Buah Yuzu, Si Kuning Nan Bermanfaat dari Jepang

Kesehatan

Buah Yuzu, Si Kuning Nan Bermanfaat dari Jepang

Mungkin untuk mayoritas warga Jabodetabek nama buah yuzu masih belum seakrab buah lain. Apalagi bila dilihat sekilas, buah yuzu memiliki bentuk yang hampir serupa dengan lemon. Yuzu jarang dikonsumsi langsung tanpa pengolahan karena rasanya yang asam. Namun, si kuning yang banyak dihasilkan di Jepang ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

Sekadar informasi, buah yuzu atau Cirtus junos sebenarnya berasal dari wilayah Tiongkok dan Tibet. Namun justru Jepang dan Korea lah yang banyak membudidayakan buah yuzu. Sehingga tidak heran bila banyak produk olahan dari Yuzu yang justru dihasilkan Negeri Sakura dan Negeri Ginseng.

Buah Yuzu, Si Kuning Nan Bermanfaat dari Jepang

Di Jepang, buah yuzu jarang dimakan langsung dan biasanya dijadikan bagian dari bahan pembuatan masakan atau minuman, layaknya lemon. Banyak yang memandang aroma serta rasa dari buah yuzu memiliki kombinasi antara jeruk bali merah dan jeruk mandarin. Oleh karena itulah buah yuzu kerap dijadikan cuka serta sirup dan penambah rasa di kue. Selain itu, warga Negeri Sakura juga memanfaatkan buah ini sebagai bahan pembuat minuman beralkohol bernama yuzokomachi.

[Baca Juga: Benteng, Grup Taiko yang Siap Meriahkan Ennichisai Blok M]

Selain digunakan sebagai bahan dasar makanan dan minuman, buah yuzu juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Sebagaimana dilansir dari organicfact.net (21/6/2019), buah yuzu diketahui kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, potasium, kalsium, magnesium, dan zat lain.

Itulah mengapa banyak orang yang memilih menggunakan buah yuzu saat mereka sedang melakukan program diet. Pasalnya, selain bernutrisi tinggi, per 100 gram buah yuzu hanya memiliki kandungan sekira 20 kalori. Buah ini juga memiliki kandungan aktif yang dapat menjadi antioksidan untuk tubuh.

Berikut ini manfaat dari buah yuzu:

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi rasa mual
  • Mengurangi risiko penyakit kronis
  • Meingkatkan kesehatan kulit
  • Mencegah jerawat serta peradangan kulit lainnya
  • Membantu mengurangi potensi kanker
  • Membantu proses penyembuhan gangguan lambung
  • Memperbaiki pembekuan darah
  • Membantu pencegahan penurunan kognitif di otak
  • Membantu proses pemulihan otot bagi atlet
  • Meningkat suasana hati atau mood jika dikonsumsi secara rutin

[Baca Juga: Makna Penting Jeruk Mandarin dalam Perayaan Imlek]

Penasaran dengan manfaat serta rasa dari produk buah yuzu? Anda bisa mencicipinya di Festival Ennichisai Blok M yang diadakan pada tanggal 22-23 Juni 2019. Salah satu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) asal Jepang menghadirkan produk Shiromi Yuzu Syrup di festival budaya Negeri Sakura terbesar di Jakarta tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.