Bosan dengan Daun Ini Tanaman Bunga yang Paling Mudah Dirawat

Properti dan Solusi

Bosan dengan Daun? Ini Tanaman Bunga yang Paling Mudah Dirawat

Pandemi membawa banyak orang memulai hobi baru, yaitu bercocok tanam di rumah. Trend tanaman berdaun indah pun semakin menjadi. Ada kalanya Anda bosan dengan daun dan ingin menambahkan tantangan berkebun dengan menanam bunga.

Nah, jenis tanaman bungan yang satu ini bisa Anda coba. Anggrek bulan bisa menjadi tanaman rumahan yang sempurna. Karena, tanaman dengan bunga indah ini bahkan bisa memberi tahu kapan saatnya menyiram. Anggrek bulan yang bernama latin Phalaenopsis pernah menjadi tanaman mahal yang hanya tersedia dalam beberapa warna.

Bosan dengan Daun Ini Tanaman Bunga yang Paling Mudah Dirawat

Beberapa dekade kemudian, anggrek bulan dijual di supermarket dan dapat dengan mudah ditemukan di rumah-rumah. Meningkatnya popularitas anggrek bulan bukan tanpa alasan. Kemampuan tanaman ini dalam beradaptasi dari tumbuhan hutan menjadi tanaman rumahan menjadi faktor penentu.

Berasal dari hutan tropis di kawasan dataran tinggi yang sejuk di Asia Tenggara, anggrek bulan dalam banyak hal merupakan tanaman rumahan yang sempurna, karena mereka pada dasarnya beradaptasi dengan kondisi lingkungan, termasuk tempat tinggal manusia.

[Baca Juga: Segarkan Mata di Taman Anggrek Ragunan]

Dalam hal tingkat cahaya, suhu, dan kelembapan, kebutuhan tanaman ini tidak berbeda jauh dengan manusia. Jadi, dengan faktor-faktor ini secara otomatis terpenuhi dengan memenuhi kebutuhan kita sendiri. Hanya ada tiga hal lain yang perlu diingat agar tidak merusak tanaman ini: air, pupuk, dan pemangkasan.

1) Faktor Air dan Teknik Penyiraman

Menyiram beberapa tanaman bisa jadi rumit karena akarnya tersembunyi dalam pot tertutup media tanam dan sulit untuk mengukur berapa banyak air yang mereka butuhkan. Tidak demikian halnya dengan anggrek. Bahkan mereka akan memberi tahu Anda apa yang mereka butuhkan dengan mengubah warna.

Sebagai pedoman umum, jika daunnya hijau, berarti mereka bahagia. Jika berwarna perak atau putih, mereka butuh minum, terutama jika agak berkerut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencelupkan pot ke dalam wastafel atau mangkuk berisi air selama satu atau dua menit lalu tiriskan secara menyeluruh.

Bosan dengan Daun Ini Tanaman Bunga yang Paling Mudah Dirawat

Jika warna akar coklat, itu tandanya busuk karena terlalu banyak air. Pangkas area yang terkena dan lanjutkan seperti biasa. Ada beberapa pembicaraan internet tentang penggunaan es batu, yang merupakan kesalahpahaman budaya. Ini adalah teknik yang digunakan di dataran rendah tropis untuk mendinginkan zona akar spesies dataran tinggi ini, yang diduga mendorong pembungaan.

2) Pemberian Pupuk

Bagaimana dengan pupuk? Ada banyak saran mengenai hal ini. Menurut kolom Gardening James Wong di theguardian.com (30/12/2020), anggrek bulan tidak membutuhkan banyak pupuk. Pemilik akun Twitter @Botanygeek ini menyarankan, "Bagi saya cukup hanya menambahkan pupuk anggrek cair berkekuatan setengah pada setiap penyiraman, untuk pemberian sepanjang tahun."

3) Teknik Pemangkasan

Ada pendapat yang berbeda tentang hal ini karena tanaman berbunga ini memang mampu menghasilkan cabang lateral kecil berbunga dari cabang kering setelah sesi penyiraman. "Namun, menurut saya cabang yang tumbuh menyamping bisa terlihat sedikit berantakan, menghasilkan bunga yang jauh lebih kecil, yang merusak arsitektur elegan dari genus ini," kata Wong. Dia menyarankan untuk memotong batang yang akan berbunga itu setinggi permukaan tanah. Teknik ini akan mendorong produksi cabang bunga baru yang akan memberi banyak bunga lebih besar tetapi juga terbentuk lebih baik.

Selain tiga hal di atas, tidak ada lagi yang bisa ditambahkan dalam hal merawat tanaman yang mudah beradaptasi dan dan sering berbunga ini. Itulah alasan mengapa anggrek bulan semakin banyak ditemui di mana-mana.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.