Buka Lapangan Pekerjaan dari Sampah Kertas.jpg

Bisnis

Buka Lapangan Pekerjaan dari Sampah Kertas

Tri Sugiarti warga, Kelurahan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, kini memiliki usaha kerajinan tangan dan membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. “Tadinya saya cari kertas ke pengepul, sekarang orang sudah banyak yang langsung menjual ke saya. Kita sekarang sudah bisa membuat 60 item jenis produk dari sampah kertas. Ada tujuh orang tetangga yang sekarang saya rekrut, satu disabilitas, sisanya warga lansia," tuturnya.

[Baca Juga: Pentingnya Desain dan Logo dalam Pengembangan IKM]

Berawal dari keinginannya mengolah sampah, Tri Sugiarti telah merintis usahanya sejak tahun 2014, setelah ia mendapatkan pelatihan dari PKK Kelurahan Ulujami.

"Waktu itu ada pelatihan kerajinan tangan dari PKK kelurahan yang memanfaatkan sampah kertas. Nah dari situlah saya memberanikan diri untuk mencoba membuatnya," ucapnya yang dikutip dari laman beritajakarta.id (12/3/2019).

[Baca Juga: Tokoin Gandeng Ralali.com Majukan UMKM dalam Ekosistem Digital]

Tri mengatakan, saat itu ia tidak memiliki modal sama sekali untuk memulai usahanya. Namun, beruntung dirinya mendapatkan tawaran dari pengurus RT untuk pinjaman modal.

"Modal awal saya Rp300.000, itu hutang dari kas RT. Saya mulai mencoba membuat dan memasarkannya. Hasil modal itu saya bisa dapat untung Rp100.000," ucapnya.

[Baca Juga: Tabung Sampah Agar Punya Nilai Ekonomis]

Tak hanya jualan offline, Tri sudah mulai memasarkan produk yang diberi merek "Kreasi Menik" secara online. Harga produk yang ditawarkan mulai dari Rp5.000 sampai Rp1 juta.

Adapun kerajinan tangan berbahan kertas bekas yang diproduksinya seperti, tempat tisu, nampan, lampu tidur, miniatur lampu petromaks, tutup gelas, keranjang, vas bunga dan lain sebagainya. "Kalau yang satu juta rupiah itu kita bikin satu meja set. Dalam sebulan bisa dapat Rp6-8 juta," ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.

Bioskop di Ibu Kota Sudah Dibuka! Ini Pesan Anggota DPRD DKI dan Menparekraf.jpg

Hobi dan Hiburan

Bioskop di Ibu Kota Sudah Dibuka! Ini Pesan Anggota DPRD DKI dan Menparekraf

23 October 2020, 16:46

Mulai pekan ini, sejumlah bioskop di DKI Jakarta sudah mulai kembali beroperasi namun anggota DPRD DKI dan Menparekraf menitipkan pesannya untuk para pengusaha bioskop.

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan.jpg

Pendidikan

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan

23 October 2020, 15:39

Empat mahasiswi Unpad berhasil menciptakan pasta gigi ramah lingkungan yang dibuat demi mengurangi limbah plastik yang dipicu pasta gigi konvensional

Antisipasi Banjir, Wali Kota Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan .jpg

Berita Kawasan

Antisipasi Banjir Kebon Jeruk, Pemkot Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan

23 October 2020, 14:37

Sebagai salah satu lokasi yang kerap terjadi banjir, Wali Kota Jakarta Barat gelar koordinasi dengan para pimpinan wilayah Jakarta Barat demi cegah genangan


Comments


Please Login to leave a comment.