Bogor Terima Penghargaan Dari Kementrian Hukum dan HAM

Berita Kawasan

Bogor Terima Penghargaan dari Kementrian Hukum dan HAM

Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung merupakan Desa Sadar Hukum yang baru saja mendapatkan penghargaan dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Pemerintah Kabupaten Bogor menerima langsung penghargaan Anubhawa Sasana Desa karena berhasil mengembangkan desa tersebut.

Bukan hanya itu, Kabupaten Bogor juga menerima penghargaan sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Layanan Prima Tahun 2019 dari Gubernur Jawa Barat. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H. Laoly dan Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum kepada Asisten Administrasi Pemerintah Kabupaten Bogor Yous Sudrajat di Gedung Sate, Bandung.

[Baca Juga: Bekaraf Gelar Sosialisai Pendirian Badan Hukum]

Yous berterima kasih kepada kecamatan dan Desa yang sudah berupaya memberikan berbagai pembinaan masyarakat agar sadar hukum. Dirinya sepakat dengan apa yang dikatakan menteri, yaitu mengenai hukum adalah dasar yang konstruktif. Dengan adanya ketaatan terhadap semua regulasi, kedisiplinan akan hadir dengan sendirinya.

"Tentunya saya sangat sepakat yang disampaikan pak menteri. Tanggung jawab semua orang bisa menghargai terhadap regulasi dan mampu laksanakan. Sehingga ada kepastian, ketenteraman, ketertiban semua berjalan kondusif. Itu sebagai modal. Tanpa itu saya pikir pembangunan tidak akan berjalan," sebut Yous.

Berdasarkan lansiran dari bogorkab.go.id (5/12/2019) menurut Yous, yang paling ideal adalah aparatur harus jadi teladan dan memberikan contoh untuk masyarakat. Yous menyebutkan, menegakkan dan menjalankan aturan hukum adalah dasar kegiatan pembangunan kesadaran tanggung jawab yang harus dimiliki semua masyarakat.

[Baca Juga: Sesak Dengan Hiruk Pikuk Jakarta? Yuk, Berwisata Ke 4 Desa Ini]

Camat Megamendung E. Rismawan menambahkan, semua lapisan masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung paham terhadap hukum baik menyangkut pertanahan, perkawinan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), narkoba, perpajakan, pidana maupun perdata, dan masyarakat terlindungi oleh hukum.

Rismawan menyebutkan, pihak camat akan terus melakukan penyuluhan dalam tangka meningkatkan kesadaran hukum dengan menghadirkan narasumber yang respresentatif. Ia juga turut mengajak warga, agar paham dan taat hukum.

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H. Laoly menyebutkan, korelasi kesadaran hukum sangar erat. Semakin tinggi kesadaran hukum masyarakat, negara semakin maju dan berkembang.

"Bisa dilihat contohnya,negara tetangga, Singapura yang terus berkembang karena masyarakatnya taat hukum. Kesadaran hukum di wilayah itu mendidik masyarakatnya agar taat hukum. Seperti membayar pajak, PBB dan sebagainya," kata Yasonna.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 years, 9 months lalu
    octavia

    Yuks bergabung dengan dupa88, Hanya dengan modal 25K saja dapat bermain di banyak permainan dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah , jangan sampai ketinggalan