penggunaan masker demi mencegah sebaran Virus Corona. Kemudian, kepada pengendara sepeda motor yang berboncengan yang berbeda domisili, maka orang yang dibonceng akan diminta turun dan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum lain.

[Baca Juga: Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB]

Para petugas juga menargetkan beberapa kendaraan umum yang melintas. Pasalnya, kendaraan umum seperti bus dan juga angkutan umum harus mematuhi aturan tingkat keterisian. Jadi, jumlah penumpang dalam satu kendaraan hanya diperbolehkan 50 persen dari jumlah kapasitas kendaraan.

"Kalau roda dua kan masih boleh yang kendaraan umum itu kapasitas 50 persen. Jadi misalnya kalau kapasitas bus itu 40, ya diisi cukup 20 penumpang. Kalau ada yang lebih ya disesuaikan," tambah Erlangga.

Sanksi Berlaku Mulai Kamis, 16 April 2020

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bogor Dody Wahyudin mengatakan untuk hari pertama pemberlakuan PSBB, para petugas belum memberikan sanksi kepada para pelanggar. Pemberlakuan sanksi baru akan diterapkan mulai Kamis, 16 April 2020.

"Pada hari pertama penerapan PSBB ini masih kita berikan toleransi, tapi mulai besok tidak ada toleransi lagi," ujar Dody.

[Baca Juga: Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19]

Sanksinya kata Dody mulai dari teguran, peringatan, hingga tindak pidana ringan (tipiring). Hal ini sesuai Peraturan Wali Kota Bogor tentang Pelaksanaan PSBB dan Peraturan Menteri Kesehatan tentang PSBB.

Adapun untuk wilayah Kota Bogor, 10 titik lokasi check point tersebut berada di: Simpang Bubulak, Simpang Yasmin, Simpang Pomad, Simpang Tol BORR dan Simpang Terminal Baranangsang. Kemudian sisanya ada di Simpang Batutulis, Simpang Empang, Simpang Gunungbatu, Simpang Air Mancur dan Simpang RSUD Kota Bogor.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com

  • Rine 2 years, 2 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game dupa88 ,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ,net ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>