BPRD Jakarta Selatan Gelar Sosialisasi Toska Kepada Para Pengusaha

Bisnis

BPRD Jakarta Selatan Gelar Sosialisasi Toska Kepada Para Pengusaha

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan melalui Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah menggelar sosialisasi Tax Online System of Jakarta (Toska) di Ruang Sebaguna Kantor Wali Kota Adminitrasi Jakarta Selatan yang diikuti sekitar 300 pengusaha.

Kepala Suku Badan dan Retribusi Daerah Jakarta Selatan Yuspin Dramatin mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk menerapkan sistem online di tempat-tempat usaha agar terwujudnya transparansi dalam pemungutan pajak hotel, restoran, dan hiburan khususnya di wilayah Jakarta Selatan. “Memberikan pengetahuan dan pemahaman perpajakan daerah terkait pembayaran pajak dan pelaporan pajak dengan sistem online,” katanya seperti dikutip dari selatan.jakarta.go.id (8/8/2019).

[Baca Juga: Pelayanan Pajak Keliling Malam Hari di Taman Jajan Bintaro]

Yuspin juga menerangkan, penerapan sistem online dilakukan sebagai bagian dari pelayanan pemerintah kepada para pengusaha untuk mempermudah dalam tata kelola pencatatan transaksi mulai dari pembayaran dan pelaporan.

Dengan adanya kemudahan sistem online ini, Wajib Pajak tidak perlu lagi datang untuk melaporkan usahanya tersebut ke instansi pajak dan retribusi. Cukup dengan sistem online yang diterapkan, pihaknya bisa melihat.

Tidak hanya itu, Wajib Pajak juga bisa melihat besarnya pajak yang terpungut per kolektif di tempat usaha-usaha tersebut. “Sehingga pemilik bisa memonitor kondisi usahanya terkait dengan revenue dan omzetnya,” ujar Yuspin Dramatin.

[Baca Juga: Gubernur DKI Luncurkan Sistem Bayar Belanja & Pajak Online]

Dirinya juga berharap, para pengusaha ini dapat mengoneksikan sistem yang telah mensosialisasikan dengan pemerintah dalam hal ini Bank DKI. Dengan begitu, ke depannya tidak lagi ada para Wajib Pajak melaporkan secara manual.

Kepala BPRD DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan, Toska perlu diketahui Wajib Pajak untuk memudahkan mereka dalam pembayaran pajak. Melalui program ini, Wajib Pajak bisa langsung memasukkan Nomor Objek Pajak Daerah (NOPD) di https://toska.bankdki.co.id. “Kita tingkatkan sosialisasi Toska ini ke seluruh wilayah. Nanti para wali kota dapat mensosialisasikan hingga ke tingkat kelurahan,” ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.