Booster ASI Hingga Fungsi Otak, Inilah Segudang Manfaat Daun Kelor

Kesehatan

Booster ASI Hingga Fungsi Otak, Inilah Segudang Manfaat Daun Kelor

Kelor merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae dengan nama ilmiah Moringa oleifera. Pohon kelor memiliki ketinggian hingga mencapai 711 meter. Daun kelor berbentuk bulat dengan ukuran kecil yang bersusun dengan majemuk dalam satu tangkai. Berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan, tanaman ini umumnya digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai pangan dan obat tradisional.

Dilansir dari Bidanku.com, tanaman kelor mengandung berbagai zat yang ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan, hingga kecantikan. Tanaman ini mempunyai 90 kandungan zat gizi lengkap, dengan 46 jenis antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya bagian yang sering dimanfaatkan dari pohon kelor yaitu daunnya. Bukan hanya mitos belaka, manfaat daun kelor untuk kesehatan atau pun kecantikan sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

[Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Daun Kelor yang Kaya Manfaat]

Berikut rangkuman PingPoint.co.id (5/9/2019) tentang manfaat daun kelor yang perlu Anda ketahui, seperti :

  • Mengobati Penyakit Kanker

Daun kelor kaya akan kandungan lemak, karotenoid, protein, vitamin C, potasium, zat besi dan nutrisi penting yang lainnya. Dimana zat ini akan dapat mencegah, serta membasmi sel kanker pada tubuh. Selain itu, zat niazimin juga terkandung pada daun kelor yang akan mencegah berkembangnya sel kanker. Antioksidan juga terkandung dalam daun kelor yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, serta antiinflamasi yang akan membantu meredakan peradangan pada kanker. Untuk menangkal kanker, daun kelor bisa dikonsumsi dengan dijadikan sayuran atau air hasil rebusan daun kelor.

  • Kesehatan Mata

Diketahui dalam 100 gram daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A, kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Daun kelor bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, vitamin A, serta zat besi yang akan mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih yang mana secara langsung dapat membantu menjaga sistem imun tubuh.

  • Menjaga Fungsi Otak

Daun kelor memiliki peran sebagai neurotransmitter, serta sebagai senyawa tiroid yang akan mampu menjaga kestabilan psikis. Jika anda mengonsumsi daun kelor dengan teratur akan memperkecil risiko terjadinya depresi atau hal-hal lainnya yang memiliki kaitan dengan kondisi psikis dan mood.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Daun kelor dapat membantu menyehatkan pencernaan. Manfaat daun kelor untuk pencernaan memiliki kaitan erat dengan peran daun kelor sebagai antiinflamasi.

  • Mengatasi Penyakit Kulit

Dalam daun kelor terkandung antiseptik yang dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa diatasi dengan menggunakan daun kelor yaitu gatal-gatal karena alergi, penyakit herpes, kulit bernanah dan luka.

  • Menurunkan Kolesterol

Ekstrak daun kelor dapat menurunkan kolesterol karena peran senyawa bioaktif yang terkandung pada daun kelor, yakni sitosterol. Sitosterol yang disebut juga sebagai beta sitosterol akan meningkatkan fungsi usus dalam penyerapan kolesterol sehingga kadar kolesterol akan turun.

  • Meningkatkan Produksi ASI

Senyawa flavonoid yang terkandung pada daun kelor akan membuat ASI berlimpah. Selain itu, kandungan zat besi yang cukup tinggi akan mencegah ibu menyusui terhindar dari masalah anemia atau kurang darah. Vitamin C yang cukup tinggi terkandung dalam daun kelor yang akan menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui.

Booster ASI Hingga Fungsi Otak, Inilah Segudang Manfaat Daun Kelor

Di Indonesia kelor erat kaitannya dengan hal-hal mistis. Bahkan banyak beredar di tengah-tengah masyarakat tentang mitos daun kelor tersebut. Namun, di samping mitos yang beredar kita patut berbangga karena memiliki tanaman kelor yang kaya akan manfaat, khususnya untuk kesehatan. Selain manfaat kesehatan di atas, masih terdapat banyak kebaikan daun kelor lainnya seperti:

  • Menurunkan gula darah
  • Menambah tenaga
  • Mencegah penyakit hati
  • Mengurangi peradangan
  • Antiracun arsenik
  • Kesehatan tulang
  • Mengobati cacingan
  • Sebagai antioksidan
  • Mengobati arthritis
  • Mengatasi pegal linu

Dari segudang manfaat daun kelor untuk kesehatan dapat membantu atasi masalah yang Anda miliki. Tentunya tak hanya asupan yang harus Anda perhatikan, istirahat dan olahraga juga penting untuk mendukung stamina tubuh Anda.

[Baca Juga: Cara Memasak Daun Kelor Ada di 5 Resep Lezat Ini]

Read More

Artikel Lainnya

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.