Brain Gym Senam Otak Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Pendidikan

Brain Gym : Senam Otak Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Proses belajar, berpikir, kreatifitas dan kecerdasan sesungguhnya tidak hanya melibatkan otak tetapi juga seluruh tubuh. Sensasi, gerakan, emosi dan fungsi integrasi otak semua bersumber pada tubuh kita. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang bisa menghubungkan akal dan tubuh.

Pada awalnya, brain gym atau yang biasa lebih dikenal dengan senam otak dimanfaatkan untuk orang yang mengalami Attention Deficit Disorder (ADD), hiperaktif, sulit konsentrasi dan hilang fokus, sampai depresi. Brain gym dipercaya dapat menyembuhkan kesulitan-kesulitan yang dapat dilakukan otak.

Brain Gym Senam Otak Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Brain Gym atau Senam otak adalah latihan yang merupakan kumpulan gerakan-gerakan sederhana yang bertujuan menghubungkan akal dan tubuh. Senam otak merupakan suatu ilmu yang mempelajari gerakan tubuh dan hubungan antara otot dan postur terhadap fungsi otak. Gerakan-gerakan tertentu diyakini penting untuk perkembangan otak manusia, sebagai bagian dari keseluruhan teori kecerdasan ganda. Aktivitas brain gym membutuhkan kinerja dari otak kiri, otak kanan, bagian belakang otak, bagian depan otak, otak besar, dan otak bagian tengah.

Untuk itu, aktivitas ini sangat penting untuk meningkatkan koordinasi antar bagian otak. Dan saat ini di luar negeri, seperti Eropa dan Amerika, para praktisi kesehatan sudah menyarankan kita untuk melatih gerakan brain gym mulai dari fase anak-anak hingga dewasa.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

Melansir dari beberapa literatur, berikut manfaat secara general dari senam otak untuk anak dan dewasa yang dilakukan untuk memperbaiki beberapa hal berikut:

  • Kemampuan membaca, mengeja, komprehensi, menulis tangan dan membuat tulisan.
  • Kepercayaan diri, koordinasi dan komunikasi.
  • Konsentrasi dan memori atau daya ingat.
  • Hiperaktifitas.=
  • Mengatasi stres dan mencapai suatu tujuan.
  • Motivasi dan mengembangkan kepribadian.
  • Keterampilan organisasi.
  • Penampilan

Ada beberapa gerakan sederhana brain gym atau senam otak yang bisa Anda lakukan. Selai itu, beberapa kebiasaan ini juga akan membantu performa otak Anda:

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

  1. Menggerakkan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri, dan kaki kiri bersamaan dengan kaki kanan. Bergerak ke depan, ke samping, ke belakang, atau jalan di tempat.
  2. Menggambar dengan kedua tangan kiri dan kanan pada saat yang sama. Gambarlah bentuk bentuk sederhana, seperti lingkaran, persegi, segitiga, dan lainnya.
  3. Luruskan satu tangan ke atas kepala, tangan yang lain posisi ke samping telinga sambil memegang tangan yang di atas. Buang nafas perlahan, sementara otot-otot diaktifkan dengan mendorong tangan ke depan, ke belakang, ke dalam dan ke luar, sementara tangan yang satu menahan dorongan tersebut.
  4. Pegang dan cengkeram daerah yang terasa pegal atau sakit di bagian tubuhmu, seperti pergelangan kaki, betis, atau belakang lutut secara bergantian, sambil pelan-pelan kaki digerakkan ke atas dan ke bawah.
  5. Saat duduk di kursi, silangkan kaki dan tundukkan badan dengan kedua tangan ke arah bawah.
  6. Pijat daun telinga secara perlahan dari atas sampai bawah sebanyak 3-5 kali secara bergantian kanan dan kiri.
  7. Minum air yang cukup, karena tubuh memerlukan cairan yang cukup. Air mineral sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda.

Dari beberapa gerakan sederhana di atas tentunya Anda bisa lakukan dimana saja, dan kapan saja. Dan bila Anda ingin melakukan gerakan senam otak untuk anak Anda, pastikan gerakan tersebut sesuai dengan usia si kecil, karena setiap usia memiliki cara yang berbeda-beda. Anda dapat konsultasikan ke dokter anak untuk gerakan-gerakan sederhana yang dimana Anda bisa praktik di rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.