DUREN SAWIT-KESEHATAN-BPJS SEPAKATI KERJASAMA UNTUK RSUD YANG BELUM AKREDITASI DENGAN SYARAT-YAKUB-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

BPJS Sepakati Kerjasama Bersyarat untuk RSUD yang Belum Akreditasi

Banyak media yang memberitakan tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang menghentikan sementara kerjasamanya dengan tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta. Dijelaskan bahwa alasan pemberhentian kerjasama itu karena akreditasi. Tiga rumah sakit yang dimaksud ialah RSUD Kebayoran Lama yang terletak di Jakarta Selatan, RSUD Cipayung di Jakarta Timur, dan RSUD Jati Padang di wilayah Jakarta Selatan.

[Baca Juga: RSUD Matraman Luncurkan Layanan Khusus Penderita Tuberkulosis]

Dilansir dari bpjs-kesehatan.go.id (9/1/2019), menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Khafifah Any, RSUD Cipayung hingga saat ini masih menunggu kredensial atau pengesahan dari pihak PBJS. Sementara dua RSUD lainnya masih tertunda akibat akreditasi. Khafifah mengatakan adanya kerjasama tertunda dengan pihak RSUD sesuai surat dari Kementerian Kesehatan pada tanggal 31 Desember 2018, yang menyatakan untuk sementara tiga RSUD tidak diperpanjang karena belum akreditasi.

“Pada Senin (7/1/2019), kami akan perbaiki yang tertunda. Selebihnya kami hentikan sementara hingga tanda tangan dari kedua belah pihak,” Khafifah menjelaskan.

Penuhi Syarat

Namun, Anda yang berada di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur tak perlu khawatir. Direktur BPJS Fachmi Idris dan Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek, telah menyepakati perpanjangan kerjasama dengan pihak rumah sakit yang belum terakreditasi dengan beberapa syarat.

Seperti telah tercantum dalam surat perjanjian kerjasama sebelumnya, seluruh rumah sakit di Indonesia diwajibkan untuk melakukan akreditasi sebagai salah satu langkah perlindungan pasien. Kewajiban tersebut sudah diamanatkan dalam UU Rumah Sakit bahwa RS wajib akreditasi secara berkala. Inilah yang juga menjadi landasan kerjasama BPJS dengan rekanan RS di seluruh Indonesia.

[Baca Juga: 19 RS di Depok Masih Bekerjasama dengan BPJS Kesehatan]

Menkes Nila menerangkan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan dua surat rekomendasi perpanjangan kontrak kerjasama bagi rumah sakit yang belum terakreditasi. Surat ini bisa dikeluarkan bila pihak rumah sakit mau memberikan komitmen untuk melakukan akreditasi sampai dengan 30 Juni 2019. Dengan menyetujui syarat ini, kerjasama pihak BPJS dan RSUD bisa kembali terjalin dan tentunya pasien pun akan diuntungkan. Warga Jakarta pun bisa kembali mendapatkan layanan-layanan di tiga rumah sakit tersebut di atas dengan jaminan BPJS.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.