Buka Lapangan Pekerjaan dari Sampah Kertas.jpg

Bisnis

Buka Lapangan Pekerjaan dari Sampah Kertas

Tri Sugiarti warga, Kelurahan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, kini memiliki usaha kerajinan tangan dan membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. “Tadinya saya cari kertas ke pengepul, sekarang orang sudah banyak yang langsung menjual ke saya. Kita sekarang sudah bisa membuat 60 item jenis produk dari sampah kertas. Ada tujuh orang tetangga yang sekarang saya rekrut, satu disabilitas, sisanya warga lansia," tuturnya.

[Baca Juga: Pentingnya Desain dan Logo dalam Pengembangan IKM]

Berawal dari keinginannya mengolah sampah, Tri Sugiarti telah merintis usahanya sejak tahun 2014, setelah ia mendapatkan pelatihan dari PKK Kelurahan Ulujami.

"Waktu itu ada pelatihan kerajinan tangan dari PKK kelurahan yang memanfaatkan sampah kertas. Nah dari situlah saya memberanikan diri untuk mencoba membuatnya," ucapnya yang dikutip dari laman beritajakarta.id (12/3/2019).

[Baca Juga: Tokoin Gandeng Ralali.com Majukan UMKM dalam Ekosistem Digital]

Tri mengatakan, saat itu ia tidak memiliki modal sama sekali untuk memulai usahanya. Namun, beruntung dirinya mendapatkan tawaran dari pengurus RT untuk pinjaman modal.

"Modal awal saya Rp300.000, itu hutang dari kas RT. Saya mulai mencoba membuat dan memasarkannya. Hasil modal itu saya bisa dapat untung Rp100.000," ucapnya.

[Baca Juga: Tabung Sampah Agar Punya Nilai Ekonomis]

Tak hanya jualan offline, Tri sudah mulai memasarkan produk yang diberi merek "Kreasi Menik" secara online. Harga produk yang ditawarkan mulai dari Rp5.000 sampai Rp1 juta.

Adapun kerajinan tangan berbahan kertas bekas yang diproduksinya seperti, tempat tisu, nampan, lampu tidur, miniatur lampu petromaks, tutup gelas, keranjang, vas bunga dan lain sebagainya. "Kalau yang satu juta rupiah itu kita bikin satu meja set. Dalam sebulan bisa dapat Rp6-8 juta," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.