5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kesehatan

5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Menurut Kementerian Kesehatan RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah penyakit stroke.

Hal itu tentunya bisa menjadi perhatian serius bagi masyarakat untuk mulai melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Salah satunya bisa dengan mulai menjalani pola hidup sehat, berolahraga secara rutin serta mulai mengonsumsi buah-buahan.

[Baca Juga: Sebaiknya, Buah dan Sayuran Ini Tidak Dijus!]

Ada berbagai macam buah yang diketahui mampu untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bahkan buah-buahan ini juga sering digunakan untuk membantu proses pemulihan pasca terkena penyakit jantung. Lalu apa sajakah buah-buahan itu?

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Pisang

1) Pisang

Seperti yang kita tahu, pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan juga kalium. Kalium sendiri berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. Ditambah kandungan garam pada pisang juga sangat rendah. Perpaduan inilah yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung Buah Sitrus Jeruk

2) Buah sitrus

Buah sitrus merupakan golongan buah yang terdiri dari jeruk, lemon, jeruk limau, jeruk nipis, dan pomelo. Sama seperti pisang, buah ini juga mengandung banyak vitamin C serta antioksidan flavonoid yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain mengurangi risiko terkena penyakit jantung, buah ini juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar tidak membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

Sebaiknya, Buah dan Sayuran Ini Tidak Dijus Apel

3) Apel

Mengonsumsi buah apel setiap hari selama satu bulan dipercaya dapat mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah. Hal itu dikarenakan kandungan buah apel terdiri dari serat larut air (soluble fiber) yang dapat menurunkan tekanan darah, serta polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis Pepaya

4) Pepaya

Seperti yang kita tahu, pepaya mengandung banyak vitamin A, C, dan E serta folat, kalium, magnesium, kalsium, dan beta-karoten. Kandungan tersebut mampu mengurangi risiko pertumbuhan kanker dan serangan jantung. Cobalah untuk tiap hari mengonsumsi pepaya, bisa dimakan secara langsung ataupun sebagai jus dengan tambahan sedikit jeruk nipis saat sarapan untuk jantung yang lebih sehat.

5 Buah Ini Dipercaya Dapat Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung tomat

5) Tomat

Buah yang sering dianggap sayur ini merupakan sumber antioksidan likopen. Likopen dipercaya bisa membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, hingga mengurangi risiko serangan jantung.

[Baca Juga: Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis]

Itulah 5 buah yang bisa membantu kalian untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Namun jangan lupa, konsumsilah buah-buhaan tersebut dalam bentuk segar dan bukan dalam bentuk buah kalengan, buah kering, atau jus kemasan yang umumnya sudah banyak ditambahkan gula.

Read More

Artikel Lainnya

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19_2

Kuliner

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19

06 July 2020, 18:00

Siapa yang menyangka jika laju bisnis cemilan dapat berkembang pesat di masa pandemi COVID-19.

parekraf_2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Motivasi Pelaku Parekraf Untuk Maksimalkan Kebijakan Insentif

06 July 2020, 16:00

Menparekraf mengimbau industri agar lebih aktif dan mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan.

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat_3

Properti dan Solusi

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat

06 July 2020, 14:00

Bagi yang belum pernah membayangkan seperti apa cara menghias dinding tanpa menggunakan cat, maka simaklah beberapa trik ini.

Begini-Cara-Warga-Rawa-Badak-Selatan-Kampanye-Pencegahan-Covid-19-Melalui-Seni-Mural-2.jpg

Berita Kawasan

Uniknya Kampanye Pencegahan COVID-19 Melalui Seni Mural di Rawa Badak Selatan

06 July 2020, 12:00

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program Kampung Safety yang diinisiasi Pertamina sejak awal tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.