DUREN SAWIT-KESEHATAN-BPJS SEPAKATI KERJASAMA UNTUK RSUD YANG BELUM AKREDITASI DENGAN SYARAT-YAKUB-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

BPJS Sepakati Kerjasama Bersyarat untuk RSUD yang Belum Akreditasi

Banyak media yang memberitakan tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang menghentikan sementara kerjasamanya dengan tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta. Dijelaskan bahwa alasan pemberhentian kerjasama itu karena akreditasi. Tiga rumah sakit yang dimaksud ialah RSUD Kebayoran Lama yang terletak di Jakarta Selatan, RSUD Cipayung di Jakarta Timur, dan RSUD Jati Padang di wilayah Jakarta Selatan.

[Baca Juga: RSUD Matraman Luncurkan Layanan Khusus Penderita Tuberkulosis]

Dilansir dari bpjs-kesehatan.go.id (9/1/2019), menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Khafifah Any, RSUD Cipayung hingga saat ini masih menunggu kredensial atau pengesahan dari pihak PBJS. Sementara dua RSUD lainnya masih tertunda akibat akreditasi. Khafifah mengatakan adanya kerjasama tertunda dengan pihak RSUD sesuai surat dari Kementerian Kesehatan pada tanggal 31 Desember 2018, yang menyatakan untuk sementara tiga RSUD tidak diperpanjang karena belum akreditasi.

“Pada Senin (7/1/2019), kami akan perbaiki yang tertunda. Selebihnya kami hentikan sementara hingga tanda tangan dari kedua belah pihak,” Khafifah menjelaskan.

Penuhi Syarat

Namun, Anda yang berada di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur tak perlu khawatir. Direktur BPJS Fachmi Idris dan Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek, telah menyepakati perpanjangan kerjasama dengan pihak rumah sakit yang belum terakreditasi dengan beberapa syarat.

Seperti telah tercantum dalam surat perjanjian kerjasama sebelumnya, seluruh rumah sakit di Indonesia diwajibkan untuk melakukan akreditasi sebagai salah satu langkah perlindungan pasien. Kewajiban tersebut sudah diamanatkan dalam UU Rumah Sakit bahwa RS wajib akreditasi secara berkala. Inilah yang juga menjadi landasan kerjasama BPJS dengan rekanan RS di seluruh Indonesia.

[Baca Juga: 19 RS di Depok Masih Bekerjasama dengan BPJS Kesehatan]

Menkes Nila menerangkan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan dua surat rekomendasi perpanjangan kontrak kerjasama bagi rumah sakit yang belum terakreditasi. Surat ini bisa dikeluarkan bila pihak rumah sakit mau memberikan komitmen untuk melakukan akreditasi sampai dengan 30 Juni 2019. Dengan menyetujui syarat ini, kerjasama pihak BPJS dan RSUD bisa kembali terjalin dan tentunya pasien pun akan diuntungkan. Warga Jakarta pun bisa kembali mendapatkan layanan-layanan di tiga rumah sakit tersebut di atas dengan jaminan BPJS.

Read More

Artikel Lainnya

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

Berita Kawasan

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

08 August 2020, 15:00

Para Kolaborator ini bergotong royong menyiapkan platform dengan berbagai materi audio visual menarik untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta masyarakat Indonesia pada hutan.

Bangkitkan Semangat Belajar di Rumah, Pemkot Depok Beri Penghargaan

Pendidikan

Kemendikbud Siapkan Kurikulum Darurat dengan 2 Komponen untuk PJJ Masa Pandemi COVID-19

08 August 2020, 09:15

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan pihaknya sudah menyusun kurikulum darurat untuk situasi pandemi COVID-19.

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020

07 August 2020, 19:00

Menpora sangat mendukung usaha Garena Indonesia dalam mencari bibit eSport Tanah Air melalui turnamen Free Fire Fall Season 2020.

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air.jpg

Pendidikan

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air

07 August 2020, 18:00

Dari mulai warga sampai Pemkot Jakarta Utara sudah mulai bergerak untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.