Budidaya Maggot di TPST Buat Tumpukan Sampah Organik Makin Berkurang

Berita Kawasan

Budidaya Maggot di TPST Buat Tumpukan Sampah Organik Berkurang

Tempat Pembuangan Sampah Terpadu 3R (TPST 3R) Perumahan Mutiara Bogor Raya, Kelurahan Katulampa. Menemukan inovasi baru untuk jawaban timbulnya masalah kerusakan mesin pencacah sampah organik. Saat itu, karena kerusakan tersebut sampah organik sampai menumpuk .

Bisa dibayangkan sekitar 950 kepala keluarga di perumahan tersebut bisa menghasilkan sampah organik sebanyak 200 sampai 300 kg per hari. Sebelum mesin pencacah rusak, sampah tersebut akan dikelola sebagai kompos. Namun karena mesin pencacah rusak, dua pengurus TPST terpaksa mencacah sampah secara manual menggunakan golok.

Budidaya Maggot di TPST Buat Tumpukan Sampah Organik Makin Berkurang

Pengurus TPST Sulistyowati menyebutkan, mencacah sampah secara manual bukanlah hal yang mudah, selain membutuhkan tenaga yang besar diperlukan biaya yang besar pula. Selain itu, para pekerja juga harus terpaksa menghirup gas metan yang dihasilkan dari pembusukan sampah. Padahal gas tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi para pekerjanya.

Melansir dari bogorkota.go.id (25/11/2019) masalah tersebut dapat teratasi berkat informasi yang didapatkan oleh Dinas Pertanian Kota Bogor tentang budidaya maggot, yang merupakan larva atau sejenis belatung yang dihasilkan dari lalat berjenis Black Soldier Fly (BSF). Namun lalat ini berbeda dengan lalat biasanya, karena larva yang dihasilkan bukanlah medium penyakit.

[Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos]

Untuk dapat membudidayakan maggot, diperlukan sampah organik dalam jumlah yang cukup banyak. Budidaya ini memerlukan proses selama 25 hari hingga siap panen. Manfaat maggot pun beragam, mulai dari pakan bagi ikan lele dan jenis ikan lain yang dibudidayakan. Kebetulan, lokasi TPST 3R dikelola pula pembudidayaan lele, sehingga maggot yang dihasilkan dari tumpukan sampah organik bisa dimanfaatkan sebagai pakan lele.

Pemberian maggot sebagai pakan lele dinilai sangat bermanfaat karena berdasarkan hasil penelitian Dinas Pertanian Kota Bogor, terdapat penghematan penggunaan pakan lele sebanyak 40 persen. Maggot juga memberikan manfaat lain, yaitu pertumbuhan lele menjadi lebih cepat dibandingkan pertumbuhan lele tanpa mengkonsumsi maggot. “Sekarang memberi makan lele dengan pellet cukup dilakukan sekali sehari, sisanya dengan maggot,” ujar Sulis.

[Baca Juga: Pengorbanan Dimas Bagus Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar]

Menurut Sulis, lele dapat bertumbuh lebih cepat dengan maggot karena lele membutuhkan protein untuk pertumbuhannya dan maggot rupanya bisa memberikan kecukupan protein. Maggot juga memberikan manfaat lain karena sampah organis bekas media tumbuh kembang maggot dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos sehingga tumpukan sampah bisa dikelola dengan baik.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.