Budiman Sudjatmiko Hadapi Industri 4.0 Pendidikan di Indonesia Perlu Adaptasi

Pendidikan

Budiman Sudjatmiko: Hadapi Industri 4.0, Pendidikan Perlu Adaptasi

Sebagai ketua umum Inovator 4.0, Budiman Sudjatmiko terus membantu agenda Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan generasi muda di Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0. Namun menurut politikus itu, diperlukan adaptasi dari sumber daya manusia atau SDM di Nusantara agar memiliki pemikiran kritis atau critical thinking agar dapat benar-benar siap menyambut segala inovasi dan informasi yang beredar dalam cakupan revolusi industri 4.0. Bagi Budiman Sudjatmiko, langkah ini bisa dimulai dari perubahan di sistem pendidikan Indonesia.

Hal ini disampaikan kepada PingPoint.co.id di sela-sela acara Gramedia Writers and Readers Forums (GWRF 2019) yang digelar pada pekan lalu di Perpustakaan Nasional. Pada acara tersebut, Budiman Sudjatmiko mengangkat tema Sapiens dan Industri 4.0 dalam sesi seminarnya. Ia mengulas bagaimana korelasi buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia karya Yuval Noah Harari dengan revolusi industri 4.0.

Budiman Sudjatmiko Hadapi Industri 4.0 Pendidikan di Indonesia Perlu Adaptasi

Langkah awal dalam proses pendidikan mengenai revolusi industri 4.0 terhadap khayalak umum, termasuk generasi muda, politikus Partai PDIP itu menyebut diperlukan penghentian paranoid terhadap industri 4.0. Pasalnya, ia memandang dengan semakin cepatnya laju penerimaan informasi, justru ada pihak-pihak yang cenderung membuat citra buruk terhadap revolusi industri 4.0.

[Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Dorong Generasi Muda Siap Hadapi Industri 4.0]

“Pertama pemerintah atau siapa pun yang mempunyai otoritas memegang ‘mikrofon’ untuk berbicara di depan TV, radio, dan publik agar tidak membicarakan rasa takut. Karena bila hanya membesar-besarkan rasa takut, ini tidak akan membuat kita menjadi lebih baik. Karena toh (revolusi industri 4.0) akan kita hadapi, pasti akan kita hadapi, dan yang bisa kita lakukan adalah mempercepat akselerasi talenta sumber daya manusia (SDM) ditingkatkan daya cernanya, daya ingatnya, dan tingkatkan daya ciptanya,” ucap Budiman Sudjatmiko kepada PingPoint.co.id di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat (2/8/2019).

Ketua umum komunitas Inovator 4.0 itu melihat saat ini dalam menyambut revolusi industri 4.0, banyak SDM di Indonesia masih kurang dimanfaatkan dan ini dipengaruhi sistem pendidikan di Tanah Air. Oleh karena itulah menurutnya, Pemerintah Indonesia juga harus melakukan revolusi di sejumlah bidang dengan salah adalah pendidikan.

[Baca Juga: Ayu Utami & Anya Rompas Tentang Pentingnya Sasta Indonesia Mendunia]

Perubahan sistem pendidikan yang mencakup dari bagaimana guru menyajikan pelajaran di kelas sampai memberikan kesempatan murid untuk mengeksplorasi pandangannya terhadap pelajaran dipandang dapat membantu memunculkan generasi muda yang memiliki pemikiran kritis. “Critical thinking menjadi penting dengan ini kita bisa melampaui yang ada di depan mata,” jelas Budiman Sudjatmiko.

“Kita sudah lama hidup di dalam sistem pendidikan yang memang kurikulumnya, setidaknya pada zaman saya sekolah baru di Orde Baru, itu meredam critical thinking. Guru dianggap selalu benar, apa yang keluar dari guru dianggap suatu konklusi, padahal tidak. (Contohnya) pelajaran sejarah sering dipandang membosankan, padahal pelajaran sejarah merupakan pelajaran critical thinking yang luar biasa,” tambahnya.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.