Bosan Nonton Film Box Office Kineforum Tayangkan Film-film Alternatif

Hobi dan Hiburan

Bosan Nonton Film Box Office? Kineforum Putar Film-film Alternatif

Banyak film bermutu yang tidak bertahan di bioskop umum karena sepi penonton dan kalah dari gencarnya promosi film box office Hollywood. Bagi Anda yang menggemari film-film alternatif, Kineforum adalah jawabannya. Di bioskop kecil yang berlokasi di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat ini, film-film pemenang penghargaan diputar dengan jadwal tertentu.

Jadwal pemutaran film biasanya dibuat per bulan dengan mengangkat tema-tema tertentu. Ambil contoh bulan Juni ini, Kineforum telah menyiapkan tiga program dan sebuah rangkaian film festival.

[Baca Juga: Taman Ismail Marzuki Segera Rayakan Ulang Tahun Emas]

  1. Reka Suara: Khikmawan Santosa, program yang berlangsung 14-16 Juni ini menampilkan karya-kaya yang menjadi tonggak karir almarhum Khikmawan Santosa sebagai maestro tata suara di jagad film Indonesia. Film yang ditayangkan antara lain A Copy of My Mind (Joko Anwar, 2015), Kucumbu Tubuh Indahku (Garin Nugroho, 2018), Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Mouly Surya, 2017), dan Kala (Joko Anwar, 2007).
  2. Retrospektif: Sjuman Djaya, program yang berlangsung 17-20 Juni ini merupakan bentuk penghormatan kepada sineas asli Betawi, sutradara Indonesia yang berani membuat film yang kental dengan muatan sosial. Kineforum menayangkan empat film penting garapan Sjuman Djaya, yaitu Atheis (1974), Kabut Sutra Ungu (1979), Opera Jakarta (1985), dan Si Mamad (1973).
  3. Warna. Nada. Skena. Program ini merupakan penjelajahan seluk beluk kehidupan para musisi di Indonesia dan Asia Tenggara dengan menampilkan 7 film dokumenter dan satu sesi diskusi mengenai seluk-beluk, budaya, serta pergolakan sosial politik di sekitar yang mempengaruhi eksistensi keseharian skena musik di Indonesia dan Asia Tenggara (Singapura, Myanmar, dan Kamboja).
  4. Spanish Film Festival 2019, program sajian pilihan sinema asal negeri matador siap menanti Anda. Untuk jadwal festival ini masih belum diplublikasikan oleh Kineforum. Anda bisa terus memantau sosial media Kineforum agar bisa mendapatkan jadwal lengkapnya.

Bosan Nonton Film Box Office Kineforum Tayangkan Film-film Alternatif

Komite Film Dewan Kesenian Jakarta

Kineforum adalah program dari Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) yang dimulai di tahun 2006. Ruang bioskop mini Kinoforum tercipta atas kerjasama antara DKJ dengan UP PKJ dan jaringan bioskop XXI. Ruang yang dikelola tim Komite Film DKJ ini bukan hanya menawarkan penayangkan film-film alternatif, tapi juga berbagai diskusi tentang film yang menampilkan berbagai nara sumber yang kompeten di bidangnya.

[Baca Juga: Pilihan Hotel Dekat Taman Ismail Marzuki]

Film-film yang diputar mulai dari film klasik maupun kontemporer, film panjang maupun pendek, film luar maupun dalam negeri, film non arus utama maupun arus utama. Pemutaran dilakukan dalam ruangan yang memenuhi standar teknis bioskop profesional dengan tata suara yang memadai. “Kami berusaha maksimal untuk memutar film dengan kualitas teknis terbaik dengan segala keterbatasan kami, seperti luas ruang dan kapasitas penonton,” demikian yang tertulis dalam halaman resmi situs Kineforum (13/6/2019). Adapun kapasitas bioskop ini adalah 45 orang.

Prinsip dasar kineforum dalam hal teknis dan pengelolaan adalah dengan memastikan perijinan dan kesepakatan antar pembuat film dan kami selaku pemutar, agar semua pihak sama-sama mendapat manfaat. “Dari kesepakatan saling manfaat ini, kami menyajikan film-film kepada Anda dengan sejumlah donasi wajib. Separuh dari donasi wajib ini kami gunakan untuk biaya operasional, dan separuhnya lagi untuk pihak pemilik film,” demikian disampaikan dari sumber yang sama.

[Baca Juga: Seperti Serial Marvel, Tokoh Pewayangan Segera Dibuat Film]

Artinya, dengan menikmati tontonan yang ditawarkan dalam program Kineforum Anda telah berkontribusi langsung terhadap kelangsungan kehidupan perfilman, khususnya perfilman Indonesia. Adapun tata cara untuk menonton film di Kinoforum sebagai berikut:

  • Pemutaran film di Kineforum terbuka untuk umum dengan donasi sebesar Rp20.000 per kursi (kecuali dalam pemutaran khusus)
  • Kineforum hanya menyediakan tiket sesuai dengan kapasitas, yaitu 45 kursi
  • Pengambilan tiket tanda masuk dapat diambil satu jam sebelum pemutaran dimulai, tanpa reservasi. Satu orang hanya mendapatkan satu tiket, tidak dapat mewakilkan ataupun diwakilkan.

Mari dapatkan pengalaman baru lewat pilihan film di Kineforum, memperluas wawasan sekaligus berpartisipasi aktif dalam mendukung langsung perfilman Indonesia dan dunia!


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.