Bogor Siap Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Diesel

Berita Kawasan

Bogor Siap Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Diesel

Kota Bogor lebih dulu membuat kebijakan mengenai larangan penggunaan kantong plastik di ritel modern dan pusat perbelanjaan sejak 12 Desember 2018. Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Wali Kota Nomor 61 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastik. Kebijakan ini diharapkan mampu mengurangi jumlah sampah kantong plastik yang ada di Kota Bogor. Berdasarkan data yang dimiliki Wali Kota Bogor Bima Arya, jumlah sampah kantong plastik yang dihasilkan dari pusat perbelanjaan mencapai 1,8 ton per hari.

Bogor Siap Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Diesel

Melansir dari kotabogor.go.id (29/1/2020) Pemkot Bogor telah merealisasikan investasi bersama Plastic Energy Limited mengenai fasilitas pengolahan sampah plastik menjadi diesel. Menurut pengakuan Perwakilan Plastic Energy Limited Kirk Evans, pihaknya memiliki teknologi untuk mengubah plastik sekali pakai menjadi solar diesel dengan melalui proses pirolisis.

[Baca Juga: Pengorbanan Dimas Bagus Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar]

Proses pirolisis sendiri merupakan pemanasan plastik pada suhu di atas 4000C tanpa oksigen. Pada suhu tersebut, plastik akan meleleh dan kemudian berubah menjadi gas. Pada saat proses tersebut, rantai panjang hidrokarbon akan terpotong menjadi rantai pendek yang kemudian akan didinginkan sehingga gas akan mengalami kondensasi dan membentuk cairan, yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar diesel.

Bogor Siap Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Diesel

Usai audiensi dengan Bima Arya di Paseban Punta, Balai Kota Bogor, Kirk menyebutkan, plastik sekali pakai yang menjadi bahan dalam pembuatan diesel ini rencananya akan diambil dari plastik di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Galuga. Mengingat semua sampah dibuang ke Galuga. Namun saat ini pihaknya menunggu persetujuan dari Kota dan Kabupaten Bogor untuk membangun pabrik pengolahan di Galuga.

Ia menjelaskan, jika bisa bangun pabrik di Galuga dampaknya akan lebih bagus, karena membuat TPA Galuga menjadi lebih bersih dari plastik dan warga di sekitar Galuga bisa mendapat pekerjaan di pabrik karena tersedia banyak lapangan kerja.

[Baca Juga: Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang]

"Jadi, dana investasi semua dari kami. Pemerintah Kota Bogor tidak perlu keluar biaya yang penting ada komitmen dari ketersediaan sampahnya dan ketersediaan lahan," ujar Kirk.

Pihaknya pun berharap pabrik pengolah solar diesel bisa dibangun tahun ini. Pasalnya Plastic Energy Limited sudah siap untuk segera masuk ke Galuga, termasuk tim pemasaran yang bertugas untuk menjual dieselnya sudah ada. "Saya harap bisa tahun ini dibangun, karena saya sudah janji ke pak wali," sebut Kirk.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 8 months lalu
    kelly

    Pengalaman Baru Bermain Games, Langsung Bertemu Dengan Dealers Hot & Sexy. Yang Pasti Akan Membuat Anda Semakin Bergairah. Serta Dapatkan Penawaran TRIPLE BONUS dari (link: http://QQHarian.info) QQHarian,info Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Info Lanjut Hub CS di WA: +63 9954825268 | Line : qqharian | Kode Referal :8FE83FDE

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,info <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>

  • Kelly 2 years, 8 months lalu
    kelly

    Klaim sekarang juga bonus angpao hanya di dupa88 menangkan kemenangan anda hingga jutaan rupiah sekarang juga, hanya menggunakan 1 account ID dapat bermain di provider yang terbaik, <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>