5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kesehatan

5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Menurut Kementerian Kesehatan RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah penyakit stroke.

Hal itu tentunya bisa menjadi perhatian serius bagi masyarakat untuk mulai melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Salah satunya bisa dengan mulai menjalani pola hidup sehat, berolahraga secara rutin serta mulai mengonsumsi buah-buahan.

[Baca Juga: Sebaiknya, Buah dan Sayuran Ini Tidak Dijus!]

Ada berbagai macam buah yang diketahui mampu untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bahkan buah-buahan ini juga sering digunakan untuk membantu proses pemulihan pasca terkena penyakit jantung. Lalu apa sajakah buah-buahan itu?

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Pisang

1) Pisang

Seperti yang kita tahu, pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan juga kalium. Kalium sendiri berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. Ditambah kandungan garam pada pisang juga sangat rendah. Perpaduan inilah yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung Buah Sitrus Jeruk

2) Buah sitrus

Buah sitrus merupakan golongan buah yang terdiri dari jeruk, lemon, jeruk limau, jeruk nipis, dan pomelo. Sama seperti pisang, buah ini juga mengandung banyak vitamin C serta antioksidan flavonoid yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain mengurangi risiko terkena penyakit jantung, buah ini juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar tidak membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

Sebaiknya, Buah dan Sayuran Ini Tidak Dijus Apel

3) Apel

Mengonsumsi buah apel setiap hari selama satu bulan dipercaya dapat mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah. Hal itu dikarenakan kandungan buah apel terdiri dari serat larut air (soluble fiber) yang dapat menurunkan tekanan darah, serta polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Pepaya

4) Pepaya

Seperti yang kita tahu, pepaya mengandung banyak vitamin A, C, dan E serta folat, kalium, magnesium, kalsium, dan beta-karoten. Kandungan tersebut mampu mengurangi risiko pertumbuhan kanker dan serangan jantung. Cobalah untuk tiap hari mengonsumsi pepaya, bisa dimakan secara langsung ataupun sebagai jus dengan tambahan sedikit jeruk nipis saat sarapan untuk jantung yang lebih sehat.

5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung tomat

5) Tomat

Buah yang sering dianggap sayur ini merupakan sumber antioksidan likopen. Likopen dipercaya bisa membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, hingga mengurangi risiko serangan jantung.

[Baca Juga: Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis]

Itulah 5 buah yang bisa membantu kalian untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Namun jangan lupa, konsumsilah buah-buhaan tersebut dalam bentuk segar dan bukan dalam bentuk buah kalengan, buah kering, atau jus kemasan yang umumnya sudah banyak ditambahkan gula.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.