Apindo Surakarta Minta Tinjau Ulang Kenaikan BPJS Kesehatan

Kesehatan

BPJS Kesehatan Medan Seleksi Faskes

BPJS Kesehatan wilayah Medan melakukan seleksi fasilitas kesehatan yang ingin menjalin kerja sama melalui proses kredensialing dan rekredensialing. “Sedang proses (rekredensialing). Kalau ada FKTP yang mau mengajukan kerja sama juga akan kami proses (kredensialing),” Kepala BPJS Kesehatan Medan Kepala BPJS Kesehatan cabang Medan Sari Quratul Ainy, (13/10/2021).

Disebutkannya, proses rekredensialing dilakukan kepada Faskes yang sudah atau ingin melanjutkan kerjasama di 2022. Proses tersebut sedang berjalan. “Faskes yang melanjutkan kerjasama juga di rekredensialing, nanti perjanjian kerjasamanya dilakukan Desember 2021. Dalam proses rekredensialing ini juga ada penilaian lulus dan tidaknya,” ungkapnya.

Sedangkan proses kredensialing dilakukan terhadap Faskes yang baru mau mengajukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Disebutkannya, sampai saat ini ada 7 Faskes tingkat lanjutan atau rumah sakit yang mengajukan kerja sama.

bpjs-kesehatan-medan.jpg

“7 Faskes ini dalam proses kredensialing semua, namun tahapannya beda-beda. Ada yang sudah melakukan penandatanganan PKS (perjanjian kerja sama), ada yang masih mempelajari PKS, ada yang tahap assessment, melengkapi dokumen dan sebagainya,” pungkasnya Sari.

Ketentuan seleksi Faskes melalui kredensialing dan rekredensialing ini telah diselaraskan dengan PP Nomor 47 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 14 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kesehatan.

[Baca Juga: Begini Cara BPJS Kesehatan Agar Buat Peserta Patuh Bayar Iuran]

“Salah satu komitmen BPJS Kesehatan adalah memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas, profesional, dan memuaskan. Oleh karena itu, sebagai bentuk kepatuhan dalam regulasi, proses Faskes ini mutlak dilakukan dan wajib dipenuhi oleh faskes yang akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” tegasnya.

Sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya perijinan, ijin praktik tenaga medis, akreditasi dan Nomor Pengguna Wajib Pajak (NPWP) Faskes. Sementara, kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan untuk menyeleksi faskes yang bekerja sama antara lain sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten) dan lingkup pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana (termasuk sarana tempat tidur), sistem, prosedur dan administrasi, serta evaluasi kerja sama (untuk rekredensialing).


Read More

Artikel Lainnya

1.jpg

Hobi dan Hiburan

Nuansa Natural di Pemandian Sumber Demoon Malang

26 October 2021, 19:03

Obyek wisata Sumber Demoon berlokasi di Jl. Simpang Anggodo, Lowoksuruh, Pusun Jabon, Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang.

IMG_26102021_071120_(1100_x_600_piksel).jpg

Hobi dan Hiburan

Pemandu Acara di Medan Terkena Dampak Saat Pandemi

26 October 2021, 17:03

Otomatis mempengaruhi penghasilannya dari nge-MC. Meski demikian, ia bersyukur karena ada acara-acara yang digelar webinar,

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.


Comments


Please Login to leave a comment.