BPBD Jogja Bagikan Lebih dari 140 Ribu Masker Kain Gratis

Berita Kawasan

BPBD Jogja Bagikan Lebih dari 140.000 Masker Kain Gratis

Beberapa waktu ke belakang Kota Yogyakarta aktif menyebarkan masker gratis untuk masyarakat. Seperti kegiatan yang dibagikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta yang sudah berhasil mendistribusikan masker kain kepada masyarakat sebanyak 140.700 buah melalui kecamatan dan diteruskan pembagiannya ke setiap RT.

Pendamping Penanggulangan Bencana (PB), BPBD Kota Yogyakarta Suyatman mengatakan belum semua masker bantuan dari pemerintah kota Yogyakarta dibagikan kepada masyarakat. Bantuan yang sudah berhasil dibagikan itu, baru disebar ke tujuh kecamatan di Jogja, yaitu Tegalrejo, Umbulharjo, Gondokusuman, Kotagede, Gedongtengen, Tegalrejo, dan Danurejan.

BPBD Jogja Bagikan Lebih dari 140 Ribu Masker Kain Gratis

Melansir dari kotajogja.go.id (14/5/2020) Suyatman melanjutkan, pembagian masker tetap akan dilakukan di tujuh kecamatan lainnya yang belum mendapatkan bantuan masker kain dari pemerintah Kota Yogyakarta, yaitu sebanyak 103.000 masker kain.

Kepala BPBD Kota Yogya Hari Wahyudi mengatakan pihak BPBD tidak melakukan distribusi Alat Pelindung Diri (APD), tugas BPBD hanya mencatat bantuan yang didapatkan. Menurutnya, bantuan tadi kebanyakan langsung diberikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Sehingga setelah OPD menerima bantuan, kemudian OPD bisa memberikan laporannya ke BPBD.

[Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Gandeng Penjahit Bagikan 200.000 Masker Kain]

Ia mengatakan hingga saat ini sudah banyak OPD yang mendapatkan bantuan APD dari pihak ketiga, namun data yang masuk ke BPBD belum secara keseluruhan. Saat ini di BPBD Kota Yogyakarta terdapat ratusan APD mulai dari pakaian hazmat, pelindung muka, sarung tangan, dan juga pelindung badan. Namun ratusan bantuan tersebut nantinya kemungkinan besar akan digunakan oleh pihak BPBD.

"Kemungkinan akan kita gunakan, misalnya saja digunakan untuk saat menguburkan pasien COVID-19," ujar Hari.

Bantuan APD yang saat ini masih dimiliki BPBD belum dibagikan kepada OPD yang membutuhkan lantaran pihaknya belum mengetahui apakah APD yang didapat sudah sesuai dengan standar kesehatan COVID--19 atau belum. Sehingga pihaknya masih menunggu uji kualitas dari beberapa pihak terkait.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.