Budidaya Rumput Laut Jadi Bisnis yang Menggiurkan

Berita Kawasan

Budidaya Rumput Laut Jadi Bisnis yang Menggiurkan

Rumput laut menjadi salah satu sumber daya alam yang cukup potensial. Besarnya permintaan rumput laut di pasaran membuat budidaya rumput laut jadi prospek yang bagus sebagai peluang usaha seperti yang dilakukan Jaja Mujahidin. Dirinya telah menekuni usaha pengolahan rumput laut yang dikemas menjadi produk makanan jeli, kopi dan pupuk selama 15 tahun.

Melansir laman beritajakarta.id (02/10/2019), Jaja mengatakan, sebelum menggeluti usaha pengolahan rumput laut, dirinya pernah bekerja sebagai sopir pada salah satu perusahaan swasta di bilangan Kembangan, Jakarta Barat. Sambil bekerja, Jaja juga membuka usaha sampingan menjual es buah dengan campuran rumput laut. “Pagi hari, sebelum berangkat kerja, saya pergi ke pasar beli keperluan es. Lalu saya olah. Saudara saya yang bantu penjualan, saya kerja," kenang Jaja.

[Baca Juga: Rumput Laut Pengganti Bahan Bakar Minyak?]

Sambil bekerja dan menjalani usaha es rumput lautnya. Usaha penjualan es Jaja mengalami peningkatan, awalnya hanya satu gerobak dan dalam kurun waktu sekitar enam bulan, ia sudah mempunyai lima gerobak es buah. Usaha esnya yang semakin meningkat ini, berdampak pada peningkatan permintaan rumput laut. Institusi bisnis Jaja mulai terasa, ia mencoba memasok sendiri rumput lautnya. Selain untuk keperluan penjualan es, rumput laut yang ia dapatkan dipasarkan lagi ke pedagang es lainnya.

Melihat potensi usahanya, akhirnya Jaja memilih keluar dari pekerjaan sebagai sopir. Hanya dengan uang pesangon yang ia terima, Jaja nekat turun tangan langsung menjalani bisnis rumput laut. Pelan tapi pasti, bisnis es dan penjualan rumput laut Jaja semakin meningkat. Relasi pun semakin banyak ia dapatkan. Saat ini, omzet produksinya sudah mencapai 100 ton per bulan.

[Baca Juga: Koramil dan Warga Kepulauan Seribu Membudidayakan Rumput Laut]

"Alhamdulilah, produk makanan olahan dari rumput laut tanpa bahan pengawet yang saya jalankan semakin berkembang. Konsumen yang membeli sangat besar dan saya berinovasi mengembangkan dengan membuat kopi dan pupuk tanaman," ujar Jajanya.

Pada April 2019, Dinas KPKP DKI Jakarta dan PGO mengajak Jaja untuk menggelar program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) budidaya rumput laut bagi warga Kabupaten Kepulauan Seribu. "Alhamdulilah, pembinaan dan pelatihan budidaya rumput laut disambut antusias warga yang tinggal di sejumlah Pulau. Sekitar 1.000 warga telah ikut program PKT budidaya rumput laut dan hasil panen saat ini mencapai 20 ton per bulan dari target hingga akhir 2019 sekitar 100 ton per bulan," katanya.

Jaja berharap, pada 2020 mendatang terbentuk koperasi sebagai wadah bagi petani budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu untuk mendapatkan bibit dan memasarkan produknya. "Saya juga berharap adanya pengaturan lalu lintas transportasi masuk ke sejumlah pulau sehingga areal budidaya rumput laut milik warga tidak rusak akibat terjangan ombak kapal atau perahu," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.