Buah Jamblang Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Buah Jamblang Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Buah jamblang masih kurang familiar dibanding dengan buah bermanfaat lainnya, semisal apel, jeruk, atau semangka. Namun, buah yang berasal dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae) ini kayak akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Memiliki nama latin Syzygium cumini, buah berwarna hitam pekat ini merupakan salah satu buah langka yang jarang dibudidayakan di daerah-daerah. Sekilas buah jamblang mirip dengan anggur karena memiliki bentuk bulat dan lonjong.

Rasa manis yang ditawarkan jamblang juga menambah kelebihan dari buah yang termasuk tanaman tropis yang pertumbuhannya terhitung lambat dan asli dari Indian Subbenua ini. Hebatnya, buah jamblang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dilansir dari Healthsite.com (24/6/2019).

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan]

1. Pembersih Darah

Bagi Anda yang memiliki wajah sensitif, sebaiknya mengonsumsi buah jamblang secara teratur. Karena buah jamblang mempunyai Kandungan zat besi yang memastikan darah beroksigen dengan jumlah hemoglobin dapat mencapai seluruh bagian dalam tubuh. Darah murni ini bisa mengurangi jerawat dan membersihkan Anda dari darah kotor di bagian tubuh.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Tak hanya memiliki Kandungan zat besi, buah jamblang juga punya Kandungan asam ellagic (ellagittanins), anthocyanins, dan anthocyanidins yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Senyawa ini berfungsi untuk mencegah oksidasi kolesterol dan formasi plak yang bisa memicu penyakit jantung.

Buah ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena sanggup mencegah hipertensi dan pemicu penyakit jantung lain.

[Baca Juga: Kenalkan Sirup Yuzu, UMKM Jepang Ini Hadir di Ennichisai Blok M]

3. Menangani Diabetes

Dalam sebuah studi yang diterbitkan the Complement Ther Med perihal efek anti diabetes buah jamblang, buah ini bisa digunakan untuk obat diabetes. Studi tersebut menyebutkan bahwa jamblang bisa menurunkan kadar gula darah hingga 30 persen.

4. Mencegah Kanker

Sebuah studi yang dilakukan Jagetia GC mengatakan bahwa ekstrak buah ini ternyata mampu menghambat radiasi yang disebabkan oleh generasi radikal yang menjadi penyebab kanker.

Perlu dicatat, Anda perlu mencuci terlebih dahulu buah jamblang sebelum dikonsumsi. Meskipun sulit dicari di pasar-pasar, buah jamblang memang cocok menjadi salah satu bahan resep makanan ataupun minuman Anda sehari-hari agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.