DUREN SAWIT-KESEHATAN-BPJS SEPAKATI KERJASAMA UNTUK RSUD YANG BELUM AKREDITASI DENGAN SYARAT-YAKUB-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

BPJS Sepakati Kerjasama Bersyarat untuk RSUD yang Belum Akreditasi

Banyak media yang memberitakan tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang menghentikan sementara kerjasamanya dengan tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta. Dijelaskan bahwa alasan pemberhentian kerjasama itu karena akreditasi. Tiga rumah sakit yang dimaksud ialah RSUD Kebayoran Lama yang terletak di Jakarta Selatan, RSUD Cipayung di Jakarta Timur, dan RSUD Jati Padang di wilayah Jakarta Selatan.

[Baca Juga: RSUD Matraman Luncurkan Layanan Khusus Penderita Tuberkulosis]

Dilansir dari bpjs-kesehatan.go.id (9/1/2019), menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Khafifah Any, RSUD Cipayung hingga saat ini masih menunggu kredensial atau pengesahan dari pihak PBJS. Sementara dua RSUD lainnya masih tertunda akibat akreditasi. Khafifah mengatakan adanya kerjasama tertunda dengan pihak RSUD sesuai surat dari Kementerian Kesehatan pada tanggal 31 Desember 2018, yang menyatakan untuk sementara tiga RSUD tidak diperpanjang karena belum akreditasi.

“Pada Senin (7/1/2019), kami akan perbaiki yang tertunda. Selebihnya kami hentikan sementara hingga tanda tangan dari kedua belah pihak,” Khafifah menjelaskan.

Penuhi Syarat

Namun, Anda yang berada di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur tak perlu khawatir. Direktur BPJS Fachmi Idris dan Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek, telah menyepakati perpanjangan kerjasama dengan pihak rumah sakit yang belum terakreditasi dengan beberapa syarat.

Seperti telah tercantum dalam surat perjanjian kerjasama sebelumnya, seluruh rumah sakit di Indonesia diwajibkan untuk melakukan akreditasi sebagai salah satu langkah perlindungan pasien. Kewajiban tersebut sudah diamanatkan dalam UU Rumah Sakit bahwa RS wajib akreditasi secara berkala. Inilah yang juga menjadi landasan kerjasama BPJS dengan rekanan RS di seluruh Indonesia.

[Baca Juga: 19 RS di Depok Masih Bekerjasama dengan BPJS Kesehatan]

Menkes Nila menerangkan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan dua surat rekomendasi perpanjangan kontrak kerjasama bagi rumah sakit yang belum terakreditasi. Surat ini bisa dikeluarkan bila pihak rumah sakit mau memberikan komitmen untuk melakukan akreditasi sampai dengan 30 Juni 2019. Dengan menyetujui syarat ini, kerjasama pihak BPJS dan RSUD bisa kembali terjalin dan tentunya pasien pun akan diuntungkan. Warga Jakarta pun bisa kembali mendapatkan layanan-layanan di tiga rumah sakit tersebut di atas dengan jaminan BPJS.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.