BPRD Jakarta Selatan Gelar Sosialisasi Toska Kepada Para Pengusaha

Bisnis

BPRD Jakarta Selatan Gelar Sosialisasi Toska Kepada Para Pengusaha

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan melalui Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah menggelar sosialisasi Tax Online System of Jakarta (Toska) di Ruang Sebaguna Kantor Wali Kota Adminitrasi Jakarta Selatan yang diikuti sekitar 300 pengusaha.

Kepala Suku Badan dan Retribusi Daerah Jakarta Selatan Yuspin Dramatin mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk menerapkan sistem online di tempat-tempat usaha agar terwujudnya transparansi dalam pemungutan pajak hotel, restoran, dan hiburan khususnya di wilayah Jakarta Selatan. “Memberikan pengetahuan dan pemahaman perpajakan daerah terkait pembayaran pajak dan pelaporan pajak dengan sistem online,” katanya seperti dikutip dari selatan.jakarta.go.id (8/8/2019).

[Baca Juga: Pelayanan Pajak Keliling Malam Hari di Taman Jajan Bintaro]

Yuspin juga menerangkan, penerapan sistem online dilakukan sebagai bagian dari pelayanan pemerintah kepada para pengusaha untuk mempermudah dalam tata kelola pencatatan transaksi mulai dari pembayaran dan pelaporan.

Dengan adanya kemudahan sistem online ini, Wajib Pajak tidak perlu lagi datang untuk melaporkan usahanya tersebut ke instansi pajak dan retribusi. Cukup dengan sistem online yang diterapkan, pihaknya bisa melihat.

Tidak hanya itu, Wajib Pajak juga bisa melihat besarnya pajak yang terpungut per kolektif di tempat usaha-usaha tersebut. “Sehingga pemilik bisa memonitor kondisi usahanya terkait dengan revenue dan omzetnya,” ujar Yuspin Dramatin.

[Baca Juga: Gubernur DKI Luncurkan Sistem Bayar Belanja & Pajak Online]

Dirinya juga berharap, para pengusaha ini dapat mengoneksikan sistem yang telah mensosialisasikan dengan pemerintah dalam hal ini Bank DKI. Dengan begitu, ke depannya tidak lagi ada para Wajib Pajak melaporkan secara manual.

Kepala BPRD DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan, Toska perlu diketahui Wajib Pajak untuk memudahkan mereka dalam pembayaran pajak. Melalui program ini, Wajib Pajak bisa langsung memasukkan Nomor Objek Pajak Daerah (NOPD) di https://toska.bankdki.co.id. “Kita tingkatkan sosialisasi Toska ini ke seluruh wilayah. Nanti para wali kota dapat mensosialisasikan hingga ke tingkat kelurahan,” ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.