Bisnis
Buka Toko Perdananya di Jakarta, Ini Strategi Dr. Kong
Merek sepatu Dr. Kong merupakan brand penyedia sepatu asal Hong Kong yang fokus untuk kesehatan penggunanya. Semenjak tahun 2009, merek ini dibawa ke Indonesia oleh Kawan Lama Group dan menjadi bagian dari salah satu produk yang dijual di ACE Hardware Indonesia. Menariknya, merek ini juga berusaha menjadi mandiri dengan membuka tokonya sendiri dengan gerai terbarunya berada di Lippo Mall Kemang atau Kemang Village. Dengan pembukaan toko pertama di Jakarta ini, pihak Dr. Kong pun sudah memiliki strategi bisnis khusus.
Menurut Senior Marketing Communication Manager Kemang Village Informa Kemang Tempati Lokasi Baru di Kemang Village Ritel Malvin Tarigan, strategi ini bisa diawali dengan melihat pemilihan lokasi berdirinya toko Dr. Kong pertama di Jakarta, yaitu di Kemang. Pemilihan ini sebenarnya berawal dari penilaian penjualan produk Dr. Kong yang ada di toko ACE Hardware.

“Sebenarnya kita sudah ada di sini ACE Hardware Indonesia, dan kita sebelumnya ada Dr. Kong dulunya masuk ACE Hardware. Kita lihat perkembangannya ternyata sepatu Dr. Kong cukup diminati untuk area (Jakarta) Selatan sini. Karena kita outlet-nya ada satu di Tangerang, satu di Balikpapan, satu lagi di Pekanbaru, nah kita mau coba penetrasi untuk area Selatan,” jelasnya pada konferensi pers pembukaan toko Dr. Kong di Classified Restaurant, Lippo Mall Kemang, Kemang, Jakarta Selatan (29/8/2019).
Selain itu, pemilihan toko pertama Dr. Kong di Jakarta ini juga sudah melalui pengamatan pola konsumen yang ada di Ibu Kota. Pengamatan ini khususnya dilihat dari sisi daya beli terhadap harga yang dibanderol oleh brand sepatu itu.
“Jakarta ini sebenarnya satu area tapi memiliki keunikan masing-masing, (contohnya) Jakarta Utara sedikit berbeda dengan Jakarta Selatan, nah kita coba untuk penetrasi area Jakarta Selatan. Dan karena Dr. Kong ini termasuk secara price range-nya juga ‘medium’ jadi kita mau coba sasar market di Lippo Mal Kemang,” sambung Malvin.
Aspek lainnya dalam strategi bisnis untuk Dr. Kong adalah keberadaan Check & Fit yang di mana konsumen melakukan pengecekan jenis kakinya di alat bernama podometer. Dari alat inilah akan dilihat bentuk dari jenis kaki Anda apakah termasuk normal foot, flat foot, atau high arch yang akan menentukan insole atau dasar sepatu apa yang cocok untuk Anda sehingga nyaman digunakan.
“Kalau customer mau belanja di Dr. Kong, semua sales assistant kita selalu menawarkan, ‘Bu cek kakinya dulu’. Walaupun dia beli karena butuh tapi tetap dicek dulu kakinya dan do it for free ya ini,” tutur Malvin. Ia menambahkan, langkah ini juga menjadi strategi untuk mengampanyekan dalam menjaga kesehatan kaki melalui penggunaan sepatu yang tepat.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Hobi dan Hiburan
Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad
23 March 2023, 18:17
Mengejar passion yang hadir dari hobi tampaknya menjadi gambaran yang tepat untuk sosok atlet offroad Tanah Air, Sudirman Arsyad.

Bisnis
Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program Ini
21 March 2023, 11:48
Melalui kampanye BerKah Ramadan, ruparupa gelar beragam promo untuk mendukung konsumennya dalam menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.

Hobi dan Hiburan
Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 2023
20 March 2023, 14:47
Para penggemar musik di era tahun 2000an awal berhasil diajak bernostalgia menyanyikan lagu-lagu hits dari Samsons, Yovie & Nuno, serta D’Masiv di acara JCW 2023.

Bisnis
Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syariah
17 March 2023, 10:29
Dalam rangka mendukung umat Muslim milenial yang menggunakan produk sesuai syariah, Astralife menghadirkan produk Flexi Life Protection Syariah di ranah digital.